PEMBELAJARAN WHISPERING SAND BERBASIS KARAKTER BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV GUGUS IV KECAMATAN KLUNGKUNG

Authors

  • Mudrikah, I, Wyn. Sujana, I Wyn Wiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.978

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Whispering Sand dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV di gugus IV Kecamatan Klungkung tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah  Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Klungkung tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik random sampling dengan mendapatkan SD N 1 Semarapura Klod Kangin sebagai kelas eksperimen dan SD N 2 Semarapura Klod Kangin sebagai kontrol. Data yang dikumpulkan adalah nilai hasil belajar IPS di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan  menggunakan bentuk tes objektif tipe pilihan ganda biasa (PGB) dengan 4 option pilihan jawaban bobot nilai 60%), sedangkan untuk penilaian sikap  dikumpulkan melalui lembar observasi dengan bobot nilai 40%. Data  dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Whispering Sand dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 2,579 > ttabel = 2,000). Ini berarti model pembelajaran Whispering Sand berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Nomor 1 Semarapura Klod Kangin.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Whispering Sand, Karakter, Hasil Belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn Wiarta, M. I. W. S. (2013). PEMBELAJARAN WHISPERING SAND BERBASIS KARAKTER BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV GUGUS IV KECAMATAN KLUNGKUNG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.978

Issue

Section

Articles