Pengaruh Model Pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

Authors

  • Made Sutrisna .
  • Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd. .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i1.9862

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model STM (Sains Teknologi Masyarakat) dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini tergolong quasi experiment dengan rancangan the post-test only control design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar IPA. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, ANAVA A. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model POGIL dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (Fhitung = 242,651 dengan sig = 0,000), di SD N 1 Padangbulia dan SD N 3 Padangbulia.
Kata Kunci : Model STM, hasil belajar IPA

This study is aimed to analyzed the differences of learning result between the students’ group which studied with STM model and conventional learning. This study is quasi experiment with the post-test only control design. The populations of the study are the students in class V SD Negeri at Sukasada Districts of Buleleng Regency in academic year 2015/2016. The sample of this study is random sampling technique. The instrument of this study is achievement test. The data analysis is using descriptive statistic, ANAVA A. The result showed (1) there are the significance differences of learning result between the students’ group which studied with STM model (Fhitung = 242,651 dengan sig = 0,000) at SD N 1 Padangbulia and SD N 3 Padangbulia.
keyword : STM models, the interest learning

Published

2017-03-06

How to Cite

., M. S., ., D. I. M. T. S. M., & ., P. D. N. K. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i1.9862

Issue

Section

Articles