Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Mata Kuliah Sistem Kelistrikan Perangkat Pendingin
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i3.83501Abstract
Media Pembelajaran dibuat guna praktikum Sistem Kelistrikan Kulkas 2 Pintu pada tahapan belajara Muatan Sistem Kelistrikan Perangkat Pendingin pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Kegiatan meneliti yang dilaksanakan mencakup tipe R&D (Reasearch and Development) dengan memanfaatkan cara menganalisis statistika persentase guna pengolahan pakar isi, media, sekaligus pengujicobaan secara langsung. Penggunaan angket menjadi instrumen dalam mengambil informasi dari pakar isi dan media, sekaligus peserta didiknya pun ditetapkan. Adapun temuan yang didapatkan yakni: Perolehan pengujian pakar isi didapatkan 96% berkualifikasi sangat layak, perolehan pengujian pakar media didapatkan 96% berkualifikasi sangat layak. Perolehan pengujian atas responden berkelompok kecil yakni 94,13%, serta perolehan pengujian berkelompok besar yakni 92,06%. Melalui perolehan hasil penelitian, Media Pembelajaran Trainer Kelistrikan Kulkas 2 Pintu sudah layak dimanfaatkan selama tahapan belajar pada Muatan Sistem Kelistrikan Perangkat Pendingin Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.References
Adiarta, A. 2022. BELAJAR DAN PEMBELAJARAB. Depok:Rajawali Pers
Anonim. 2023. Kulkas. Tersedia Pada Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Kulkas. Diakses Tanggal 15/09/2023.
Anonim. (2021). Pengertian Kulkas Adalah Begini, Beserta Penjelasan tentang Komponen di Dalamnya. PT.BBU. https://binarayaberkahutama.com/pengertian-kulkas-adalah-begini-beserta-penjelasan-tentang-komponen-di-dalamnya/
Arifin, M. (2014). Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Pengembangan. Implementation Science, 39(1), 1.
Budi, I. P. K., Arsa, I. P. S., & ... (2021). … Pembelajaran Sistem Kendali Berbasis Smart Relay Untuk Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha Pada Mata …. Jurnal Pendidikan Teknik …, 10(3), 168–179. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/37391%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/download/37391/24559
Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1), 77-88.
Dewantara, G. P., Ratnaya, I. G., & Adiarta, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Dasar Untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(3), 171–181. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/23648
Fakhrudin, A., Supriyadi, S., & Burhanudin, A. (2021). Sistem Kerja Mesin Pendingin Sebagai Media Pembelajaran Praktikum Teknik Refrigerasi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 21(1), 28–33.
Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai perangkat pembelajaran praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.
Pardika, G., Santiyadnya, N., & Adiarta, A. (2020). Pembuatan Media Pembelajaran Perencanaan Instalasi Listrik Rumah Tinggal Dengan Menggunakan Autocad Berbasis Multimedia Interaktif Autoplay. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(3), 182–192.
Parwadipa, G. H., Putu, I., Arsa, S., Mahardika, W., Wiratama, P., & Kunci, K. (2023). PENGEMBANGAN TRAINER MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PEMBANGKIT TENAGA SURYA PADA MATA KULIAH SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNDIKSHA 1 st Informasi Artikel ABSTRAK. 12(1), 2599–1493. https://doi.org/10.23887
Ratnaya, I. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Refrigerator Pada. 10(3), 180–189.
Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif quick on the draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.
Savira, Fitria, Suharsono, & Yudi. (2018). Pembelajaran Mengelompokkan Bahan tekstil di SMK Karya Rini Yogayakarta kurang terarah Kurangnya. Journal of Chemical Information and Modeling, 01, 1689–1699.
Studi, P., Pend, S., Elektro, T., Teknik, F., Surabaya, U. N., Elektro, T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2003). PEMBUATAN TRAINER LEMARI PENDINGIN SEBAGAI MEDIA KOMPETENSI MERAWAT DAN MEMPERBAIKI PERALATAN PENDINGIN Achmad Kurniawan Endryansyah. 7–14.
Studi Pendidikan, P., Elektro, T., Puspita, Y., Adiarta, A., Ratnaya, G., & Kunci, K. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PEMBELAJARAN REFRIGERATOR BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH PERANCANGAN INSTALASI MESIN PENDINGIN DI Informasi Artikel ABSTRAK. 12(1), 2599–1493. https://doi.org/10.23887
Putra, I. G. L. A. R., & Wiratama, W. M. P. (2024, December). Pengembangan Aplikasi Tatapurwa: Inovasi Digital Kerajinan Lukisan Wayang Kamasan Berbasis Augmented Reality. In Seminar Nasional Riset Inovatif (Vol. 9).
Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). Konsep Dasar Teori Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendididkan. Alfabeta.
Vanya Karunia Mulia Putri, Serafica Gischa. 2021. Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli,Fungsi,Ciri,Dan Manfaatnya.Tersedia Pada https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/10/140000969/pengertian-hipotesis-menurut-para-ahli-fungsi-ciri-dan-manfaatnya. Diakses Tanggal 06/11/2023.
Wiratama, W. M. P. (2018). Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.