PERBEDAAN MODEL PROBEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Dewi Rahmawati Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15010

Author Biography

Dewi Rahmawati, Universitas Kristen Satya Wacana

Mahasiswa

References

Darmawan, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif.

Dewi, K. A. P., Gading, I. K., & Sudana, D. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Giarti, S. (2015, November). Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilaian Autentik Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle, Wonosegoro. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, No. 1).

Hanafiah, N. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Haryati, N. (2015). Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, PGSD).

Ibnu, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Terintregatif). Jakarta: Prenadamedia Group.

Kristiana, I., & Kristiana, M. O. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Tempuran Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013.

Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 251-263.

Maarif, H., & Wahyudi, W. (2015). Eksperimentasi Problem Based Learning dan CIRC dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 97-115.

Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap perkembangan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas II SD Kartika 1.10 Padang. EXACTA, 10(2), 136-139.

Muhamad, N. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9-22.

Nomor, P. (21). tahun 2016 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdikbud.

Nomor, P. (22). tahun 2016 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdikbud.

Nomor, P. (24). tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Nomor, P. (65). tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdikbud.

Rahayu, P. I., Rosidin, U., & Abdurrahman, A. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara Pembelajaran Menggunakan PBL dan Discovery Learning. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(5).

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Supraptinah, U., Budiyono, B., & Subanti, S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning, Problem Based Learning, Dan Think-Talk-Write Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(10).

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Wahyudi, W., & Siswanti, M. C. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 23

Wahyuni, D. (2017). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VB SD Negeri 004 Bukit Datuk Kota Dumai Tahun Pelajaran 2015/2016. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(3), 79-90.

Yuniarta, F. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 111-116.

Downloads

Published

2018-08-01

How to Cite

Rahmawati, D. (2018). PERBEDAAN MODEL PROBEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 214–221. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15010

Issue

Section

Articles