PERBEDAAN MODEL PROBEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15010References
Darmawan, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif.
Dewi, K. A. P., Gading, I. K., & Sudana, D. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).
Giarti, S. (2015, November). Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilaian Autentik Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle, Wonosegoro. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, No. 1).
Hanafiah, N. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Haryati, N. (2015). Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, PGSD).
Ibnu, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Terintregatif). Jakarta: Prenadamedia Group.
Kristiana, I., & Kristiana, M. O. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Tempuran Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 251-263.
Maarif, H., & Wahyudi, W. (2015). Eksperimentasi Problem Based Learning dan CIRC dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 97-115.
Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap perkembangan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas II SD Kartika 1.10 Padang. EXACTA, 10(2), 136-139.
Muhamad, N. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9-22.
Nomor, P. (21). tahun 2016 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdikbud.
Nomor, P. (22). tahun 2016 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdikbud.
Nomor, P. (24). tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Nomor, P. (65). tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdikbud.
Rahayu, P. I., Rosidin, U., & Abdurrahman, A. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara Pembelajaran Menggunakan PBL dan Discovery Learning. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(5).
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Supraptinah, U., Budiyono, B., & Subanti, S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning, Problem Based Learning, Dan Think-Talk-Write Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(10).
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Wahyudi, W., & Siswanti, M. C. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 23
Wahyuni, D. (2017). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VB SD Negeri 004 Bukit Datuk Kota Dumai Tahun Pelajaran 2015/2016. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(3), 79-90.
Yuniarta, F. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 111-116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)