HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA

Authors

  • Surya Nugraheni Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17317

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bringin Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Kendall’s Tau. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bringin yang berjumlah 136 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala, motivasi belajar dan disiplin belajar yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori dari Sudjana (2005) dan dikembangkan oleh Dimyati dan Mudjiono (2013), dan teori dari  Hurlock (1989). Pengolahan datanya menggunakan progam SPSS for Windows 17.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2018/2019, dengan nilai r = 0,459 dan koefesien signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Maka hubungan kedua variabel tersebut positif dan signifikan. Dengan demikian, hipotesis peneliti “Ada Hubungan Signifikan Antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bringin Tahun Ajaran 2018/2019”.

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Disiplin Belajar

References

Arikunto, Suharsini. 1990. Manajemen Pengajaran secara Manusiawi.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek).Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

George, D. Mallery. 1995. SPSS for windows 1995 step by step: A Simple Guide and Reference 16.0 Update. Allyn and Bacon, Boston.

Djamrah, Syaifu Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono.2013.Psikologi dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar.2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Prasti, Herlin FD. 2005. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa Pada Saat Layanan di Kelas II SMU Negri 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun 2004/2005. UNES.

Sardiman.2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta:Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2005.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Kosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Ibrahim.S.H. 2015.Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Perilaku membolos pada siswa Kelas VIII Smp Batik Surakarta.Surakarta.Skripsi. Fakultas Ekonomi. UMS

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku Peserta Siswa.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Winardi, J. 2001. Motivasi dan Pemotivasian dalam Managemen.Jakarta: Raja Grafindo Persada..

Downloads

Published

2019-04-15

How to Cite

Nugraheni, S. (2019). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17317

Issue

Section

Articles