HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17317Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bringin Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Kendall’s Tau. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bringin yang berjumlah 136 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala, motivasi belajar dan disiplin belajar yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori dari Sudjana (2005) dan dikembangkan oleh Dimyati dan Mudjiono (2013), dan teori dari Hurlock (1989). Pengolahan datanya menggunakan progam SPSS for Windows 17.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2018/2019, dengan nilai r = 0,459 dan koefesien signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Maka hubungan kedua variabel tersebut positif dan signifikan. Dengan demikian, hipotesis peneliti “Ada Hubungan Signifikan Antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bringin Tahun Ajaran 2018/2019”.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Disiplin Belajar
Referensi
Arikunto, Suharsini. 1990. Manajemen Pengajaran secara Manusiawi.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek).Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
George, D. Mallery. 1995. SPSS for windows 1995 step by step: A Simple Guide and Reference 16.0 Update. Allyn and Bacon, Boston.
Djamrah, Syaifu Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono.2013.Psikologi dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar.2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Prasti, Herlin FD. 2005. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa Pada Saat Layanan di Kelas II SMU Negri 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun 2004/2005. UNES.
Sardiman.2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta:Rajawali Pers.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2005.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Kosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.
Ibrahim.S.H. 2015.Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Perilaku membolos pada siswa Kelas VIII Smp Batik Surakarta.Surakarta.Skripsi. Fakultas Ekonomi. UMS
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku Peserta Siswa.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Winardi, J. 2001. Motivasi dan Pemotivasian dalam Managemen.Jakarta: Raja Grafindo Persada..
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)