PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 SD N GENDONGAN 03 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT )

Authors

  • Halimah . Program Studi PGSD, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Mawardi . Program Studi PGSD, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Krisma Widi Wardani Program Studi PGSD, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam ilmu Matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatife tipe TGT( Teams Games Tournament) dengan langkah-langkah penyajian kelas, Tim, Permainan, Pertandingan dan Penghargaan Kelompok. Penelitian ini adalah  Penenitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan 20 siswa kelas empat di sekolah dasar salatiga di semester kedua tahun akademik 2019/2020. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket.Hasil menunjukkan peningkatan keterampillan kolaborasi dengan menerapkan  model model  pembelajaran kooperatife tipe TGT pada mata pelajaran ilmu Matematika. Pada Kelengkapan rata-rata keterampilan kolaborasi meningkat dari pra siklus ke siklus II. Pada pra siklus adalah 65 % mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 75% dengan kategori sangat tinggi. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 90 % yang memiliki kategori sangat tinggi. Oleh karena itu model TGT dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dalam ilmu matematika.

Kata Kunci : Keterampilan Kolaborasi,Kooperatife., TGT( Teams Games Tournament).

References

Agustina, Y. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaborasi Dan Quantum Teaching Pada Materi Pajak Siswa Kelas VIII Smpn 1 Makmur. Jurnal Sain Ekonomi Dan Edukasi (Jsee), 3(1), 81-93.

Ana, A., & Rohaeni, N. (2013). Pengembangan Tugas Akhir Melalui Project

Based Learning Model Untuk Meningkatkan Generic Green Skills Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3) 25-34.

Avisca, K. C. W., Mawardi, M., & Astuti, S. (2018). Peningkatan Critical Thinking Dan Collaborative Skill Matematika Melalui Model Group Investigation Berbantuan Magic Ball. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 129-138.

Devi, V. P., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2018). Penerapan Metode Numbered Heads Together Berbantuan Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku siswa Kelas 4 Sdn 3 Kuripan. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 6(3.1), 42-51.

Hasan, A. (2006). Model Pembelajaran Menulis Artikel Melalui Workshop dan Kolaborasi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Maulidah, S. F. (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament (Tgt) Kelas 4 Sdn Karanganyar 01 Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral Dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pskgdj Fkip-Uksw).

Sari, K. A., Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ipa Berbasis Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Komunikasi Peserta Didik Kelas Vii Development Of Science Student Worksheet Based On Project Based Learning Model To Improve Collaboration And Communication Skills Of Junior High School Student. Pend. Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 6(8), 461-467.

Soviawati, E. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2(2), 79-85.

Purnamasari, Y. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games- Tournament (Tgt) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik Smpn 1 Kota Tasikmalaya (Doctoral Dissertation, Universitas Terbuka)

Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Software Cabri 3d Di Tinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 143-154.

Wilujeng, S. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Teams

Games Tournament (TGT). Journal of Elementary Education, 2(1).

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan Abad Ke 21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. In Disampaikan Pada Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran Mipa Abad (Vol. 21).Muhsetyo, G., Krisnadi, E., & Wahyuningrum, E. (2014). Pembelajaran Matematika Sd

Downloads

Published

2019-04-15

How to Cite

., H., ., M., & Widi Wardani, K. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 SD N GENDONGAN 03 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT ). Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 46–52. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17319

Issue

Section

Articles