PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 SD N GENDONGAN 03 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT )
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17319Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam ilmu Matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatife tipe TGT( Teams Games Tournament) dengan langkah-langkah penyajian kelas, Tim, Permainan, Pertandingan dan Penghargaan Kelompok. Penelitian ini adalah Penenitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan 20 siswa kelas empat di sekolah dasar salatiga di semester kedua tahun akademik 2019/2020. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket.Hasil menunjukkan peningkatan keterampillan kolaborasi dengan menerapkan model model pembelajaran kooperatife tipe TGT pada mata pelajaran ilmu Matematika. Pada Kelengkapan rata-rata keterampilan kolaborasi meningkat dari pra siklus ke siklus II. Pada pra siklus adalah 65 % mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 75% dengan kategori sangat tinggi. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 90 % yang memiliki kategori sangat tinggi. Oleh karena itu model TGT dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dalam ilmu matematika.
Kata Kunci : Keterampilan Kolaborasi,Kooperatife., TGT( Teams Games Tournament).
Referensi
Agustina, Y. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaborasi Dan Quantum Teaching Pada Materi Pajak Siswa Kelas VIII Smpn 1 Makmur. Jurnal Sain Ekonomi Dan Edukasi (Jsee), 3(1), 81-93.
Ana, A., & Rohaeni, N. (2013). Pengembangan Tugas Akhir Melalui Project
Based Learning Model Untuk Meningkatkan Generic Green Skills Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3) 25-34.
Avisca, K. C. W., Mawardi, M., & Astuti, S. (2018). Peningkatan Critical Thinking Dan Collaborative Skill Matematika Melalui Model Group Investigation Berbantuan Magic Ball. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 129-138.
Devi, V. P., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2018). Penerapan Metode Numbered Heads Together Berbantuan Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku siswa Kelas 4 Sdn 3 Kuripan. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 6(3.1), 42-51.
Hasan, A. (2006). Model Pembelajaran Menulis Artikel Melalui Workshop dan Kolaborasi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Maulidah, S. F. (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament (Tgt) Kelas 4 Sdn Karanganyar 01 Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral Dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pskgdj Fkip-Uksw).
Sari, K. A., Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ipa Berbasis Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Komunikasi Peserta Didik Kelas Vii Development Of Science Student Worksheet Based On Project Based Learning Model To Improve Collaboration And Communication Skills Of Junior High School Student. Pend. Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 6(8), 461-467.
Soviawati, E. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2(2), 79-85.
Purnamasari, Y. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games- Tournament (Tgt) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik Smpn 1 Kota Tasikmalaya (Doctoral Dissertation, Universitas Terbuka)
Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Software Cabri 3d Di Tinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 143-154.
Wilujeng, S. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Teams
Games Tournament (TGT). Journal of Elementary Education, 2(1).
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan Abad Ke 21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. In Disampaikan Pada Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran Mipa Abad (Vol. 21).Muhsetyo, G., Krisnadi, E., & Wahyuningrum, E. (2014). Pembelajaran Matematika Sd
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)