PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Made Ustrining Smk Negeri 2 Seririt

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18623

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika siswa kelas XII MM 1 SMKN 2 Seririt. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang siklus penelitiannya berdasarkan pada konsep penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mcc. Thargat. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas XII MM 1 SMKN 2 Seririt Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dari hasil belajar matematika yang mengalami peningkatan sebesar 8,26% dari pra siklus ke siklus I dan peningkatan sebesar 13,65% dari siklus I ke siklus II. Demikian pula hasil dari ketuntasan belajar siswa yang meningkat sebesar 19,23% dari pra siklus ke siklus I dan peningkatan sebesar 34,61% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa; (2) peneliti selanjutnya dapat mengembangkan model pembelejaran kooperatif tipe STAD dalam mata pelajaran lain dengan menerapkan konsep terbarukan yang tidak menghilangkan dasar dari pembelejaran kooperatif tipe STAD

Kata kunci: STAD, hasil belajar

References

Agung, A A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.

Gie, The Liang. 1999. Filsafat Matematika. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Hasan, M. Iqbal. 2008. Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif) Jakarta : PT. Bumi Aksara

Hollands, Roy. 1995. Kamus Matematika. Jakarta: Erlanga.

Ian. 2010. Kelebihan dan Keterbatasan Media Gambar. http://ian43.wordpress.com/2010/12/17/kelebihan-dan-keterbatasan- media-gambar/ [diakses 20 Mei 2013]

Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., dan Ismono. 2000. Pembelajaran kooperatif. Surabaya;

University Press.

Isjoni, Cooperative Learning, (Bandung: Alfabeta, 2009), cet. Ke-2, hlm. 17

Kurnia, Inggridwati, dkk. 2007. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Madani, Warta. 2013. Tinjauan Media Gambar dalam Pendidikan. http://www.wartamadani.com/2013/05/tinjauan-media-gambar-dalam pendidikan.html [diakses 20 Mei 2013]

McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2001). Research in education: A conceptual introduction (5th ed.). New York: Longman.

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Nugroyo, Widyo. 2009. Pembuatan Media Presentasi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013

Shafique Ali Khan, Filsafat Pendidikan Al-Ghazali, Pustaka Setia, Bandung, 2005, h. 62

Subana, M dan Sunarti, 1998. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Proses dan Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suherman, Eman dan Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta:Depdikbud.

Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016

Wibawa, Basuki. 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV. Maulana

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2008) cet Ke-5, hlm. 242

Zakiah Daradjat, dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama, Bumi Aksara, Jakarta, 1995, h. 268.

Downloads

Published

2019-07-18

How to Cite

Ustrining, M. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 178–189. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18623

Issue

Section

Articles