PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18623Abstrak
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika siswa kelas XII MM 1 SMKN 2 Seririt. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang siklus penelitiannya berdasarkan pada konsep penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mcc. Thargat. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas XII MM 1 SMKN 2 Seririt Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dari hasil belajar matematika yang mengalami peningkatan sebesar 8,26% dari pra siklus ke siklus I dan peningkatan sebesar 13,65% dari siklus I ke siklus II. Demikian pula hasil dari ketuntasan belajar siswa yang meningkat sebesar 19,23% dari pra siklus ke siklus I dan peningkatan sebesar 34,61% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa; (2) peneliti selanjutnya dapat mengembangkan model pembelejaran kooperatif tipe STAD dalam mata pelajaran lain dengan menerapkan konsep terbarukan yang tidak menghilangkan dasar dari pembelejaran kooperatif tipe STAD
Kata kunci: STAD, hasil belajar
Referensi
Agung, A A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.
Gie, The Liang. 1999. Filsafat Matematika. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Hasan, M. Iqbal. 2008. Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif) Jakarta : PT. Bumi Aksara
Hollands, Roy. 1995. Kamus Matematika. Jakarta: Erlanga.
Ian. 2010. Kelebihan dan Keterbatasan Media Gambar. http://ian43.wordpress.com/2010/12/17/kelebihan-dan-keterbatasan- media-gambar/ [diakses 20 Mei 2013]
Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., dan Ismono. 2000. Pembelajaran kooperatif. Surabaya;
University Press.
Isjoni, Cooperative Learning, (Bandung: Alfabeta, 2009), cet. Ke-2, hlm. 17
Kurnia, Inggridwati, dkk. 2007. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Madani, Warta. 2013. Tinjauan Media Gambar dalam Pendidikan. http://www.wartamadani.com/2013/05/tinjauan-media-gambar-dalam pendidikan.html [diakses 20 Mei 2013]
McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2001). Research in education: A conceptual introduction (5th ed.). New York: Longman.
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Nugroyo, Widyo. 2009. Pembuatan Media Presentasi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Shafique Ali Khan, Filsafat Pendidikan Al-Ghazali, Pustaka Setia, Bandung, 2005, h. 62
Subana, M dan Sunarti, 1998. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Proses dan Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suherman, Eman dan Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta:Depdikbud.
Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016
Wibawa, Basuki. 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV. Maulana
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2008) cet Ke-5, hlm. 242
Zakiah Daradjat, dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama, Bumi Aksara, Jakarta, 1995, h. 268.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)