KEFEKTIFAN MODEL TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Rizky Dwi Destari, Sukamto Sukamto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran Make a Match pada kelas II SD Islam Al Fattah Semarang. Jenis penelitian ini bersifat Pre-Experimental Design dengan bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh kelas II SD Islam Al Fattah Semarang. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas II SD Islam Al Fattah Semarang yang diambil dengan teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data adalah tes dan observasi secara langsung. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis thitung 3,876> ttabel 2,093. Ha diterima artinya model pembelajaran Make a match efektif terhadap hasil belajar Matematika kelas II SD Islam Al Fattah Semarang.

Kata kunci: Model Make A Match, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Aliputri, Dhestha Hazilla. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A Hal. 70-77. Tersedia Pada : http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/2351.

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Deschuri, Cani, Dadang Kurnia, Diah Gusrayani. 2016. Penerapan Model Kooperatif Teknik Make A Match dengan Media Kartu Klop uMeningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Hal. 361-370. Tersedia Pada : http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3042.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih dan Berlin. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Jakarta: Kata Pena.

Muslimah, Kasmudin Mustapa, Ratman.2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elekrolit di Kelas X Madrasah Aliya DDI Lonja. J. Akademika Kim. Vol. 7 No. 1Hal. 23-27. Tersedia Pada : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/10386.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Coorperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang – undang Republik Indonesia.

Wiguna, Adi. Dkk. 2014. “pengaruh model pembelajaran cooperative tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Rendang” e-Journal mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha jurusan PGSD (Vol. 2 No.1 Tahun 2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19142

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19142.g11304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha



Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Journal for lesson and learning studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.