KEFEKTIFAN MODEL TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19142Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran Make a Match pada kelas II SD Islam Al Fattah Semarang. Jenis penelitian ini bersifat Pre-Experimental Design dengan bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh kelas II SD Islam Al Fattah Semarang. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas II SD Islam Al Fattah Semarang yang diambil dengan teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data adalah tes dan observasi secara langsung. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis thitung 3,876> ttabel 2,093. Ha diterima artinya model pembelajaran Make a match efektif terhadap hasil belajar Matematika kelas II SD Islam Al Fattah Semarang.
Kata kunci: Model Make A Match, Hasil Belajar
References
Aliputri, Dhestha Hazilla. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A Hal. 70-77. Tersedia Pada : http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/2351.
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Deschuri, Cani, Dadang Kurnia, Diah Gusrayani. 2016. Penerapan Model Kooperatif Teknik Make A Match dengan Media Kartu Klop uMeningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Hal. 361-370. Tersedia Pada : http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3042.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniasih dan Berlin. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Jakarta: Kata Pena.
Muslimah, Kasmudin Mustapa, Ratman.2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elekrolit di Kelas X Madrasah Aliya DDI Lonja. J. Akademika Kim. Vol. 7 No. 1Hal. 23-27. Tersedia Pada : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/10386.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2015. Coorperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang – undang Republik Indonesia.
Wiguna, Adi. Dkk. 2014. “pengaruh model pembelajaran cooperative tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Rendang” e-Journal mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha jurusan PGSD (Vol. 2 No.1 Tahun 2014).
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)