ANALISIS “SCIENCE MOTIVATION” SISWA SD SE-KECAMATAN PULOKULON, GROBOGAN TAHUN AJARAN 2018/ 2019

Authors

  • Dewi Anjarsari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Rofian Rofian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19513

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Science Motivation siswa SD Se- Kecamatan Pulokulon Tahun Ajaran 2018/ 2019 ditinjau dari aspek Science Motivation Quesionare ( SMQ) Berdasarkan Kemendikbud 2016, pencapaian pendidikan di Indonesia dibidang sains pada tahun 2015  didukung oleh 3 aspek, salah satunya adalah aspek sosial ekonomi . Hasil PISA 2015 menunjukan bahwa pendidikan orang tua siswa mempengaruhi pencapaian pendidikan sains di Indonesia. Sebagian besar orang tua siswa  SD diKecamatan Pulokulon mengeyam pendidikan  sampai jenjang SMP. Penelitian ini didukung oleh aspek Science Motivation Quesionare yang diadaptasi dari  Glynn et. al ( 2009). Metode penelitian ini adalah kualitatif  dengan teknik pengumpulan data angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dari Penelitian ini adalah siswa kelas V  SD  yang terdiri dari 217 siswa sampel dari 17 SD. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Motivation  siswa SD di Kecamatan Pulokulon, Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019 tergolong dalam kriteria tinggi dengan persentase 47,9 %. Dilihat dari aspek Motivation Quesionare ( SMQ)  tergolong kriteria tinggi yaitu dengan skor rata- rata  103. Dari masing- masing SD di Kecamatan pulokulon diketahui dalam kriteria sangat tinggi dan tinggi pada aspek SMQ. Perbedaan kriteria tersebut dipengarui oleh beberapa faktor seperti guru, lingkungan keluarga  ataupun lingkungan masyarakat.

References

Arifin, Zainal . 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Ayu, Nanda. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa . Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 348-352

Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Croker, J & Wolfe. C. 2001. Contingencies Of Self- Worth. Psychological Review. 108,3 , 598- 623

Glynn, S. M. et. al . (2009). “motivation questionnaire: Construct validation with nonmajors”. Journal of Research in Teaching. Vol 46(2).

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2009. Guru sebagai Motivator Perubahan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Kemendikbud. 2016. “Peringkat dan capaian PISA Indonesia mengalami peningkatan 06 Desember 2016”.Online (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan) Diakses 15 Desember 2018.

Komara, Indra Bangkit. 2016 .” Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa”. Psikopedagogia. Vol 5 (1).

Rachmatullah, A. et.al . (2018). “ The Secondary-Student Lear “. EURASIA Journal of Mathematics, and Technology Education. Vol 14(7)..

Rofian. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas. Volume 6 Nomor 2 Desember 2016

Sardinah, et.al. 2012. “Relevansi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Konsep HakikatSains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA di Sdn Kota Banda Aceh”. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, Edisi September 2012, Vol 13 (2).

Schunk, D.H. et. al. 2012 . Motivasi Dalam Pendidikan. Indeks. Jakarta.

Shin, Shein. et al. (2018). “Career motivation of secondary students in STEM:a cross-cultural study between Korea and Indonesia”. Int J Educ VocatBimbingan (2018) 18: 203-231

Siregar, Evelin dan Hartini Nara. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudharto, et.al. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : FIP IKIP PGRI Semarang

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta : Prenadamedia Group.

Wicaksono, Azizul Ghofar Candara . e t al . 2018. “ Analysis Of Students’ Motivation And Nature Of Comprehension In Middle School”. Indonesian Journal of Biology Educatio. Vol 4 (1)

Downloads

How to Cite

Anjarsari, D., Roshayanti, F., & Rofian, R. (2019). ANALISIS “SCIENCE MOTIVATION” SISWA SD SE-KECAMATAN PULOKULON, GROBOGAN TAHUN AJARAN 2018/ 2019. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 387–395. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19513

Issue

Section

Articles