ANALISIS “SCIENCE MOTIVATION” SISWA SD SE-KECAMATAN PULOKULON, GROBOGAN TAHUN AJARAN 2018/ 2019
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19513Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Science Motivation siswa SD Se- Kecamatan Pulokulon Tahun Ajaran 2018/ 2019 ditinjau dari aspek Science Motivation Quesionare ( SMQ) Berdasarkan Kemendikbud 2016, pencapaian pendidikan di Indonesia dibidang sains pada tahun 2015 didukung oleh 3 aspek, salah satunya adalah aspek sosial ekonomi . Hasil PISA 2015 menunjukan bahwa pendidikan orang tua siswa mempengaruhi pencapaian pendidikan sains di Indonesia. Sebagian besar orang tua siswa SD diKecamatan Pulokulon mengeyam pendidikan sampai jenjang SMP. Penelitian ini didukung oleh aspek Science Motivation Quesionare yang diadaptasi dari Glynn et. al ( 2009). Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dari Penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang terdiri dari 217 siswa sampel dari 17 SD. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Motivation siswa SD di Kecamatan Pulokulon, Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019 tergolong dalam kriteria tinggi dengan persentase 47,9 %. Dilihat dari aspek Motivation Quesionare ( SMQ) tergolong kriteria tinggi yaitu dengan skor rata- rata 103. Dari masing- masing SD di Kecamatan pulokulon diketahui dalam kriteria sangat tinggi dan tinggi pada aspek SMQ. Perbedaan kriteria tersebut dipengarui oleh beberapa faktor seperti guru, lingkungan keluarga ataupun lingkungan masyarakat.
References
Arifin, Zainal . 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Ayu, Nanda. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa . Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 348-352
Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Croker, J & Wolfe. C. 2001. Contingencies Of Self- Worth. Psychological Review. 108,3 , 598- 623
Glynn, S. M. et. al . (2009). “motivation questionnaire: Construct validation with nonmajors”. Journal of Research in Teaching. Vol 46(2).
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Isjoni. 2009. Guru sebagai Motivator Perubahan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Kemendikbud. 2016. “Peringkat dan capaian PISA Indonesia mengalami peningkatan 06 Desember 2016”.Online (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan) Diakses 15 Desember 2018.
Komara, Indra Bangkit. 2016 .” Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa”. Psikopedagogia. Vol 5 (1).
Rachmatullah, A. et.al . (2018). “ The Secondary-Student Lear “. EURASIA Journal of Mathematics, and Technology Education. Vol 14(7)..
Rofian. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas. Volume 6 Nomor 2 Desember 2016
Sardinah, et.al. 2012. “Relevansi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Konsep HakikatSains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA di Sdn Kota Banda Aceh”. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, Edisi September 2012, Vol 13 (2).
Schunk, D.H. et. al. 2012 . Motivasi Dalam Pendidikan. Indeks. Jakarta.
Shin, Shein. et al. (2018). “Career motivation of secondary students in STEM:a cross-cultural study between Korea and Indonesia”. Int J Educ VocatBimbingan (2018) 18: 203-231
Siregar, Evelin dan Hartini Nara. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudharto, et.al. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : FIP IKIP PGRI Semarang
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta : Prenadamedia Group.
Wicaksono, Azizul Ghofar Candara . e t al . 2018. “ Analysis Of Students’ Motivation And Nature Of Comprehension In Middle School”. Indonesian Journal of Biology Educatio. Vol 4 (1)
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)