ANALISIS PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DALAM KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peserta didik masih ada yang belum bisa menulis huruf,kata dan kalimat dengan benar, jelas dan rapi.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas I SDN Kaliwiru Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas I SDN Kaliwiru Semarang.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas I SDN Kaliwiru Semarang yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki, 12 siswa perempuan dan guru kelas I sebagai Informan. Teknik pengumpulan data dari informan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi, dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dalam kemampuan menulis permulaan dengan menerapkan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) dikemukakan bahwa 20 siswa dari 28 siswa yang sudah bisa menulis huruf, kata dan kalimat dengan benar, jelas dan rapi.
Kata Kunci : Menulis Permulaan, Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik).
References
Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Bahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. 2003. Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang sisdiknas. Jakarta: Depdikbud.
Ernalis. 2006. Penggunaan Metode SAS dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan. No. 4/XXV/2006. Pdf. (diunduh 14 Oktober 2018 pukul 14.56 WIB)
Hartati, Taat, dkk. 2006. Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah. Bandung: Upi Press.
Kd. Jimi Kusuma Dewi, Ign. I Wyn. Suwatra, Ni Wyn. Arini. 2014 Penggunaan Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas) untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 7 Bungkulan. e-journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2. pdf. (diunduh 20 Maret 2019 pukul 14.13 WIB)
Kusumaningsih, Dewi, dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.
Mahmud. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Moleong, J. Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2016. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodelogi Penelitian. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Tarigan, Djago, dkk. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zuchdi, Darmiyati dan Budiasih. 1996/1997. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Hibah Pustaka.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)