ANALISIS PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DALAM KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN

Authors

  • Faizatul Khoridah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Prasetiyawati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang
  • Sunan Baedowi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peserta didik masih ada yang belum bisa menulis huruf,kata dan kalimat dengan benar, jelas dan rapi.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas I SDN Kaliwiru Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas I SDN Kaliwiru Semarang.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas I SDN Kaliwiru Semarang yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki, 12 siswa perempuan dan guru kelas I sebagai Informan. Teknik pengumpulan data dari informan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi, dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dalam kemampuan menulis permulaan dengan menerapkan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) dikemukakan bahwa 20 siswa dari 28 siswa yang sudah bisa menulis huruf, kata dan kalimat dengan benar, jelas dan rapi.

Kata Kunci : Menulis Permulaan, Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik).

References

Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Bahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 2003. Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang sisdiknas. Jakarta: Depdikbud.

Ernalis. 2006. Penggunaan Metode SAS dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan. No. 4/XXV/2006. Pdf. (diunduh 14 Oktober 2018 pukul 14.56 WIB)

Hartati, Taat, dkk. 2006. Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah. Bandung: Upi Press.

Kd. Jimi Kusuma Dewi, Ign. I Wyn. Suwatra, Ni Wyn. Arini. 2014 Penggunaan Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas) untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 7 Bungkulan. e-journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2. pdf. (diunduh 20 Maret 2019 pukul 14.13 WIB)

Kusumaningsih, Dewi, dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.

Mahmud. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Moleong, J. Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2016. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodelogi Penelitian. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Tarigan, Djago, dkk. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zuchdi, Darmiyati dan Budiasih. 1996/1997. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Hibah Pustaka.

Downloads

How to Cite

Khoridah, F., Prasetiyawati, D., & Baedowi, S. (2019). ANALISIS PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DALAM KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 396–403. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899

Issue

Section

Articles