PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN ASESMEN AUTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • I Gede Sukerata Yasa Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Nyoman Dantes Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suastra Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.21009

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. 2) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diberi asesmen portofolio dengan siswa yang diberi asesmen kinerja. 3) mengetahui adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan asesmen terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen pada siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Kubu tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian berjumlah 173 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling yang terdiri dari 4 kelompok dengan jumlah sebanyak 80 siswa. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan the posttest only control group design. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Data dianaisis dengan uji ANAVA dua jalur dilanjutkan Uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mempunyai hasil belajar IPA yang lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaram konvensional. (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diberi asesmen portofolio dengan siswa yang diberi asesmen kinerja. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan asesmen portofolio mempunyai hasil belajar IPA yang lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan asesmen kinerja. (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan asesmen terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan asesmen autentik berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Kubu.

 

Kata kunci: Asesmen Autentik, Hasil Belajar, dan Jigsaw

References

Arends, R. 1997. Classroom Intructional Management. New York: McGraw Hill Comapanies.

Arends, R. 2001. Exploring Teaching An Introduction to Education. New York: Mc Graw-Hill Companies.

Dantes, N. 2008. “Hakikat Asesmen Otentik Sebagai Penilaian Proses dan Produk dalam Pembelajaran yang Berbasis Kompetensi” (Makalah). Disampaikan pada In House Training (IHT) SMA N 1 Kuta Utara. 22 Mei 2008.

Desstya, A. 2014. “Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar”. Jurnal Profesi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, Desember 2014 (Hal. 89-91).

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, A. 2011, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marhaeni, A.A.I.N, dkk. 2017. Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: Rajawali Pers 2017.

Marhaeni, A.A.I.N. 2007. “Asesmen Autentik dalam Rangka KTSP Suatu Upaya Pemberdayaan Guru dan Siswa” (Makalah). Disampaikan pada Pelatihan KTSP bagi Guru SMP/MTs di Kabupaten Tabanan Tanggal 10-14 September 2007.

Mustamin, H. 2010. “Menerapakan Hasil Belajar Matematika Melalui Asesmen Kinerja”. Lentera Pendidikan, Volume 13 no 1 Juni 2010 (halaman 33-43).

Rose & Nicholl. 2003. Accelerated Learning For The 21 Century. Terj. Dedy Ahimsa, Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia.

Suastra, W. 2017. Asesmen dalam Pembelajaran Sains. Singaraja : Undiksha Press.

Supriono. 2006. “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraaan”. Jurnal Pendidikan Inovatif. Vol. 2. Nomor 1. September 2006. Hal. 22.

Sutrini. 2011. “Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Portofolio Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Kognitif Anak Kelompok B Tk Dharma Patni Denpasar”. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 2, No 2 (2012).

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

How to Cite

Sukerata Yasa, I. G., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN ASESMEN AUTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 404–413. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.21009

Issue

Section

Articles