OPTIMALISASI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MATERI POKOK KEBIJAKAN MONETER DAN KEBIJAKAN FISKAL

Authors

  • Ni Wayan Samiati SMA Negeri 1 Sukawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.21155

Abstract

Berdasar hasil pengamatan pada awal dari Penelitian Tindakan Kelas ini terdapat data dan informasi bahwa hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS Semester Tiga SMA Negeri 1 Sukawati belum mencapai hasil sesuai dengan standar yang ditentukan dalam tujuan pembelajaran mata pelajaran ekonomi. Karena dalam proses pembelajaran ekonomi khususnya pada materi tentang kebijakan moneter dan kebijakan fiskal siswa belum mempunyai kemampuan yang optimal dalam memaknai konsep materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru tentang kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi bagi siswa kelas kelas XI IPS Semester tiga SMA Negeri 1 Sukawati melalui penerapan metode belajar diskusi kelompok. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sukawati pada kelas XI IPS Semester Tiga tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu: (1). Perencanaan, (2). Pelaksanaan, (3) Observasi, (4).Refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah selama proses pembelajaran dan dilakukannya refleksi ternyata adanya peningkatan hasil belajar ekonomi bagi siswa kelas XI IPS Semester tiga SMA Negeri 1 Sukawati terhadap mata pelajaran ekonomi, melalui penerapan metode belajar diskusi kelompok. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar pada siklus I nilai rata – rata 78, dan hasil belajar pada siklus II nilai rata-rata 83. Dengan demikian berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran diskusi kelompok terhadap mata pelajaran ekonomi dengan materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal, dapat meningkatkan hasil belar siswa kelas XI IPS Semester tiga SMA Negeri 1 Sukawati pelajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: hasil belajar ekonomi, metode belajar diskusi kelompok

References

Anggrani. 2013. Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Kecil Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 Pada Materi Masalah-Masalah Yang Dihadapi Pemerintah Di Bidang Ekonomi Di Sma Negeri Bandarkedungmulyo Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Volume 1 Nomor 3.

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1989. Penilaian Program Pendidikan. Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud, Dirjen Dikti.

Basuki Wibawa. 2001. Hakikat Media dan Manfaatnya. Jakarta: Sinema Cipto Karso.

Daryanto. 2010. Fungsi dan Kegunaan Media Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Eka, Rita. 2017. Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar . Jurnal Psikologi Volume 44, Nomor 2, 2017: 153 – 164 DOI: 10.22146/jpsi.27454.

Mulyasa, 2007. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Puji ,Tri. 2017. Metode Diskusi Macromedia Flash Untuk Peningkatan Hasil Belajar Alat Ukur Mekanik . Jurnal Taman Vokasi Vol. 5, No. 1, Juni 2017.

Sudjana, Nana. 1987. Proses Belajar Mengajar. Jurusan Teknologi Pendidikan IKIP Bandung.

Surakmad, Winarno. 1982. Pengantar Interaksi Mengajar Belajar : Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran, Bandung. Tarsito.

Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016

Uno Hamzah.B. 2007. Model Pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif . Jakarta, Bumi Aksara.

Wanda, Ika. 2017. Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika . Jurnal PSIKOBORNEO, Volume 5, Nomor 2, 2017 : 400-405

Downloads

How to Cite

Samiati, N. W. (2019). OPTIMALISASI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MATERI POKOK KEBIJAKAN MONETER DAN KEBIJAKAN FISKAL. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 422–429. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.21155

Issue

Section

Articles