UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI PENGEMBANGAN KEPROFESIONALISMEAN BERKELANJUTAN PENDIDIKAN ABAD 21 DI SD

Authors

  • I Wayan Bawa UPT Dikpora Kecamatan Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.21157

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru di SD Gugus Petulu Kecamatan Ubud Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah mengikuti kegiatan pengembangan keprofesionalismean berkelanjutan pendidikan abad 21. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di SD Gugus Petulu Kecamatan Ubud yang berjumlah 19 orang guru. Data kinerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kinerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa melalui pengembangan keprofesionalismean berkelanjutan pendidikan abad 21 dapat meningkatkan kinerja guru di SD Gugus Petulu Kecamatan Ubud Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil ini terbukti dari peningkatan rata-rata siklus I sebesar 146,42 menjadi 168,90 pada siklus II. Ketuntasan klasikal siswa pun mengalami peningkatan dari 78,95% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.

 

Kata kunci: Kinerja Guru, Pengembangan Keprofesionalismean Berkelanjutan Pendidikan Abad 21

References

Agung, A.A Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ganesha.

Beare, H. 2001. Creating the Future School. London. RouutledgeFalmer.

BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.

Darling, Linda., H. 2006. Constructing 21st century teacher education. Journal of teacher education, 57. 300-314.

Dwi Esti Andriani. 2010. Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21 Melalui Program Pembimbingan Yang Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNY No.2 tahun 2010.

Hargreaves, A. & Fullan, M. 2000. Mentoring in the new millennium. ProQuest Education Jour-nals, 39 (1), 50-56.

Hargreaves, Andy. 1997. The four ages of professionalism and professional learning. UNICORN, 23(2). 86-114.

Lailatussaadah. 2015. Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita - Volume 3, Nomor 1, Hal. 15-25. Tersedia Pada: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/196/177.

Liliawati, Kondang. 2017. Peningkatan Kinerja Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Bagi Guru Kelas Sd Negeri 1 Temon Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, Vol. 4 No.2 Hal. 84-97. Tersedia Pada : http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/571.

Litbang Kemdikbud. 2013. Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad-21. Retrieved September 29, 2015, from http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-kurikulum/243-kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21.

Megginson, D., Clutterbuck, D., Garvey B., Stokes P., & Harris, R. G. 2006. Mentoring in action a practical guide (2nd ed). London: Kogan Page.

Mulford, B. 2008. The leadership challenge: improving learning in schools. Australian Education Review. Victoria: ACER Press.

P21. 2015. Framework for 21st Century Learning. Retrieved September 28, 2015, from http://www.p21.org/storage/documents/docs/P21_Framework_Definitions_New_Logo_2015.pdf.

Pinto, A., & Escudeiro, P. 2014. The Use of Scratch for the Development of 21st Century Learning Skills in ICT. In Information Systems and Technologies (CISTI), 2014 9th Iberian Conference on (pp. 1–4). Barcelona: IEEE. http://doi.org/10.1109/CISTI.2014.6877061.

Zubair, Ahmad. 2017. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, Volume 11, Nomor 4, hlm. 304-311. Tersedia Pada: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/3291/1712.

Downloads

How to Cite

Bawa, I. W. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI PENGEMBANGAN KEPROFESIONALISMEAN BERKELANJUTAN PENDIDIKAN ABAD 21 DI SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 430–436. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.21157

Issue

Section

Articles