PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA

Authors

  • Km. Nanda Rismapramanta SMP Negeri 2 Kubu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.21159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kubu pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran bahasa Inggris. dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebanyak 30 orang. Obyek  penelitian berupa peningkatan hasil belajar yang meliputi hasil belajar kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Untuk mengukur hasil belajar bahasa Inggris siswa digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda untuk hasil belajar pengetahuan dan tes speaking skill untuk mengukur hasil belajar kompetensi keterampilan yang diberikan pada akhir tiap siklus. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kubu semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Rata-rata  hasil belajar pengetahuan pada siklus I sebesar 72,44 dengan ketuntasan klasikal 76,67% menunjukkan peningkatan dari refleksi awal sebesar 8,04 (12%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 13,34%. Rata-rata  hasil belajar keterampilan pada siklus I sebesar 70,27 dengan ketuntasan klasikal 70,00% menunjukkan peningkatan dari refleksi awal sebesar 4,07 (6,15%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 3,33%. Rata-rata  hasil belajar pengetahuan pada siklus II sebesar 83,33 dengan ketuntasan klasikal 90,00% menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 810,89 (15,03%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 13,33%. Rata-rata  hasil belajar keterampilan pada siklus II sebesar 82,27 dengan ketuntasan klasikal 86,67% menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 12,00 (17,08%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 16,67%.

 

Kata kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar

References

Agung. 2005. Ciri-ciri Hasil Belajar. Diakses dalam situs http://yudiwiratama.blogspot.co.id/2014/01/hasil-belajar.html. Pada tanggal 7 Januari 2018.

A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Rineka Cipta.

Arki, Andi Khaerunnisa Hardyanti, Army Auliah, Iwan Dini. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa). Jurnal Chemica Vol. 18 No. 2 Hal. 71 – 79. Tersedia Pada: http://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/5899.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Hartina. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Skripsi. Jurusan Kimia FMIPA, UNM.

Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Kelas (A Teacher’s Guide To Classroom Research). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, dkk. 2011. Pengertian Think-Pair-Share. (http://ofiiick.blogspot.com/2011/08/modelpembelajarankooperatif.html?zx=7e6c231b5775402b. Tanggal akses, 3 Januari 2015, @ 17.01 WITA).

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama.

Nur, Muhammad. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNNESA Persada.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 2006. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset.

Tarigan, H.G. 1985. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

How to Cite

Rismapramanta, K. N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 444–454. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.21159

Issue

Section

Articles