PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.21159Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kubu pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran bahasa Inggris. dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebanyak 30 orang. Obyek penelitian berupa peningkatan hasil belajar yang meliputi hasil belajar kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Untuk mengukur hasil belajar bahasa Inggris siswa digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda untuk hasil belajar pengetahuan dan tes speaking skill untuk mengukur hasil belajar kompetensi keterampilan yang diberikan pada akhir tiap siklus. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kubu semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Rata-rata hasil belajar pengetahuan pada siklus I sebesar 72,44 dengan ketuntasan klasikal 76,67% menunjukkan peningkatan dari refleksi awal sebesar 8,04 (12%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 13,34%. Rata-rata hasil belajar keterampilan pada siklus I sebesar 70,27 dengan ketuntasan klasikal 70,00% menunjukkan peningkatan dari refleksi awal sebesar 4,07 (6,15%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 3,33%. Rata-rata hasil belajar pengetahuan pada siklus II sebesar 83,33 dengan ketuntasan klasikal 90,00% menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 810,89 (15,03%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 13,33%. Rata-rata hasil belajar keterampilan pada siklus II sebesar 82,27 dengan ketuntasan klasikal 86,67% menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 12,00 (17,08%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 16,67%.
Kata kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar
References
Agung. 2005. Ciri-ciri Hasil Belajar. Diakses dalam situs http://yudiwiratama.blogspot.co.id/2014/01/hasil-belajar.html. Pada tanggal 7 Januari 2018.
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Rineka Cipta.
Arki, Andi Khaerunnisa Hardyanti, Army Auliah, Iwan Dini. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa). Jurnal Chemica Vol. 18 No. 2 Hal. 71 – 79. Tersedia Pada: http://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/5899.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Hartina. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Skripsi. Jurusan Kimia FMIPA, UNM.
Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Kelas (A Teacher’s Guide To Classroom Research). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim, dkk. 2011. Pengertian Think-Pair-Share. (http://ofiiick.blogspot.com/2011/08/modelpembelajarankooperatif.html?zx=7e6c231b5775402b. Tanggal akses, 3 Januari 2015, @ 17.01 WITA).
Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama.
Nur, Muhammad. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNNESA Persada.
Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 2006. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset.
Tarigan, H.G. 1985. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)