Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN Tlahab Kendal

Authors

  • Meta Fidayanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ali Shodiqin Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Suyitno YP Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan dalam pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V SDN Tlahab Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Tlahab Kendal dengan mengambil subjek pada penelitian ini yaitu subjek tinggi, subjek sedang, dan subjek rendah. Pengambilan data penelitian ini melalui tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Subjek tinggi (RFN) tidak memenuhi indikator karena sudah mampu dalam mempelajari konsep, prinsip, dan masalah verbal. (2) Subjek sedang (PNU) memenuhi indikator yaitu indikator kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal, dan tidak memenuhi indikator kesulitan dalam mempelajari konsep, dan menerapkan prinsip karena subjek sudah mampu. (3) Subjek rendah (AW) memenuhi seluruh indikator yaitu indikator kesulitan dalam mempelajari konsep, prinsip, dan masalah verbal. 

Kata kunci: Kesulitan, Matematika, Pecahan, Sekolah Dasar

References

Andriani, Parhaini. 2015. “Penalaran Aljabar dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Beta , 8(1), 1-13

Astuti, Wahyu Puji, Wahyudi, dan Endang Indarini. 2018. “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2),159-160

Hamzah, dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Johnson, dan Neill. 2010. Swadidik Matematika. Bandung: Pakar Raya

.

Koswara, Deded. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Bekesulitan Belajar Spesifik. Bandung: PT.Luxima Metro Media.

Malasari, 2018.Jago Matematika Sukses Ulangan Harian

Rispiyanto, Indra. 2015. “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran PSKO Di SMK Muhammadiyah 1 Salam”. Skripsi. Yogyakarta: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Masykur, dan Halim. 2007. Mathematical Intelligence. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Muhamad H. 2016.” Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dan Elemen Mesin Di SMK Negeri 2 Wonosari”[skripsi]. Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyanti. 2010. Diagnosa Kesulitan Belajar.Semarang:IKIP PGRI SEMARANGPress.

Sana, Ningrum Angjang. 2015. Peningkatan Kemampuan Operasi Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Melalui Inquiry Training Bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV Di SD Negeri 02 Gunung Sarik Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4(3), 266

Setiawan, W., dan Sinta Ratnasari. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Himpunan”. Jurnal On Education, 1(2), 473-479

Sholekhah, Anggreini dan Waluyo.2017.Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limi Fungsi.http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/download/1413/792

Tyas, Ni’mah Mulyaning. 2016. “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV SDN di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang”. Skripsi. Semarang:UNNES.

Widyasari, Meter dan Okta Negara.2015.Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD PILOTING Se-Kabupaten Gianyar.https://ejournl.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/5070/3826

Downloads

Published

2020-04-02

How to Cite

Fidayanti, M., Shodiqin, A., & YP, S. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN Tlahab Kendal. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 88–96. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24269

Issue

Section

Articles