Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN Tlahab Kendal
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24269Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan dalam pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V SDN Tlahab Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Tlahab Kendal dengan mengambil subjek pada penelitian ini yaitu subjek tinggi, subjek sedang, dan subjek rendah. Pengambilan data penelitian ini melalui tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Subjek tinggi (RFN) tidak memenuhi indikator karena sudah mampu dalam mempelajari konsep, prinsip, dan masalah verbal. (2) Subjek sedang (PNU) memenuhi indikator yaitu indikator kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal, dan tidak memenuhi indikator kesulitan dalam mempelajari konsep, dan menerapkan prinsip karena subjek sudah mampu. (3) Subjek rendah (AW) memenuhi seluruh indikator yaitu indikator kesulitan dalam mempelajari konsep, prinsip, dan masalah verbal.
Kata kunci: Kesulitan, Matematika, Pecahan, Sekolah Dasar
Referensi
Andriani, Parhaini. 2015. “Penalaran Aljabar dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Beta , 8(1), 1-13
Astuti, Wahyu Puji, Wahyudi, dan Endang Indarini. 2018. “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2),159-160
Hamzah, dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Johnson, dan Neill. 2010. Swadidik Matematika. Bandung: Pakar Raya
.
Koswara, Deded. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Bekesulitan Belajar Spesifik. Bandung: PT.Luxima Metro Media.
Malasari, 2018.Jago Matematika Sukses Ulangan Harian
Rispiyanto, Indra. 2015. “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran PSKO Di SMK Muhammadiyah 1 Salam”. Skripsi. Yogyakarta: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
Masykur, dan Halim. 2007. Mathematical Intelligence. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Muhamad H. 2016.” Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dan Elemen Mesin Di SMK Negeri 2 Wonosari”[skripsi]. Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta.
Mulyanti. 2010. Diagnosa Kesulitan Belajar.Semarang:IKIP PGRI SEMARANGPress.
Sana, Ningrum Angjang. 2015. Peningkatan Kemampuan Operasi Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Melalui Inquiry Training Bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV Di SD Negeri 02 Gunung Sarik Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4(3), 266
Setiawan, W., dan Sinta Ratnasari. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Himpunan”. Jurnal On Education, 1(2), 473-479
Sholekhah, Anggreini dan Waluyo.2017.Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limi Fungsi.http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/download/1413/792
Tyas, Ni’mah Mulyaning. 2016. “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV SDN di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang”. Skripsi. Semarang:UNNES.
Widyasari, Meter dan Okta Negara.2015.Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD PILOTING Se-Kabupaten Gianyar.https://ejournl.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/5070/3826
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)