Pelaksanaan Program PAUD Inklusi Berbasis Pendidikan Islam: Studi Kasus di RA Anak Emas

Authors

  • Yashinta Nova Hastari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29419

Keywords:

PAUD Inklusi, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan inklusi sebaiknya diterapkan sejak di PAUD tetapi belum semua PAUD mampu menjadi penyelenggara pendidikan inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi sosial yang terjadi antara siswa reguler dengan siswa berkebutuhan khusus, serta bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang terjadi pada PAUD inklusi berbasis pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini berupa narasumber yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik. Objek penelitian ini adalah mengamati secara mendalam aktivitas pembelajaran, interaksi sosial orang-orang atau peserta didik yang berada di TK inklusi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kurikulum 2013 digunakan untuk siswa reguler dan anak berkebutuhan khusus, perencanaan pembelajaran dilakukan tidak bersamaan, pelaksanaan pembelajaran menerapkan kegiatan pembuka, inti dan penutup, pendalaman materi agama dikaitkan dengan ajaran aqidah, akhlak dan fiqih, evaluasi pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus menggunakan metode observasi, catatan anekdot dan percakapan, sosialisasi peserta didik reguler dan peserta didik berkebutuhan khusus berjalan baik, sosialisasi peserta didik berkebutuhan khusus dan guru berjalan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Program PAUD inklusi berbasis pendidikan Islam (menerapkan perencanaan pembelajaran berupa program tahunan, rencana pembelajaran bulanan, rencana pembelajaran mingguan dan rencana pembelajaran harian.

References

Anwar, R. N., & Zaenullah, Z. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/6723.

Ayu, N. M. L., Tirtayani, L. A., & Abadi, I. B. G. S. (2019). Evaluasi Program PAUD Inklusi di Kota Denpasar Ditinjau dari Hasil Belajar dan Perencanaan Program Lanjutan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 57–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v7i1.18747.

Dewi, N. P. A. S., Tirtayani, L. A., & Suniasih, N. W. (2019). Efektivitas Program PAUD Inklusi di Kota Denpasar Ditinjau dari Aspek Konteks. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 57–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v7i1.18731.

Dhamayanti, Y., & Suparno, S. (2015). Keefektifan PAUD inklusi pada kesiapan anak memasuki sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 107. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4847.

Gheyssens, E., Consuegra, E., Engels, N., & Struyven, K. (2021). Creating inclusive classrooms in primary and secondary schools: From noticing to differentiated practices. Teaching and Teacher Education, 100(xxxx), 103210. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103210.

Madyawati, L., & Zubadi, H. (2020). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Inklusi. Insania, 25(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3291.

Mahabbati, A., Hayati, N., Chamidah, A. N., & Fatimaningrum, A. S. (2017). Program Pelatihan Dan Workshop Kesiapan Implementasi Paud Inklusif Untuk Pendidik PAUD. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17909.

Nadlifah, N. (2017). Optimlisasi Kemampuan Interaksi Sosial Anak di PAUD Inklusi Ahsanu Amala Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-02.

Noya, J. E., & Ambarwati, K. D. (2018). Gambaran Interaksi sosial anak autis di Sekolah Inklusi Multi Talenta Samarinda. Jurnal Psikologi Perseptual, 3(2), 65–78. https://doi.org/10.24176/perseptual.v3i2.2642.

Nugraha, E. (2020). Implementasi Program Tahfizh Qur’an Di PAUD Inklusif Dengan Model HOTS. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 95–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.3569.

Pertiwi, B. L., & Lestari, G. D. (2020). Implementasi Program Parenting Support Group (Psg) Dalam Mengembangkan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus Di Paud Inklusi Esya Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(4), 1–9. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/11498.

Putri, Y. U., Musdi, E., Permana, D., & Yerizon, Y. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305.

Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.122.21.

Rukmana, I. S., & Suyadi, S. (2020). Pola Pelayanan Lembaga Paud Inklusi Berbasis Islam Dan Psikologi Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Usia 2-6 Tahun. Jurnal Tunas Cendekia, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24256/tunas%20cendekia.v3i2.1531.

Saryono, A. (2013). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam bidang kesehatan. Nuha Medika.

Setiawan, W. (2019). Internalisasi Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Perspektif Teori Barat Dan Islam. Journal ISTIGHNA, 2(1), 35–57. https://doi.org/10.33853/istighna.v2i1.9.

Sofia, A., & Anggraini, G. F. (2018). Interaksi Sosial Antara Guru Dan Anak Dalam Pengembangan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal PAUD: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 7–18.

Tirtayani, L. A. (2017). Anak usia dini dengan kebutuhan pendidikan khusus memerlukan program pendidikan khusus. Program. Proyeksi, 12(2), 21–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jp.12.2.21-34.

Wirantho, S. A., & Arriani, F. (2017). Kebijakan Layanan Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1217.

Downloads

Published

2020-10-20

How to Cite

Hastari, Y. N., & Sujana, I. W. (2020). Pelaksanaan Program PAUD Inklusi Berbasis Pendidikan Islam: Studi Kasus di RA Anak Emas. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 469–476. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29419

Issue

Section

Articles