Pelaksanaan Program PAUD Inklusi Berbasis Pendidikan Islam: Studi Kasus di RA Anak Emas
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29419Keywords:
PAUD Inklusi, Pendidikan IslamAbstract
Pendidikan inklusi sebaiknya diterapkan sejak di PAUD tetapi belum semua PAUD mampu menjadi penyelenggara pendidikan inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi sosial yang terjadi antara siswa reguler dengan siswa berkebutuhan khusus, serta bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang terjadi pada PAUD inklusi berbasis pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini berupa narasumber yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik. Objek penelitian ini adalah mengamati secara mendalam aktivitas pembelajaran, interaksi sosial orang-orang atau peserta didik yang berada di TK inklusi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kurikulum 2013 digunakan untuk siswa reguler dan anak berkebutuhan khusus, perencanaan pembelajaran dilakukan tidak bersamaan, pelaksanaan pembelajaran menerapkan kegiatan pembuka, inti dan penutup, pendalaman materi agama dikaitkan dengan ajaran aqidah, akhlak dan fiqih, evaluasi pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus menggunakan metode observasi, catatan anekdot dan percakapan, sosialisasi peserta didik reguler dan peserta didik berkebutuhan khusus berjalan baik, sosialisasi peserta didik berkebutuhan khusus dan guru berjalan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Program PAUD inklusi berbasis pendidikan Islam (menerapkan perencanaan pembelajaran berupa program tahunan, rencana pembelajaran bulanan, rencana pembelajaran mingguan dan rencana pembelajaran harian.
References
Anwar, R. N., & Zaenullah, Z. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/6723.
Ayu, N. M. L., Tirtayani, L. A., & Abadi, I. B. G. S. (2019). Evaluasi Program PAUD Inklusi di Kota Denpasar Ditinjau dari Hasil Belajar dan Perencanaan Program Lanjutan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 57–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v7i1.18747.
Dewi, N. P. A. S., Tirtayani, L. A., & Suniasih, N. W. (2019). Efektivitas Program PAUD Inklusi di Kota Denpasar Ditinjau dari Aspek Konteks. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 57–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v7i1.18731.
Dhamayanti, Y., & Suparno, S. (2015). Keefektifan PAUD inklusi pada kesiapan anak memasuki sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 107. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4847.
Gheyssens, E., Consuegra, E., Engels, N., & Struyven, K. (2021). Creating inclusive classrooms in primary and secondary schools: From noticing to differentiated practices. Teaching and Teacher Education, 100(xxxx), 103210. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103210.
Madyawati, L., & Zubadi, H. (2020). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Inklusi. Insania, 25(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3291.
Mahabbati, A., Hayati, N., Chamidah, A. N., & Fatimaningrum, A. S. (2017). Program Pelatihan Dan Workshop Kesiapan Implementasi Paud Inklusif Untuk Pendidik PAUD. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17909.
Nadlifah, N. (2017). Optimlisasi Kemampuan Interaksi Sosial Anak di PAUD Inklusi Ahsanu Amala Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-02.
Noya, J. E., & Ambarwati, K. D. (2018). Gambaran Interaksi sosial anak autis di Sekolah Inklusi Multi Talenta Samarinda. Jurnal Psikologi Perseptual, 3(2), 65–78. https://doi.org/10.24176/perseptual.v3i2.2642.
Nugraha, E. (2020). Implementasi Program Tahfizh Qur’an Di PAUD Inklusif Dengan Model HOTS. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 95–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.3569.
Pertiwi, B. L., & Lestari, G. D. (2020). Implementasi Program Parenting Support Group (Psg) Dalam Mengembangkan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus Di Paud Inklusi Esya Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(4), 1–9. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/11498.
Putri, Y. U., Musdi, E., Permana, D., & Yerizon, Y. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305.
Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.122.21.
Rukmana, I. S., & Suyadi, S. (2020). Pola Pelayanan Lembaga Paud Inklusi Berbasis Islam Dan Psikologi Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Usia 2-6 Tahun. Jurnal Tunas Cendekia, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24256/tunas%20cendekia.v3i2.1531.
Saryono, A. (2013). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam bidang kesehatan. Nuha Medika.
Setiawan, W. (2019). Internalisasi Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Perspektif Teori Barat Dan Islam. Journal ISTIGHNA, 2(1), 35–57. https://doi.org/10.33853/istighna.v2i1.9.
Sofia, A., & Anggraini, G. F. (2018). Interaksi Sosial Antara Guru Dan Anak Dalam Pengembangan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal PAUD: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 7–18.
Tirtayani, L. A. (2017). Anak usia dini dengan kebutuhan pendidikan khusus memerlukan program pendidikan khusus. Program. Proyeksi, 12(2), 21–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jp.12.2.21-34.
Wirantho, S. A., & Arriani, F. (2017). Kebijakan Layanan Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1217.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)