Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.46605Keywords:
Video Pembelajaran Interaktif, Problem Based Learning, IPS.Abstract
Minimnya pemanfaatan video pembelajaran interaktif sebagai bahan ajar atau media pembelajaran dalam pembelajaran daring mengakibatkan siswa tidak memahami. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas IV SD. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan dan 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, pengumpulan dokumen, dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil review ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase (83%), hasil review ahli desain pembelajaran media memperoleh persentase (89%), hasil review ahli media memperoleh persentase (89%), hasil uji perorangan vi memperoleh persentase (85%) dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase (87,2%) dengan keseluruhan mendapatkan kategori baik, sehingga video pembelajaran interaktif layak digunakan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memotivasi atau mendorong guru dalam memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah yang selama ini jarang dimanfaatkan dengan baik.
References
Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Technology, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561
Andrianingrum, F., & Suparman. (2019). ). Design of Interactive Learning Media Based on Contextual Approach to Improve Problem-Solving Ability in Fourth Grade Students. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(11).
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636.
Annisa, P., & Muryanti, E. (2022). Efektivitas Video Animasi terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 216 – 221. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1838. DOI: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1838
Aryani, N. W, & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252–260. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043.
Aryani, Ni Wayan, & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043
Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923
Dewita, M. (2018). Hubungan antara internal locus of control dengan perilaku prososial pada pelajar d SMA N 1 Halmahera Utara. Jurnal Sosial Dan Kependidikan, 2(1), 10–17. http://journal.unhena.ac.id/index.php/HibSos/article/view/42.
Eryani, N. H. zain; I. C. S. R. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Firmansyah, F. H., Fajriyah Aldriani, S. N., & Dewi, E. R. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i2.29783. DOI: https://doi.org/10.17509/edsence.v2i2.29783
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(2), 1349–1355. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Hartini, T. I., Kusdiwelirawan, & Fitriana, I. (2014). Pengaruh Berpikir Kreatif dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Tes Open Ended. PII 3 (1). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 8–11. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2902.
Havizul. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Menggunakan Model DDD-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202
Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007. DOI: https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007
Lubis, A. B., Miaz, Y., Taufina, & Desyandri. (2019). Pengaruh Model Everyone Is A Teacher Here Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Basicedu, 3(2), 725 – 735. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.61. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.61
Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825
Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas III. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1587–1593. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11799. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226
Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100
Rahmana, F., Susilawati, S., & Kosim, K. (2021). The Effectiveness of Video-Assisted Problem-Based Physics Learning Devices to Improve Students’ Problem-Solving Ability on Elasticity Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7, 326–330. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.1237. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.1237
Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24
Rosyadi, A. A. P. (2020). Development of Interactive Mathematic Stories (BuCIM) Based on Dienes Theory. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 235–243. https://doi.org/10.33654/math.v6i2.678. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v6i2.678
Santoso, M. (2015). Korelasi Penggunaan Media, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 9(2), 149. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i2.36. DOI: https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i2.36
Sebila, F. H., Kusmaedi, N., & Juliantine, T. (2020). Penerapan Teaching Game for Understanding Terhadap Hasil Belajar Permainan Bola Voli. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 14(1), 23–30. https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1308. DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1308
Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772. DOI: https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772
Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206–214. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997
Suasaningdyah, E. (2018). Peningkatan Nilai Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Topik Bermain Layang-Layang Melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 105. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p105-115. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p105-115
Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). The Development of Animation Videos Based Flipped Classroom Learning on Heat and Temperature Topics. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(3), 304–315. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i2.7017. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i3.7017
Syafari, Y., & Montessori, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1295–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Umbara, Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 174–186. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154
Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371–381. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154
Wulandari, S. (2021). Studi Literatur Penggunaan Pbl Berbasis Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), 7. https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818. DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818
Yazar Soyadı, B. B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–71. https://doi.org/10.18200/jgedc.2015214253. DOI: https://doi.org/10.18200/JGEDC.2015214253
Yuniarni, D, Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. , 4(1), . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 280–294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.
Yuniarni, Desni, Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Made Ratnathatmaja, I Wayan Sujana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)