Model Two Stay Two Stray Berbantu Media Flip Chart Meningkatkan Hasil Belajar Tematik

Authors

  • Tri Mulyaningtiyas Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Saputra Universitas PGRI Semarang
  • Arfilia Wijayanti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29775

Keywords:

Tematik, Two Stay Two Stray, Flip Chart, Pretest, Posttest, Ketuntasan Klasikal

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik karena model pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan diskusi, oleh sebab itu perlu diubah model pembelajaran yang lebih menarik dengan berbantu media pembelajaran yang baru.  Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu media Flip Chart. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan oleh Peneliti adalah siswa SDN sebanyak 19 siswa. Peneliti mengambil satu kelas yaitu kelas V sebagai sampel penelitian dengan jumlah 19 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal siswa yaitu sebanyak 89 % atau 17 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM, sedang siswa yang tidak tuntas hanya 2 siswa atau 11% dari keseluruhan. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan berbantu media Flip Chart dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V sekolah dasar. Implikasi penelitian ini adalah dapat melatih siswa lebih aktif dalam memecahkan masalah, mengungkapkan pendapat dan memahami materi secara berkelompok dan dapat belajar untuk saling membantu dalam kelompoknya karena semua berperan di dalam kelas pada saat proses pembelajaran.

References

Amelia, D. J., & Saputra, S. Y. (2017). Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Tema Makhluk Hidup Kurikulum 2013. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 98–109. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617.

Apriandi, D. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) Dan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Di Kabupaten Bantul Ditinjau Dari Aktivitas Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.25273/jipm.v1i1.467.

Citrasmi, N. W., Wirya, N., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA di SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.8425.

Dari, S. W., & Megaiswari, M. (2019). Effectiveness of Flip Chart Media in Increasing Abilities of Wudhu for Mild Mental Retardation Children. Educatio: Journal Of Education, 4(2), 200–206. https://doi.org/10.29138/educatio.v4i2.186.

Darmawan, W., & Harjono, N. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 4(2), 402–411.

Karlina, C. F., Dharsana, I. K., & Kusmariyatni, N. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe (TSTS) Berbantuan Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10883.

Karom, D., Ruhimat, T., & Darmawan, D. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. Edutech, 13(2), 274–308. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3113.

Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18–25. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305.

Kristiantari, R. (2015). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 460–470. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520.

Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44.

Maufur, S., & Lisnawati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 189. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1888.

Mesah, D. B., Wahyuni, S., & Liliek, T. (2020). Penerapan cooperative learning two stay two stray untuk meningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa SMA. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 227–238. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.13461.

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang Dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35.

Nurhidayat, O. (2012). Perbandingan Media Power Point Dengan Flip Chart Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut. Unnes Journal Of Public Health, 1(1). https://doi.org/10.15294/ujph.v1i1.179.

Prihartini, P., & Mediatati, N. (2013). Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Tsts (Two Stay Two Stray) Dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pabelan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Satya Widya, 29(2), 127–133. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i2.p127-133.

Purnama, E., & Agung. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe “Two Stay Two Stray (Tsts)” Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Trigonometri Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 2(2). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/download/11697/8426.

Putra, R. P., & Ayuningtyas, T. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Flip Chart Berbahan Dasar Bambu. Historia: Jurnal Pendidikan Sejarah FKIP UM Metro, 7(1), 79–94. https://doi.org/10.24127/hj.v7i1.1906.

Raditya, A., & Iskandar, R. S. F. (2020). Analisis Soal PLSV pada Buku Ajar Matematika dari Kurikulum 1994 hingga Kurikulum 2013. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 232–145. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4066.

Rohmana, Q. A., Widodo, N., & Kapti, L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) Dipadu Picture & Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Materi Jaringan Hewan Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 2071–2075. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7662.

Sribawana, I. P. S. S., Kusmariyatni, N., & Suwatra, I. I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10934.

Sutrisno, A. D., Samsudin, A., Liliawati, W., Kaniawati, I., & Suhendi, E. (2015). Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Momentum Dan Impuls. Jurnal Pengajaran Mipa, 20(1), 38–42. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.560.

Wicaksono, A. G., Jumanto, & Oka, I. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215–226. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384.

Zairmi, U., Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran IPA DI Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221.

Downloads

Published

2020-11-06

How to Cite

Mulyaningtiyas, T., Saputra, H. J., & Wijayanti, A. (2020). Model Two Stay Two Stray Berbantu Media Flip Chart Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 477–482. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29775

Issue

Section

Articles