Instrumen Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.31116Keywords:
Instrumen penilaian, KerjasamaAbstract
Kemampuan kerjasama penting distimulasi sejak dini karena dengan bekerja sama anak bisa berbagi, saling membantu, berinteraksi dan komunikasi dengan teman sebaya, menyelesaikan masalah dalam kelompok dan bertanggung jawab. Namun, pada kenyataannya belum adanya instrumen untuk menilai Kerjasama anak kelompok B pada taman kanak-kanak. Penelitan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan kerjasama yang valid dan reliabel. Dalam penelitian ini, pengembangan yang dilakukan menggunakan model R&D yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang melalui tahap research, and development. Pada penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan untu penilaian kerjasama adalah kuisioner (angket) sedangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, metode observasi, dan kuisioner. Data yag diperoleh akan dianalisis validitas dan reliabilitas masing-masing instrumen. Hasil analisis validitas intrumen penilaian kerjasama hasil nilai rata-rata 1, yang artinya instrumen penilaian ini memilki validitas yang sangat tinggi. Sedangkan hasil analisis reliabilitas intrumen penilaian kerjasama 0,90, artinya instrumen ini memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi. Berdasarkan hasi penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen penilaian kemapuan kerjasama layak dikembangkan dan digunakan untuk melakukan penilaian kepada siswa.
References
Ehrlich, P. F. (2019). The impact of cooperative group studies on childhood cancer: Improving outcomes and quality and international collaboration. Seminars in Pediatric Surgery, 28(6), 150857. https://doi.org/10.1016/j.sempedsurg.2019.150857.
Fauziddin, M. (2016). Paud Tambusai. Paud Tambusai Pgpaud Stk, 2(1), 29–45. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.47.
Hardiani, I. N. (2017). Pengembangan instrumen penilaian sikap sosial pembelajaran IPS kelas IV SD. E-Journal Mitra Pendidikan, 1(6), 615–628. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Indriati, N. U. D. (2016). Instrumen Tes Kecerdasan Logika-Matematika Untuk Anak Usia Dini. Universitas Negeri Jakarta, 10(1), 171–183. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.101 .
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan Model Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 361–370. https://doi.org/10.21009/jpud.122.17.
Juniarta, A. T., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) kelas XI semester gasal. 1(8), 1659–1664. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6704.
Kustiyam, H. (2017). Penerapan Metode Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Tk Candra Siwi Tama Kota Madiun. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(1), 29–38. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3962/2042.
Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Supriyadi, S. (2019). Penilaian pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada sekolah menengah pertama negeri kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 4(10), 1364–1379. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12845.
Nishino, N., Okazaki, M., & Akai, K. (2018). Effects of ability difference and strategy imitation on cooperation network formation: A study with game theoretic modeling and multi-agent simulation. Technological Forecasting and Social Change, 136, 145–156. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2017.02.008.
Nurlaili, N. (2018). Implementasi Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Khairin Medan Tembung. Raudhah, 06(01), 1–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v7i1.471.
Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885.
Sa’adah, E. N. L., & Sigit, D. (2018). Pengembangan instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik pada materi elektrokimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8), 1023–1026. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I8.11405.
Smith, K. M., & Apicella, C. L. (2020). Partner choice in human evolution: The role of cooperation, foraging ability, and culture in Hadza campmate preferences. Evolution and Human Behavior, 41(5), 354–366. https://doi.org/10.1016/j.evolhumbehav.2020.07.009.
Sukmady, F. W., Rosidah, L., & Maryani, K. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berempati Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Cooperative Learning. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 103. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4650.
Utami, N. R. (2019). Pengembangan Instrumen Kecerdasan Emosional Usia 5-6 TAHUN. Jurnal Pelita PAUD, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.839.
Wahyuni, S. (2020). Asesmen Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Menggunakan Teknik Penilaian Penugasan (Unjuk Kerja) di TK Al-Fadillah Kelompok (B) Usia 5-6 Tahun Sleman DIY. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 80. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9062.
Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan penilaian sikap dengan teknik observasi , self assessment , dan peer assessment pada pembelajaran tematik kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 45–51. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/5214.
Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)