Pengimplementasian Lesson Study pada Pembelajaran Bahasa Inggris Wajib di Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 4 Singaraja

F. A. Dewi, P. E. Dambayana, N. K. Namiasih

Abstract


Laporan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan Lesson Study di SMAN 4 Singaraja dalam pembelajaran Bahasa Inggris Wajib. Pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan tiga tahapan Lesson Study, yaitu tahap Perencanaan (Plan), tahan Pelaksanaan (Do), dan tahap Refleksi (See). Pembelajaran yang diobservasi adalah pembelajaran bahasa Inggris Wajib di kelas XI MIPA 2, pada 27 Februari 2019 pada jam pelajaran ke 3-4 (08.45-10.15 WITA), dengan jumlah peserta didik 32 orang. Setelah pelaksanaan Lesson Study ini, ditemukan bahwa walaupun membahas empat teks sekaligus dalam satu pertemuan, menggunakan teknik Numbered Head Together dan tugas yang beragam jenisnya dalam pembelajaran membuat para peserta didik berperan aktif dan tidak mengalami kesulitan berarti. Selain karena pembelajaran yang dikemas menyenangkan, teks yang diberikan pun tidak panjang dan berat karena tujuan pertemuan hari tersebut baru memperkenalkan struktur dan fungsi teksnya, bukan makna. Adapun yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaannya ialah kesempatan menjawab yang merata bagi semua peserta didik agar semua peserta didik mendapat kesempatan untuk mengemukakan jawaban mereka secara lisan.

 


Keywords


Lesson Study; Pembelajaran; Numbered Head Together

References


Ardana, I. M. (2019). Lesson Study. Singaraja: Undiksha.

Bogner, D. (2008). Conversations and Unpublished Narrative on a Synthesis of Dewey's Learning Theory and Personal Reflections on Teaching and Learning. New York: Molloy College, Rockville Centre.

Dewanto, S., Wulandari, B., & Pranoto, P. W. (2016). Implementasi Lesson Study untuk untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Perkuliahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja melalui Pendekatan Cooperative Learning. Journal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO).

Dewey, J. (1938). Experience and Edcation. New York : Collier Books.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Melati, H. A., Junanto, T., & Lestari, I. (2014). Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran English for Chemistry. Universitas Tanjungpura Pontianak, 72-84.

Slavin, R. (1995). Cooperative Learning. Theory, Research, and Practice. USA: Alyn and Bacon.

Sriyati, S. (2005). Reformasi Sekolah melalui Lesson Study. Makalah pada seminar Nasional Pendidikan IPA II dengan tema Membangun Pendidikan IPA Masa Depan yang Kompetitif. 22-23 Juli 2005 FPMIPA UPI Bandung. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v4i2.32193

Article Metrics

Abstract view : 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for Lesson and Learning Studies is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.sudirtha@undiksha.ac.id

 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref Akreditasi SINTA BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Journal for Lesson and Learning Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.