Pengimplementasian Lesson Study Menggunakan Teknik NHT pada Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • F. A. Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • P. E. Dambayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • N. K. Namiasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.32193

Keywords:

Lesson Study, Pembelajaran, Numbered Head Together

Abstract

Masih banyak guru di Indonesia tidak cukup mampu untuk mengajar mata pelajaran yang sedang mereka ajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan lesson study menggunakan teknik Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Populasi dari penelitian ini sejumlah 32 peserta didik. Prosedur dalam melakukan Lesson Study terdiri dari tiga langkah yaitu Plan, Do, See. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan lesson study disekolah ini dilakuan dalam tiga tahapan yaitu: plan (perencanaan), do (pelaksanaan), see (refleksi). Dalam kegiatan plan yang dilakukan adalah menyusun RPP. Dalam kegiatan do dilaksanakan proses pembelajaran dengan lesson study. Dalam kegiatan see dilakukan refleksi dari pembelajaran yang telah dilakukan, baik oleh guru maupun observer. Dapat disimpulkan bahwa lesson study yang diadakan sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan mengubah cara belajar dan mengajar baik dari guru dan peserta didik agar menjadi lebih baik dari pembelajaran sebelumnya yang telah diadakan. Para peserta didik aktif terlibat dalam setiap aktivitas yang disediakan guru dan tidak menemukan kesulitan yang berarti.

References

Anom, A. (2020). Supervisi Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD Gusti . Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2). http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25443

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Effendi M. (2016). Penerapan Lesson Study dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Bahasa Inggris pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Sorong. Journal of Islamic Education, 1(2). http://dx.doi.org/10.30984/j.v1i2.430

Hardianto. (2018). Optimalisasi Kepuasan Kerja Guru. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 190–195. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p190-195

Hidayat, S., Agusta, E., Siroj, R. A., & Hastiana, Y. (2019). Lesson Study & Project Based Learning sebagai Upaya Membentuk Forum Diskusi dan Perbaikan Kualitas Pembelajaran Guru IPA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.22146/jpkm.31423

Juano, A., Ntelok, Z. R. E., & Jediut, M. (2019). Lesson Study Sebagai Inovasi Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Juliartini, N. M., & Arini, N. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III. Journal of Education Action Research, 1(3), 240. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12688

Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444

Mangkunegara, A. . A. P. (2015). Kecerdasan Emosi,Stres Kerja, dan Kinerja Guru SMA. Jurnal Kependidikan, 45(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/jk.v45i2.7491

Mastra, I. N. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pendampingan Klasikal Dan Individual Di SD Negeri 26 Ampenan Semester SAtu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2). http://dx.doi.org/10.36312/jime.v5i2.755.

Nova, N. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 426. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16161

Prastikawati, E. F., Wiyaka, W., & Budiman, T. C. S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Bahasa Inggris Berbasis HOTS bagi Guru Bahasa Inggris SMP. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1). https://doi.org/10.30653/002.202161.761

Puspitasari, A. D. (2015). Efektifitas pembelajaran berbasis Guided Inquiry untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 1(2), 1–5. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rosy, B., Ranu, M. E., Nugraha, J., & Handini, H. T. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning, Schoology Bagi Guru SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 2(2). https://doi.org/10.21009/JPMM.002.2.02

Sairo, M. I. (2021). Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping di Kelas X MIPA 3. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32188

Sakerebau, J. (2018). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96–111. https://doi.org/10.34307/b.v1i1.22

Sari, N. K. T. N., Suniasih, N. W., & Wiarta, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Question Cards Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10660

Sarjani, T. M., & Nursamsu. (2020). Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa. Journal of Biology Education, 3(2). https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2808

Sastrawan, W., Sedanayasa, G., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Dengan Bantuan Media Software Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Desa Bengkel Kecamatan Busungbiu. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1), 1–12. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2308

Sophuan, S. (2018). Peningkatkan Keterampilan Mengajar Guru SMP mata Pelajaran IPA Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 335–355. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.2860

Suandewi, K., & Wibawa, I. M. C. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd No. 3 Kapal. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 59. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10116

Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028

Witari, I. G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD, 5(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10891

Downloads

Published

2021-07-07

How to Cite

Dewi, F. A., Dambayana, P. E., & Namiasih, N. K. (2021). Pengimplementasian Lesson Study Menggunakan Teknik NHT pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 203–207. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.32193

Issue

Section

Articles