Pengimplementasian Lesson Study Menggunakan Teknik NHT pada Pembelajaran Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.32193Keywords:
Lesson Study, Pembelajaran, Numbered Head TogetherAbstract
Masih banyak guru di Indonesia tidak cukup mampu untuk mengajar mata pelajaran yang sedang mereka ajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan lesson study menggunakan teknik Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Populasi dari penelitian ini sejumlah 32 peserta didik. Prosedur dalam melakukan Lesson Study terdiri dari tiga langkah yaitu Plan, Do, See. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan lesson study disekolah ini dilakuan dalam tiga tahapan yaitu: plan (perencanaan), do (pelaksanaan), see (refleksi). Dalam kegiatan plan yang dilakukan adalah menyusun RPP. Dalam kegiatan do dilaksanakan proses pembelajaran dengan lesson study. Dalam kegiatan see dilakukan refleksi dari pembelajaran yang telah dilakukan, baik oleh guru maupun observer. Dapat disimpulkan bahwa lesson study yang diadakan sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan mengubah cara belajar dan mengajar baik dari guru dan peserta didik agar menjadi lebih baik dari pembelajaran sebelumnya yang telah diadakan. Para peserta didik aktif terlibat dalam setiap aktivitas yang disediakan guru dan tidak menemukan kesulitan yang berarti.
References
Anom, A. (2020). Supervisi Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD Gusti . Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2). http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25443
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Effendi M. (2016). Penerapan Lesson Study dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Bahasa Inggris pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Sorong. Journal of Islamic Education, 1(2). http://dx.doi.org/10.30984/j.v1i2.430
Hardianto. (2018). Optimalisasi Kepuasan Kerja Guru. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 190–195. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p190-195
Hidayat, S., Agusta, E., Siroj, R. A., & Hastiana, Y. (2019). Lesson Study & Project Based Learning sebagai Upaya Membentuk Forum Diskusi dan Perbaikan Kualitas Pembelajaran Guru IPA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.22146/jpkm.31423
Juano, A., Ntelok, Z. R. E., & Jediut, M. (2019). Lesson Study Sebagai Inovasi Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).
Juliartini, N. M., & Arini, N. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III. Journal of Education Action Research, 1(3), 240. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12688
Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444
Mangkunegara, A. . A. P. (2015). Kecerdasan Emosi,Stres Kerja, dan Kinerja Guru SMA. Jurnal Kependidikan, 45(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/jk.v45i2.7491
Mastra, I. N. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pendampingan Klasikal Dan Individual Di SD Negeri 26 Ampenan Semester SAtu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2). http://dx.doi.org/10.36312/jime.v5i2.755.
Nova, N. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 426. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16161
Prastikawati, E. F., Wiyaka, W., & Budiman, T. C. S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Bahasa Inggris Berbasis HOTS bagi Guru Bahasa Inggris SMP. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1). https://doi.org/10.30653/002.202161.761
Puspitasari, A. D. (2015). Efektifitas pembelajaran berbasis Guided Inquiry untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 1(2), 1–5. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rosy, B., Ranu, M. E., Nugraha, J., & Handini, H. T. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning, Schoology Bagi Guru SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 2(2). https://doi.org/10.21009/JPMM.002.2.02
Sairo, M. I. (2021). Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping di Kelas X MIPA 3. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32188
Sakerebau, J. (2018). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96–111. https://doi.org/10.34307/b.v1i1.22
Sari, N. K. T. N., Suniasih, N. W., & Wiarta, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Question Cards Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10660
Sarjani, T. M., & Nursamsu. (2020). Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa. Journal of Biology Education, 3(2). https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2808
Sastrawan, W., Sedanayasa, G., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Dengan Bantuan Media Software Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Desa Bengkel Kecamatan Busungbiu. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1), 1–12. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2308
Sophuan, S. (2018). Peningkatkan Keterampilan Mengajar Guru SMP mata Pelajaran IPA Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 335–355. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.2860
Suandewi, K., & Wibawa, I. M. C. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd No. 3 Kapal. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 59. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10116
Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028
Witari, I. G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD, 5(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10891
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)