Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Sistem Imun Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA

Authors

  • Olla Krisliani Yudistira Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Syamsurizal Syamsurizal Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Helendra Helendra Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Yusni Attifah Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34289

Keywords:

Booklet, Suplemen Bahan Ajar, Biologi

Abstract

Media pembelajaran merupakan kemajuan besar dalam bidang pendidikan, melalui media mempermudah guru dan peserta didik dalam memahami konsep pelajaran. Objek yang tidak dapat diamati secara langsung karena keterbatasan waktu, biaya, dan lain sebagainya menggunakan media pembelajaran kita dapat melihat dan mempelajari objek tersebut. Pemilihan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik bukanlah hal yang mudah, guru harus mengetahui bagaimana karakteristik peserta didik untuk dapat menyesuaikan bahan ajar yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan booklet sistem imun manusia sebagai suplemen bahan ajar biologi kelas XI di SMAN 4 Padang. Studi dilakukan dengan metode survei menggunakan angket yang disebarkan kepada peserta didik dan guru biologi di SMAN 4 Padang. Angket diisi oleh 159 peserta didik kelas XII IPA dan satu orang guru biologi SMAN 4 Padang. Hasil angket menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan sumber belajar tambahan pada materi sistem imun manusia, kriteria sumber belajar yang dibutuhkan oleh peserta didik yaitu materi yang disampaikan lengkap, singkat, padat dan disertai gambar. Pengembangan booklet sebagai suplemen bahan ajar biologi dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik khusunya pada materi sistem imun manusia.

References

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ekayani, P. 2017. Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Galuh, T. W., dan Indra, K. W. 2017. Efektifitas suplemen bahan ajar IPA dengan pendekatan saintifik untuk siswa kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara , 41-55. Tersedia Pada: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/download/803/567/.

Gloria, R. Y. 2012. Pentingnya Asesmen Alternatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Membaca Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Scientiae Educatia , 99-106.

Irawati, Hani., Saifuddin, M.F. 2018. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Bio-Pedagogi Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (2), 96-99.

Karo-Karo S, Isran Rasyid, Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM: Vol. VII, No. 1, Hal. 91-96. Tersedia Pada: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778.

Miftah, M. 2013. Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkata Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, Vol. 1 No. 2, Hal. 95-105. Tersedia Pada: https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/7.

Pralisaputri, dkk. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Journal Geoeco , 148. Tersedia Pada: https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/8930.

Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Hal. 103-114. Tersedia Pada: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113#

Wijayanti., Mulyadi, Budhi. 2018. Pendidikan Kesehatan Menggunakan Booklet Terhadap Pemahaman Pasien Hipertensi Di Puskesmas. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 8 (01), 372-99739. Tersedia Pada: https://journals.stikim.ac.id/index.php/jiiki/article/view/324.

Downloads

Published

2021-05-05

Issue

Section

Articles