Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Sistem Imun Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34289Keywords:
Booklet, Suplemen Bahan Ajar, BiologiAbstract
Media pembelajaran merupakan kemajuan besar dalam bidang pendidikan, melalui media mempermudah guru dan peserta didik dalam memahami konsep pelajaran. Objek yang tidak dapat diamati secara langsung karena keterbatasan waktu, biaya, dan lain sebagainya menggunakan media pembelajaran kita dapat melihat dan mempelajari objek tersebut. Pemilihan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik bukanlah hal yang mudah, guru harus mengetahui bagaimana karakteristik peserta didik untuk dapat menyesuaikan bahan ajar yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan booklet sistem imun manusia sebagai suplemen bahan ajar biologi kelas XI di SMAN 4 Padang. Studi dilakukan dengan metode survei menggunakan angket yang disebarkan kepada peserta didik dan guru biologi di SMAN 4 Padang. Angket diisi oleh 159 peserta didik kelas XII IPA dan satu orang guru biologi SMAN 4 Padang. Hasil angket menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan sumber belajar tambahan pada materi sistem imun manusia, kriteria sumber belajar yang dibutuhkan oleh peserta didik yaitu materi yang disampaikan lengkap, singkat, padat dan disertai gambar. Pengembangan booklet sebagai suplemen bahan ajar biologi dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik khusunya pada materi sistem imun manusia.
References
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Ekayani, P. 2017. Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Galuh, T. W., dan Indra, K. W. 2017. Efektifitas suplemen bahan ajar IPA dengan pendekatan saintifik untuk siswa kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara , 41-55. Tersedia Pada: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/download/803/567/.
Gloria, R. Y. 2012. Pentingnya Asesmen Alternatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Membaca Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Scientiae Educatia , 99-106.
Irawati, Hani., Saifuddin, M.F. 2018. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Bio-Pedagogi Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (2), 96-99.
Karo-Karo S, Isran Rasyid, Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM: Vol. VII, No. 1, Hal. 91-96. Tersedia Pada: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778.
Miftah, M. 2013. Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkata Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, Vol. 1 No. 2, Hal. 95-105. Tersedia Pada: https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/7.
Pralisaputri, dkk. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Journal Geoeco , 148. Tersedia Pada: https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/8930.
Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Hal. 103-114. Tersedia Pada: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113#
Wijayanti., Mulyadi, Budhi. 2018. Pendidikan Kesehatan Menggunakan Booklet Terhadap Pemahaman Pasien Hipertensi Di Puskesmas. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 8 (01), 372-99739. Tersedia Pada: https://journals.stikim.ac.id/index.php/jiiki/article/view/324.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)