Pengaruh Metode PJBL Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.34570Keywords:
Project Based Learning, Keaktifan Belajar, Hasil BelajarAbstract
Siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep matematika, di mana pemahaman konsep matematika. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang didominasi oleh guru sehingga siswa terbiasa mendapatkan informasi atau pengetahuan terkait materi pelajaran tanpa melalui proses menemukan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap hasil belajar siswa.. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan desain eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan pre test, post test, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perbedaan nilai antara Post-test dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh nilai terendah pada kelas pres test yaitu 40, sedangkan nilai tertingginya yaitu 83.3. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai rata- rata dari kelas pres test yaitu 70. Nilai terendah pada kelas pres test yaitu 60, sedangkan nilai tertingginya yaitu 100. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata dari kelas pres test yaitu 83.3. Model pembelajaran project based learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Implikasi penelitian ini diharapkan dengan menerapkan model PJBL ini hasil belajar siswa meningkat, dan siswa lebih mudah memahami konsep matematika dalam proses pembelajaran.
References
Diah, & Riyanto. (2016). Problem-Based Learning Model In Biology Education Courses To Develop Inquiry Teaching Competency Of Preservice Teachers. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 47–57. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8364. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8364
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451
Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). Efektivitas Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual terhadap Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514
Hidayat, S., Agusta, E., Siroj, R. A., & Hastiana, Y. (2019). Lesson Study & Project Based Learning sebagai Upaya Membentuk Forum Diskusi dan Perbaikan Kualitas Pembelajaran Guru IPA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.22146/jpkm.31423 DOI: https://doi.org/10.22146/jpkm.31423
Indriani, A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418 DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418
Izati, Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan, 3(9), 1122–1127. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454
Khairani, B. P., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1578–1587. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.623 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.770
Khotimah, K., & Yuliastuti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tuntas dengan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 77. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.301 DOI: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.301
Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model Project-Based Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156–170.
L.E., E. P. (2018). Cooperative Learning Dengan Model Tgt (Teams Games Tournament) Materi Bilangan Bulat Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2:), 85–88. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.7.2:.1048.85-88 DOI: https://doi.org/10.36456/buana_matematika.7.2:.1048.85-88
Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tsts ( Two Stay Two Stray ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359
Lestari, W. I., & Putra, E. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–141. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379. DOI: https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379
Lutfi, Ismail, & Azis, A. A. (2017). Pengaruh project based learning terintegrasi stem terhadap literasi sains , kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 189–194.
Mahendra, E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1). http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257 DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257
Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge Dan Meningkatkanscientificliteracy. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34–43. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830
Mutakinati, & Anwari. (2018). Analysis Of Students ’ Critical Thinking Skill Of Middle School Through Stem Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495 DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495
Novita, D., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning Untuk Pembelajaran Materi Segitiga Di Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1 – 12. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3626.1-12. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3626.1-12
Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang Dan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sdn Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854 DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539
Safitri, N. L., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2018). Pengembangan LKS Project Based Learning Berbasis Penelitian Perlakuan Perbedaan Dosis Fosfat pada Genotipe Kedelai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 518–523. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10813
Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dan Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263
Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(3), 334–346. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340
Suryaningtyas, C. P. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Developing a Mathematics Learning Kit Using PMRI Approach to Increase Problem Solving Ability and Mathematics Communication. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 200–209. https://doi.org//10.21831/pg.v12i2.14876
Ula, R., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Komik Pada Pembelajaran Garis Dan Sudut Di Smp Negeri 7 Surabaya. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 17–28. https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i1.1292.
Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menanamkan Karakter Kewirausahaan, Keterampilan Proses Sains, Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 171–175. http://dx.doi.org/10.17977/jip.v23i2.10977
Zaini, A., & Marsigit, M. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Dan Konvensional Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2672 DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2672
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)