Pengaruh Metode PJBL Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Putri Rika Rani Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia
  • Ani Lestari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia
  • Fadzilatul Mutmainah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia
  • Khardianti Alviani Ishak Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia
  • Rika Delima Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia
  • Pariang Sonang Siregar Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia
  • Eni Marta Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, Pasir Pangaraian, Indnesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.34570

Keywords:

Project Based Learning, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep matematika, di mana pemahaman konsep matematika. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang didominasi oleh guru sehingga siswa terbiasa mendapatkan informasi atau pengetahuan terkait materi pelajaran tanpa melalui proses menemukan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap hasil belajar siswa.. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan desain eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan pre test, post test, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan  perbedaan nilai antara Post-test dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh nilai terendah pada kelas pres test yaitu 40, sedangkan nilai tertingginya yaitu 83.3. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai rata- rata dari kelas pres test yaitu 70. Nilai terendah pada kelas pres test yaitu 60, sedangkan nilai tertingginya yaitu 100. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata dari kelas pres test yaitu 83.3. Model pembelajaran project based learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Implikasi penelitian ini diharapkan dengan menerapkan model PJBL ini hasil belajar siswa meningkat, dan siswa lebih mudah memahami konsep matematika dalam proses pembelajaran.

References

Diah, & Riyanto. (2016). Problem-Based Learning Model In Biology Education Courses To Develop Inquiry Teaching Competency Of Preservice Teachers. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 47–57. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8364. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8364

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). Efektivitas Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual terhadap Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514

Hidayat, S., Agusta, E., Siroj, R. A., & Hastiana, Y. (2019). Lesson Study & Project Based Learning sebagai Upaya Membentuk Forum Diskusi dan Perbaikan Kualitas Pembelajaran Guru IPA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.22146/jpkm.31423 DOI: https://doi.org/10.22146/jpkm.31423

Indriani, A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418 DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418

Izati, Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan, 3(9), 1122–1127. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Khairani, B. P., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1578–1587. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.623 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.770

Khotimah, K., & Yuliastuti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tuntas dengan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 77. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.301 DOI: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.301

Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model Project-Based Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156–170.

L.E., E. P. (2018). Cooperative Learning Dengan Model Tgt (Teams Games Tournament) Materi Bilangan Bulat Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2:), 85–88. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.7.2:.1048.85-88 DOI: https://doi.org/10.36456/buana_matematika.7.2:.1048.85-88

Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tsts ( Two Stay Two Stray ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359

Lestari, W. I., & Putra, E. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–141. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379. DOI: https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379

Lutfi, Ismail, & Azis, A. A. (2017). Pengaruh project based learning terintegrasi stem terhadap literasi sains , kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 189–194.

Mahendra, E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1). http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257 DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge Dan Meningkatkanscientificliteracy. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34–43. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830

Mutakinati, & Anwari. (2018). Analysis Of Students ’ Critical Thinking Skill Of Middle School Through Stem Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495 DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495

Novita, D., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning Untuk Pembelajaran Materi Segitiga Di Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1 – 12. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3626.1-12. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3626.1-12

Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang Dan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sdn Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854 DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Safitri, N. L., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2018). Pengembangan LKS Project Based Learning Berbasis Penelitian Perlakuan Perbedaan Dosis Fosfat pada Genotipe Kedelai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 518–523. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10813

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dan Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263

Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(3), 334–346. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340

Suryaningtyas, C. P. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Developing a Mathematics Learning Kit Using PMRI Approach to Increase Problem Solving Ability and Mathematics Communication. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 200–209. https://doi.org//10.21831/pg.v12i2.14876

Ula, R., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Komik Pada Pembelajaran Garis Dan Sudut Di Smp Negeri 7 Surabaya. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 17–28. https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i1.1292.

Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menanamkan Karakter Kewirausahaan, Keterampilan Proses Sains, Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 171–175. http://dx.doi.org/10.17977/jip.v23i2.10977

Zaini, A., & Marsigit, M. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Dan Konvensional Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2672 DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2672

Downloads

Published

2021-09-07

How to Cite

Rani, P. R., Lestari, A., Mutmainah, F., Ishak, K. A., Delima, R., Siregar, P. S., & Marta, E. (2021). Pengaruh Metode PJBL Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 264–270. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.34570

Issue

Section

Articles