Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA?
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073Keywords:
Masalah Pembelajaran, Biologi, Archaebacteria, EubacteriaAbstract
Permasalahan dalam pembelajaran dapat mengganggu tercapainya tujuan pembelajaran, sehingga dibutuhkan identifikasi sebagai langkah awal sebelum dilakukan tindak lanjut berupa pencegahan dan pemberian solusi untuk setiap permasalahan yang ada. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengidentifikasi apa saja permasalahan pembelajaran biologi yang dihadapi siswa khususnya pada materi Archaebacteria dan Eubacteria. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni guru dan siswa kelas X SMA. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dalam bentuk deskripsi berdasarkan temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat permasalahan utama yang dialami oleh siswa kelas X dalam pembelajaran biologi, diantaranya adalah siswa mengalami kesulitan memahami materi biologi, kurangnya fokus dan konsentrasi belajar siswa, adanya ketidaksesuaian pemahaman konsep dan jenis tes evaluasi yang digunakan guru. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa masih terdapat banyak kendala yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran biologi, sehingga hal tersebut membutuhkan perhatian kusus guna meningkatkan hasil belajar serta kualitas belajar siswa.
References
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369. DOI: https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369
Agustami, R. P., Wiyanto, W., & Alimah, S. (2017). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Terpadu Serta Implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1). https://doi.org/10.15294/JISE.V6I1.17069.
Aisyiyah, A. T. P., & Amrizal, A. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i4.20856. DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i4.20856
Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, E. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga Dalam Pembelajaran Multiple Representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2). https://doi.org/10.15294/jipk.v12i2.15735.
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.138
Aqil, D. I. (2017). Literasi Sains Sebagai Konsep Pembelajaran Buku Ajar Biologi di Sekolah. Wacana Didaktika, 5(02), 160–171. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.02.160-171. DOI: https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.02.160-171
Arianti. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika, 11(1), 41. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161. DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161
Aripin, I. (2018). Potensi Keunggulan Lokal Kabupaten Majalengka dan Pemanfaatannya Pada Pembelajaran Biologi. Bio Educatio, 3(1), 279489. https://core.ac.uk/download/pdf/228883838.pdf.
Arjaya, I. B. A. (2019). Penerapan Authentic Assessment Berbasis E-Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 8(2), 156–166. https://doi.org/10.36733/jsp.v8i2.174. DOI: https://doi.org/10.36733/jsp.v8i2.174
Efriani, N., Zulyusri, Z., Rahmi, Y. L., & Sumarmin, R. (2019). Identification Of Students Of Misconception Junior High School Class VII Sutera On The Topic Photosintesis Using Two Tier Diagnostic Test. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 4(2), 29. https://doi.org/10.24036/apb.v4i2.5763. DOI: https://doi.org/10.24036/apb.v4i2.5763
Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di SDN Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4828. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790
Gumilar, M. ramdan, & Sustri, D. (2021). Upaya Perbaikan Miskonsepsi yang Terjadi pada Siswa Tentang Konsep Virus. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1062–1069. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.206. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.206
Hanifa, N. I., Akbar, B., Abdullah, S., & Susilo. (2018). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X IPA pada Materi Perubahan Lingkungan dan Faktor yang Mempengaruhinya. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 121–128. https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1895.
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip.
Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628. DOI: https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628
Khairinal, K., Syuhada, S., & Alawyah, W. W. (2021). Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Bimbingan Belajar Dan Tingkat Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Ferdy Ferry Putra Jambi Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.581. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.276
Khoirudin, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Scientific Approach Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 33. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1403. DOI: https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1403
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Kurniasih, N., & Haka, N. B. (2017). Penggunaan Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice Untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Archaebacteria Dan Eubacteria. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 114–127. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1270. DOI: https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1270
Lailatul, N. R., Qodriyah, D. A., Rokhim, H. R., & Widarti, H. H. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Malang Pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2). https://doi.org/10.15294/jipk.v14i2.24293.
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112.
Mahmuda, Tindangen, M., & Lumowa, S. (2018). Analisis Permasalahan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP terkait Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 200–203. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10517.
Mardiani, M., & Sylvia, I. (2019). Pengembangan Tes Diagnostik Pilihan Objektif Tiga Tingkat Guna Mendeteksi Miskonsepsi Ciri-Ciri Sosiologi. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 69–79. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.1. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.1
Maryana, W., Rahmawati, L., & Malaya, K. A. (2021). Penggunaan Permainan Puzzle Carakan Dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Di Sekolah Dasar. JURNAL Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 173–186. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16157. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16157
Mentari, L., Suardana, I. N., & Subagia, I. W. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Pada Pembelajaran Kimia Untuk Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpk.v1i1.3975.
Mufidah, A., Sulasteri, S., Majid, A. F., & Mattoliang, L. A. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Aljabar Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer. Al Asma : Journal of Islamic Education, 1(1), 42. https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11247. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11247
Noviati, wiwi. (2020). Kesulitan Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Biologi di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 7–11. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.258. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.258
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769. DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1). https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Puspita, L., Yetri, Y., & Novianti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Metakognisi Dan Afektif Pada Konsep Sistem Sirkulasi Kelas XI IPA Di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 78–90. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1265. DOI: https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1265
Putri, E. S., & Rinaningsih, R. (2021). Review: Tes Diagnostik Sebagai Tes Formatif Dalam Pembelajaran Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 20–27. https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p20-27. DOI: https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p20-27
Qadri, L. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Discoveri Learning untuk Memudahkan Siswa Memahami Materi Archabacteria dan Eukabacteria. Jurnal Kinerja Kependidikan, 2(1), 76–100. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/JKK/article/view/1823/1451.
Qurrota, Harjito, H., & Nuswowati, M. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Multiple Choice Berbantuan CRI (Certainty Of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1). https://doi.org/10.15294/jipk.v12i1.13302.
Rahimawati, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Konsep Invertebrata Melalui Media Pembelajaran Interaktif Pada Siswa Kelas X IPA Di SMA Negeri 4 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Serambi Konstruktivis, 1(1). https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v1i1.1107.
Rahmadani, W., Harahap, F., & Gultom, T. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SMA Negeri Se-Kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2). https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6546. DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6546
Rahmayani, E., Hindriana, A. F., & Arip, A. G. (2020). Analisis Hakikat Sains Siswa Melalui Praktikum Uji Potensi Bakteri Penghasil Hormon Iaa Berbantu Lks Berbasis Diagram Vee. Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 7(2), 79. https://doi.org/10.25134/edubiologica.v7i2.2996. DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v7i2.2996
Resbiantoro, G., & Nugraha, A. W. (2017). Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Dasar Gaya Dan Gerak Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2). https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.80-87.
Rezeqi, S., Brata, W. W. W., Handayani, D., & Gani, A. R. F. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Taksonomi Organisme Tingkat Rendah Terhadap Capaian Pembelajaran Berbasis KKNI. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.17697. DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.17697
Santosa, T. A., & Marina, E. (2020). Analisis Masalah Pendidikan Biologi Pada Sekolah Menengah Pertama Di Era Pandemi Covid -19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 273–278. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1278. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1278
Setiawan, A. R. (2019). Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Thabiea : Journal Of Natural Science Teaching, 2(2). https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345. DOI: https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345
Setiawan, Daryanto. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474. DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474
Setiawan, Doni, Cahyono, E., & Kurniawan, C. (2017). Identifikasi dan Analisis Miskonsepsi pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier. Journal Inovatife Science Education, 6(2). https://doi.org/10.15294/JISE.V6I2.15580.
Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468
Sobron, Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dan Enterpreneurship, 1–5. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204.
Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206
Suryanti, E., Fitriani, A., Redjeki, S., & Riandi, R. (2019). Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Biologi Molekuler Berstrategi Modified Free Inquiry. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 37–47. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3990 DOI: https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3990
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Tamba, Y. R., Napitupulu, M. A., & Sidabukke, M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Hewan Invertebrata Di Kelas X. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.11321. DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.11321
Tammu, R. M. (2018). Keterkaitan Metode dan Media Bervariasi dengan Minat Siswa dalam Pembelajaran Biologi Tingkat SMP. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 134. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p134-142. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p134-142
Taopan, Y. F., Oedjoe, M. R., & Sogen, A. N. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Moral Remaja di SMA Negeri 3 Kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 61. https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1395. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1395
Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah, A. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1398. DOI: https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1398
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530. DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
Yuniarti, E., Bahar, A., & Elvinawati, E. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Konsep Redoks Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Alotrop, 4(1). https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13714. DOI: https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13714
Yusup, I. R. (2018). Kesulitan Guru Pada Pembelaran Biologi Tingkat Madrasah/Sekolah Di Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus wilayah Priangan Timur). Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 34–42. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3187. DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3187
Zuhroti, B., Marfu’ah, S., & Ibnu, M. S. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikrokopik Dan Simbolik Siswa Pada Materi Asam-Basa. J-Pek (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(2), 44–49. https://doi.org/10.17977/um026v3i22018p044. DOI: https://doi.org/10.17977/um026v3i22018p044
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)