Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA?

Authors

  • Nurul Azizah Universita Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Heffi Alberida Universita Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073

Keywords:

Masalah Pembelajaran, Biologi, Archaebacteria, Eubacteria

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran dapat mengganggu tercapainya tujuan pembelajaran, sehingga dibutuhkan identifikasi sebagai langkah awal sebelum dilakukan tindak lanjut berupa pencegahan dan pemberian solusi untuk setiap permasalahan yang ada. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengidentifikasi apa saja permasalahan pembelajaran biologi yang dihadapi siswa khususnya pada materi Archaebacteria dan Eubacteria. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni guru dan siswa kelas X SMA. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dalam bentuk deskripsi berdasarkan temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat permasalahan utama yang dialami oleh siswa kelas X dalam pembelajaran biologi, diantaranya adalah siswa mengalami kesulitan memahami materi biologi, kurangnya fokus dan konsentrasi belajar siswa,  adanya ketidaksesuaian pemahaman konsep dan jenis tes evaluasi yang digunakan guru. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa masih terdapat banyak kendala yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran biologi, sehingga hal tersebut membutuhkan perhatian kusus guna meningkatkan hasil belajar serta kualitas belajar siswa.

Author Biographies

Nurul Azizah, Universita Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia

Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA

Heffi Alberida, Universita Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia

Staf Pengajar Jurusan Biologi, FMIPA

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369. DOI: https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Agustami, R. P., Wiyanto, W., & Alimah, S. (2017). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Terpadu Serta Implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1). https://doi.org/10.15294/JISE.V6I1.17069.

Aisyiyah, A. T. P., & Amrizal, A. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i4.20856. DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i4.20856

Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, E. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga Dalam Pembelajaran Multiple Representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2). https://doi.org/10.15294/jipk.v12i2.15735.

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.138

Aqil, D. I. (2017). Literasi Sains Sebagai Konsep Pembelajaran Buku Ajar Biologi di Sekolah. Wacana Didaktika, 5(02), 160–171. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.02.160-171. DOI: https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.02.160-171

Arianti. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika, 11(1), 41. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161. DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161

Aripin, I. (2018). Potensi Keunggulan Lokal Kabupaten Majalengka dan Pemanfaatannya Pada Pembelajaran Biologi. Bio Educatio, 3(1), 279489. https://core.ac.uk/download/pdf/228883838.pdf.

Arjaya, I. B. A. (2019). Penerapan Authentic Assessment Berbasis E-Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 8(2), 156–166. https://doi.org/10.36733/jsp.v8i2.174. DOI: https://doi.org/10.36733/jsp.v8i2.174

Efriani, N., Zulyusri, Z., Rahmi, Y. L., & Sumarmin, R. (2019). Identification Of Students Of Misconception Junior High School Class VII Sutera On The Topic Photosintesis Using Two Tier Diagnostic Test. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 4(2), 29. https://doi.org/10.24036/apb.v4i2.5763. DOI: https://doi.org/10.24036/apb.v4i2.5763

Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di SDN Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4828. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790

Gumilar, M. ramdan, & Sustri, D. (2021). Upaya Perbaikan Miskonsepsi yang Terjadi pada Siswa Tentang Konsep Virus. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1062–1069. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.206. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.206

Hanifa, N. I., Akbar, B., Abdullah, S., & Susilo. (2018). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X IPA pada Materi Perubahan Lingkungan dan Faktor yang Mempengaruhinya. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 121–128. https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1895.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip.

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628. DOI: https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628

Khairinal, K., Syuhada, S., & Alawyah, W. W. (2021). Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Bimbingan Belajar Dan Tingkat Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Ferdy Ferry Putra Jambi Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.581. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.276

Khoirudin, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Scientific Approach Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 33. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1403. DOI: https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1403

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Kurniasih, N., & Haka, N. B. (2017). Penggunaan Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice Untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Archaebacteria Dan Eubacteria. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 114–127. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1270. DOI: https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1270

Lailatul, N. R., Qodriyah, D. A., Rokhim, H. R., & Widarti, H. H. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Malang Pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2). https://doi.org/10.15294/jipk.v14i2.24293.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112.

Mahmuda, Tindangen, M., & Lumowa, S. (2018). Analisis Permasalahan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP terkait Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 200–203. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10517.

Mardiani, M., & Sylvia, I. (2019). Pengembangan Tes Diagnostik Pilihan Objektif Tiga Tingkat Guna Mendeteksi Miskonsepsi Ciri-Ciri Sosiologi. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 69–79. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.1. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.1

Maryana, W., Rahmawati, L., & Malaya, K. A. (2021). Penggunaan Permainan Puzzle Carakan Dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Di Sekolah Dasar. JURNAL Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 173–186. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16157. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16157

Mentari, L., Suardana, I. N., & Subagia, I. W. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Pada Pembelajaran Kimia Untuk Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpk.v1i1.3975.

Mufidah, A., Sulasteri, S., Majid, A. F., & Mattoliang, L. A. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Aljabar Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer. Al Asma : Journal of Islamic Education, 1(1), 42. https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11247. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11247

Noviati, wiwi. (2020). Kesulitan Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Biologi di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 7–11. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.258. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.258

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769. DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1). https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

Puspita, L., Yetri, Y., & Novianti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Metakognisi Dan Afektif Pada Konsep Sistem Sirkulasi Kelas XI IPA Di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 78–90. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1265. DOI: https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1265

Putri, E. S., & Rinaningsih, R. (2021). Review: Tes Diagnostik Sebagai Tes Formatif Dalam Pembelajaran Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 20–27. https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p20-27. DOI: https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p20-27

Qadri, L. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Discoveri Learning untuk Memudahkan Siswa Memahami Materi Archabacteria dan Eukabacteria. Jurnal Kinerja Kependidikan, 2(1), 76–100. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/JKK/article/view/1823/1451.

Qurrota, Harjito, H., & Nuswowati, M. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Multiple Choice Berbantuan CRI (Certainty Of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1). https://doi.org/10.15294/jipk.v12i1.13302.

Rahimawati, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Konsep Invertebrata Melalui Media Pembelajaran Interaktif Pada Siswa Kelas X IPA Di SMA Negeri 4 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Serambi Konstruktivis, 1(1). https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v1i1.1107.

Rahmadani, W., Harahap, F., & Gultom, T. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SMA Negeri Se-Kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2). https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6546. DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6546

Rahmayani, E., Hindriana, A. F., & Arip, A. G. (2020). Analisis Hakikat Sains Siswa Melalui Praktikum Uji Potensi Bakteri Penghasil Hormon Iaa Berbantu Lks Berbasis Diagram Vee. Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 7(2), 79. https://doi.org/10.25134/edubiologica.v7i2.2996. DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v7i2.2996

Resbiantoro, G., & Nugraha, A. W. (2017). Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Dasar Gaya Dan Gerak Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2). https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.80-87.

Rezeqi, S., Brata, W. W. W., Handayani, D., & Gani, A. R. F. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Taksonomi Organisme Tingkat Rendah Terhadap Capaian Pembelajaran Berbasis KKNI. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.17697. DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.17697

Santosa, T. A., & Marina, E. (2020). Analisis Masalah Pendidikan Biologi Pada Sekolah Menengah Pertama Di Era Pandemi Covid -19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 273–278. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1278. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1278

Setiawan, A. R. (2019). Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Thabiea : Journal Of Natural Science Teaching, 2(2). https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345. DOI: https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345

Setiawan, Daryanto. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474. DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Setiawan, Doni, Cahyono, E., & Kurniawan, C. (2017). Identifikasi dan Analisis Miskonsepsi pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier. Journal Inovatife Science Education, 6(2). https://doi.org/10.15294/JISE.V6I2.15580.

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468

Sobron, Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dan Enterpreneurship, 1–5. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204.

Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206

Suryanti, E., Fitriani, A., Redjeki, S., & Riandi, R. (2019). Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Biologi Molekuler Berstrategi Modified Free Inquiry. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 37–47. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3990 DOI: https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3990

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Tamba, Y. R., Napitupulu, M. A., & Sidabukke, M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Hewan Invertebrata Di Kelas X. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.11321. DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.11321

Tammu, R. M. (2018). Keterkaitan Metode dan Media Bervariasi dengan Minat Siswa dalam Pembelajaran Biologi Tingkat SMP. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 134. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p134-142. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p134-142

Taopan, Y. F., Oedjoe, M. R., & Sogen, A. N. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Moral Remaja di SMA Negeri 3 Kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 61. https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1395. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1395

Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah, A. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1398. DOI: https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1398

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530. DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530

Yuniarti, E., Bahar, A., & Elvinawati, E. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Konsep Redoks Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Alotrop, 4(1). https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13714. DOI: https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13714

Yusup, I. R. (2018). Kesulitan Guru Pada Pembelaran Biologi Tingkat Madrasah/Sekolah Di Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus wilayah Priangan Timur). Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 34–42. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3187. DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3187

Zuhroti, B., Marfu’ah, S., & Ibnu, M. S. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikrokopik Dan Simbolik Siswa Pada Materi Asam-Basa. J-Pek (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(2), 44–49. https://doi.org/10.17977/um026v3i22018p044. DOI: https://doi.org/10.17977/um026v3i22018p044

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA?. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 388–395. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073

Issue

Section

Articles