Model Pembelajaran Totally Physical Response Meningkatkan Prestasi Belajar Speaking Dalam Bahasa Inggris Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38192Keywords:
Speaking, Totally Physical Response, Prestasi BelajarAbstract
Prestasi belajar siswa dalam speaking Bahasa Inggris tergolong rendah dikarenakan pembelajaran Bahasa Inggris dilakukan monoton dengan terpusat pada guru sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Totally Physical Response terhadap prestasi belajar speaking dalam Bahasa Inggris siswa SMK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI berjumlah 35 orang. Data dikumpulkan dengan tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil belajar dan observasi aktivitas siswa dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari persentase observasi aktivitas siswa dan persentase ketuntasan belajar siswa. Data diambil dari tiga kegiatan yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan pada pra penelitian tindakan nilai speaking siswa 63,14 dan meningkat sedikit menjadi 68,4 pada siklus I, kemudian menjadi 71,86 pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 75,14 pada siklus III. Jumlah siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan, pada pra pelaksanaan penelitian hanya 15 siswa (42,86%) siswa tuntas belajar, pada siklus I meningkat sedikit menjadi 20 siswa (57,14%) tuntas belajar, pada siklus II meningkat pesat menjadi 26 siswa (74,29%) tuntas belajar, dan pada siklus III mencapai 30 siswa (85,71%) tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Totally Physical Response terhadap prestasi belajar speaking dalam Bahasa Inggris siswa SMK.
References
Anggraeni, A., & Rachmijati, C. (2017). Aplikasi Pemahaman Lintas Budaya (Crosscultural Understanding) Dalam Pembelajaran Speaking Untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara (Speaking Anxiety) Pada Mahasiswa Semester 2 Program Studi Bahasa Inggris Stkip Siliwangi. P2M STKIP Siliwangi, 4(2), 32. https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2p32-39.639. DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2p32-39.639
Ardiansyah, W., & Djohar, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi pada Mahasiswa Politeknik di Palembang). Ta’dib : Journal of Islamic Education, 17(02), 161–170. https://doi.org/10.19109/tjie.v17i02.30.
Arianti, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Totally Physical Response (Tpr) Untuk Meningkatkan Hasilbelajar Bahasa Inggris Pada Pokok Bahasan Discussion Text Untuk Siswa Kelas Xii Ips 2 Sma Negeri 1 Salo. Perspektif Ilmu Pendidikan, IX(1). https://doi.org/10.25299/perspektif.2018.vol9(1).1415. DOI: https://doi.org/10.25299/perspektif.2018.vol9(1).1415
Astuti, E. S. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Speaking Performance Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 25(2), 27–33. https://doi.org/10.33503/paradigma.v25i2.543. DOI: https://doi.org/10.33503/paradigma.v25i2.543
Göbel, K., & Helmke, A. (2010). Intercultural learning in English as foreign language instruction: The importance of teachers’ intercultural experience and the usefulness of precise instructional directives. Teaching and Teacher Education, 26(8), 1571–1582. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.05.008. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.05.008
Harjali, H. (2012). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris pada Sekolah Menengah Kejuruan. Dinamika Ilmu, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21093/di.v12i2.29.
Hartati, U. T. (2021). Peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia menggunakan metode pembelajaran cooperative : problem based learning (PBL) pada siswa kelas XI TKR 1 semester gasal SMK Negeri 4 Kendal tahun pelajaran 2017 / 2018. 6, 150–165.
Hizati, A., Ramadhan, syahrul, & Arief, E. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Padang. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 183–190. https://doi.org/10.31227/osf.io/mh6e3. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/mh6e3
Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10599. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10599
Kurniasih, K., Rahmati, N. A., Umamah, A., & Widowati, D. R. (2019). English Conversation Class (ECC) Untuk Menciptakan English Environment Di SMA Islam Nusantara (SMAINUS). JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 161. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2571. DOI: https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2571
Neriasari, D. P., & Ismawati, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Prestasi Belajar Menulis Eksplanasi Belajar Siswa ( Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri Pacitan ). Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2). http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1024. DOI: https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1024
Ningsih, L. R., & Fatimah, S. (2020). An Analysis of Speaking Anxiety Experienced by Tourism and Hospitality Department Students of SMKN 6 Padang. Journal of English Language Teaching, 9(1). https://doi.org/10.24036/jelt.v9i1.108174.
Nuraeni, C. (2019). Promoting Vocabulary Using Total Physical Response (Tpr) Method On Early Childhood English Language Teaching. Jurnal Penelitian Humaniora, 20(02), 67–79. https://doi.org/10.23917/humaniora.v20i2.7144. DOI: https://doi.org/10.23917/humaniora.v20i2.7144
Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi Di Kelas Lima Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292
Rohman, A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Pokok Bahasan Explanation Text. Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4(2). http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10122.
Sariyati, I. (2013). The Effectiveness of TPR (Total Physical Response) Method in English Vocabulary Mastery of Elementary School Children. PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 3(1 April), 50-64–64. https://doi.org/10.14710/parole.v3i1April.4458.
Sidik, A. S., Keguruan, F., & Huda, U. Q. (2019). Improving Reading Comprehension Of The Second Grade Students By Using Graphic Organizer. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(2), 47–52. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v6i2.523. DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v6i2.523
Simbolon, N. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Kemampuan Verbal Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sma Negeri 14 Dan 21 Medan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 225–235. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2149. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2149
Surjono, H. D., & Susila, H. R. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran bahasa inggris untuk SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1576. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1576
Suryantini, N., Cahyono, B. E. H., & Ricahyono, S. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Sugestopedia Dan Total Physical Response (Tpr) Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Siswa Paud. Widyabastra Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/9713. DOI: https://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i1.9713
Susilo, H. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Dan Media Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 218–232.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)