Model Pembelajaran Totally Physical Response Meningkatkan Prestasi Belajar Speaking Dalam Bahasa Inggris Siswa SMK

Authors

  • Iam Malik SMK Negeri 5 Kota Ternate

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38192

Keywords:

Speaking, Totally Physical Response, Prestasi Belajar

Abstract

Prestasi belajar siswa dalam speaking Bahasa Inggris tergolong rendah dikarenakan pembelajaran Bahasa Inggris dilakukan monoton dengan terpusat pada guru sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Totally Physical Response terhadap prestasi belajar speaking dalam Bahasa Inggris siswa SMK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI berjumlah 35 orang. Data dikumpulkan dengan tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil belajar dan observasi aktivitas siswa dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari persentase observasi aktivitas siswa dan persentase ketuntasan belajar siswa. Data diambil dari tiga kegiatan yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan pada pra penelitian tindakan nilai speaking siswa 63,14 dan meningkat sedikit menjadi 68,4 pada siklus I, kemudian menjadi 71,86 pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 75,14 pada siklus III. Jumlah siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan, pada pra pelaksanaan penelitian hanya 15 siswa (42,86%) siswa tuntas belajar, pada siklus I meningkat sedikit menjadi 20 siswa (57,14%) tuntas belajar, pada siklus II meningkat pesat menjadi 26 siswa (74,29%) tuntas belajar, dan pada siklus III mencapai 30 siswa (85,71%) tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Totally Physical Response terhadap prestasi belajar speaking dalam Bahasa Inggris siswa SMK.

References

Anggraeni, A., & Rachmijati, C. (2017). Aplikasi Pemahaman Lintas Budaya (Crosscultural Understanding) Dalam Pembelajaran Speaking Untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara (Speaking Anxiety) Pada Mahasiswa Semester 2 Program Studi Bahasa Inggris Stkip Siliwangi. P2M STKIP Siliwangi, 4(2), 32. https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2p32-39.639.

Ardiansyah, W., & Djohar, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi pada Mahasiswa Politeknik di Palembang). Ta’dib : Journal of Islamic Education, 17(02), 161–170. https://doi.org/10.19109/tjie.v17i02.30.

Arianti, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Totally Physical Response (Tpr) Untuk Meningkatkan Hasilbelajar Bahasa Inggris Pada Pokok Bahasan Discussion Text Untuk Siswa Kelas Xii Ips 2 Sma Negeri 1 Salo. Perspektif Ilmu Pendidikan, IX(1). https://doi.org/10.25299/perspektif.2018.vol9(1).1415.

Astuti, E. S. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Speaking Performance Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 25(2), 27–33. https://doi.org/10.33503/paradigma.v25i2.543.

Göbel, K., & Helmke, A. (2010). Intercultural learning in English as foreign language instruction: The importance of teachers’ intercultural experience and the usefulness of precise instructional directives. Teaching and Teacher Education, 26(8), 1571–1582. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.05.008.

Harjali, H. (2012). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris pada Sekolah Menengah Kejuruan. Dinamika Ilmu, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21093/di.v12i2.29.

Hartati, U. T. (2021). Peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia menggunakan metode pembelajaran cooperative : problem based learning (PBL) pada siswa kelas XI TKR 1 semester gasal SMK Negeri 4 Kendal tahun pelajaran 2017 / 2018. 6, 150–165.

Hizati, A., Ramadhan, syahrul, & Arief, E. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Padang. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 183–190. https://doi.org/10.31227/osf.io/mh6e3.

Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10599.

Kurniasih, K., Rahmati, N. A., Umamah, A., & Widowati, D. R. (2019). English Conversation Class (ECC) Untuk Menciptakan English Environment Di SMA Islam Nusantara (SMAINUS). JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 161. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2571.

Neriasari, D. P., & Ismawati, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Prestasi Belajar Menulis Eksplanasi Belajar Siswa ( Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri Pacitan ). Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2). http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1024.

Ningsih, L. R., & Fatimah, S. (2020). An Analysis of Speaking Anxiety Experienced by Tourism and Hospitality Department Students of SMKN 6 Padang. Journal of English Language Teaching, 9(1). https://doi.org/10.24036/jelt.v9i1.108174.

Nuraeni, C. (2019). Promoting Vocabulary Using Total Physical Response (Tpr) Method On Early Childhood English Language Teaching. Jurnal Penelitian Humaniora, 20(02), 67–79. https://doi.org/10.23917/humaniora.v20i2.7144.

Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi Di Kelas Lima Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292.

Rohman, A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Pokok Bahasan Explanation Text. Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4(2). http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10122.

Sariyati, I. (2013). The Effectiveness of TPR (Total Physical Response) Method in English Vocabulary Mastery of Elementary School Children. PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 3(1 April), 50-64–64. https://doi.org/10.14710/parole.v3i1April.4458.

Sidik, A. S., Keguruan, F., & Huda, U. Q. (2019). Improving Reading Comprehension Of The Second Grade Students By Using Graphic Organizer. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(2), 47–52. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v6i2.523.

Simbolon, N. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Kemampuan Verbal Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sma Negeri 14 Dan 21 Medan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 225–235. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2149.

Surjono, H. D., & Susila, H. R. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran bahasa inggris untuk SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1576.

Suryantini, N., Cahyono, B. E. H., & Ricahyono, S. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Sugestopedia Dan Total Physical Response (Tpr) Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Siswa Paud. Widyabastra Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/9713.

Susilo, H. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Dan Media Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 218–232.

Downloads

Published

2021-08-05

How to Cite

Malik, I. (2021). Model Pembelajaran Totally Physical Response Meningkatkan Prestasi Belajar Speaking Dalam Bahasa Inggris Siswa SMK. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 183–188. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38192

Issue

Section

Articles