Eksplorasi Respon Siswa terhadap Buku Cerita dalam Gerakan Literasi Sekolah

Authors

  • Ika Tri Yunianika Universitas Terbuka
  • Suratinah Suratinah Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.39760

Keywords:

literasi, siswa, tanggapan

Abstract

Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) memiliki berbagai kendala seperti terbatasnya pengetahuan guru terhadap variasi kegiatan tindak lanjut setelah kegiatan 15 menit membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pelaksanaan GLS. Lebih khusus, penelitian ini bermaksud mengeksplorasii kegiatan GLS pada tahap pengembangan, menganalisis jenis respon siswa terhadap buku bacaan dan penilaian guru terhadap respon tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan observasi dan interview. Hasil penelitian menyatakan bahwa kegiatan GLS telah dilaksanakan di sekolah ini jauh sebelum dicanangkannya GLS oleh pemerintah. Selanjutnya, kegiatan literasi diwujudkan dalam sesi membaca yang secara resmi dijadwalkan dalam jadwal pelajaran. Respon terhadap buku yang dibaca dilakukan siswa dalam berbagai bentuk. Siswa diwajibkan membuat suatu proyek tertulis sebagai respon terhadap buku yang dibacanya. Selain itu, respon juga dapat berbentuk lisan seperti berbagi isi buku. Respon yang dibuat siswa dinilai oleh guru sebagai bagian dari mata pelajaran bahasa (Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris). Untuk meningkatkan kesuksesan pelaksanaan kegiatan GLS, diperlukan pengadaan buku bacaan untuk tingkat remaja karena buku merupakan faktor utama pendukung kegiatan GLS. Oleh karena itu, bukan saja jumlah buku yang harus banyak, namun juga genre yang beragam sangat diperlukan agar siswa mendapat berbagai pengalaman membaca. Selain itu, variasi kegiatan literasi perlu ditambahkan seperti penggunaan multimodal reading responses dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini.  Selanjutnya, melihat dari kondisi sekolah yang sangat mendukung, kiranya kegiatan GLS dapat diterapkan di semua mata pelajaran sehingga GLS di sekolah ini  dapat mencapai tahap Pembelajaran.

References

Afflerbach, P., Cho, B.-Y., & Kim, J.-Y. (2015). Conceptualizing and Assessing Higher-Order Thinking in Reading. Theory into Practice, 54(3), 203–212. https://doi.org/10.1080/00405841.2015.1044367. DOI: https://doi.org/10.1080/00405841.2015.1044367

Al-Mutmainnah, W., Pantiwati, Y., & Purwanti, E. (2017). Analisis Penerapan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) di SMP Negeri 1 Batu. Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017 “Biologi, Pembelajaran, Dan Lingkungan Hidup Perspektif Interdisipliner,” April, 180–192. http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/view/980.

Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. LIBRIA, 9(1). https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/1680.

Arbarini, M., Jutmini, S., Djoyoatmojo, S., & Sutarno, S. (2015). Implementation of Functional Literacy Education by Participatory Learning as Effort of Lifelong Learning. Proceeding of the International Conference on Teacher Training and Education, 734–745. https://jurnal.uns.ac.id/ictte/article/view/7630.

Arini, N. W., Dibia, I. K., & Bayu, I. G. (2020). School Literacy Movement Enhancing Students’ Writing Skills and Creative Thinking Skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 546–552. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai MIAI Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2965. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965

Creswell, J. W. (2018). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Education Inc.

Damayanti, L., Nitiasih, P. ., & Santosa, M. . (2019). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SMP di Kecamatan Tejakula serta Hambatan yang Dihadapi. Konferensi Nasional Guru Dan Inovasi Pendidikan, July.

Fitriana, R. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Kebon Dalem Kota Semarang (Vol. 1). Universitas Negeri Semarang.

Fletcher, J., Greenwood, J., Grimley, M., & Parkhill, F. (2011). Raising Literacy Achievement in Reading: How Principals of 10-to 12-Year-Old Students Are Making This Happen. International Journal of Leadership in Education: Theory and Practice, 14(1), 61–83. https://doi.org/10.1080/13603124.2010.496873. DOI: https://doi.org/10.1080/13603124.2010.496873

Forster, M., & Masters, G. (1996). Portfolios Assessment Resource Kit. The Australian Council for Educational Research Ltd.

Hadi, S. (2004). Metodologi Research. Andi Offset.

Hidayah, L., & Widodo, G. S. (2020). Gerakan Literasi Sekolah dan Lingkungan Kaya Teks di Sekolah. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4289. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4289

IEA. (2012). PIRLS 2011 International Results in Reading. In TIMSS & PIRLS International Study Center. https://doi.org/10.1097/01.tp.0000399132.51747.71. DOI: https://doi.org/10.1097/01.tp.0000399132.51747.71

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi Mea. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula, 640–647. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282.

Kemdikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menegah Pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 57. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254

Laili, M., Noviyanti, M., & Christanti, A. (2018). Potret Gerakan Literasi Sekolah di SMPN I Taman Sidoarjo. Sosio Edu Sains 2018, 396, 61–68.

Lee, H.-C. (2013). An Examination of ESL Taiwanese University Students’ Multimodal Reading Responses. Literacy Research and Instruction, 52(3), 192–203. https://doi.org/10.1080/19388071.2013.774449. DOI: https://doi.org/10.1080/19388071.2013.774449

Lorenzo, G., & Ittelson, J. (2005). An Overview of E-Portfolios. Educase Learning Initiative, 1(July).

Mahardika, B. (2018). Penerapan Metode Penilaian Berbasis Portofolio dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 33–46. https://core.ac.uk/download/pdf/235260379.pdf. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1030

Namaziandost, E., Alekasir, S., Hassan Mohammed Sawalmeh, M., & Miftah, M. Z. (2020). Investigating the Iranian EFL Learners’ Attitudes towards the implementation of e-portfolios in English learning and assessment. Cogent Education, 7(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1856764. DOI: https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1856764

Nawawi, H. (1993). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press.

Ningrum, C. H. (2018). The Use of Reader-Response Theory to Teach Reading Narrrative Text for Tenth Graders of Senior High School. Retain: Research on English Language Teaching in Indonesia, 06(01), 95–103. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/23445.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I ) What Students Know and Can Do. OECD Publishing.

Pasaribu, T. A., & Iswandari, Y. A. (2019). A Reader Response Approach in Collaborative Reading Projects to Foster Critical Thinking Skills. A Journal on Language and Language Teaching, 22(1), 46–57. https://doi.org/10.24071/llt.2019.220208. DOI: https://doi.org/10.24071/llt.v22i2.1960

Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 24–30. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4703.

Setiawan, H., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 874–882. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Shin, J. (2019). Journey to the Unexplored World: an English Learner’s L2 Reader-Response Journals. Pedagogies: An International Journal, 14(3), 173–190. https://doi.org/10.1080/1554480X.2019.1625268. DOI: https://doi.org/10.1080/1554480X.2019.1625268

Silvia, O. W., & Djuanda, D. (2017). Model Literature Based dalam Program Gerakan Literasi Sekolah. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i2.7799. DOI: https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i2.7799

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistiyarini, A., Sukarno, & Triyanto. (2021). School Literacy Movement (SLM) as a Solution to Increase Reading Interest of Indonesian Students. Elementary Education Online, 20(1), 1324–1334. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.127. DOI: https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.127

Syawaluddin, A., & Nurhaedah. (2017). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. International Journal of Elementary Education. International Journal of Elementary Education, 1(4), 238–243. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12964. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12964

Wahyuni, P. D., Djatmika, E. T., & As’sari, A. R. (2018). Pengaruh Full Day School dan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar dengan Mediasi Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan, 3(5), 679–684. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.11096.

Widayoko, A., H. Koes, S., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134

Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.496 DOI: https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.496

Wirawan, N. H., Trianto, A., & Gumono. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, II(III), 300–309. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/6785. DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6785

Yunianika, I. T., & Suratinah. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 497–503. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, Oktober, 1–7.

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Yunianika, I. T., & Suratinah, S. (2021). Eksplorasi Respon Siswa terhadap Buku Cerita dalam Gerakan Literasi Sekolah. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 289–295. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.39760

Issue

Section

Articles