Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret

Authors

  • Ahmad Setyawan SMA Negeri 1 Gondang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48460

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa sekolah menengah atas disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru hanya berfokus pada penggunaan metode ceramah, sehingga siswa mudah bosan. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus penelitian terdapat 4 tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara. Adapun instrument yang digunakan yakni instrument tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif analitik dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 69,925 dengan nilai terendah  60  dan nilai tertinggi 79. Dikarenakan nilai rata-rata ketuntasan siswa adalah 70, maka penelitian dilanjutkan pada siklus II. Hasil pada siklus II menunjukkan bahwa 80,4 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 90. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat pada terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajara problem based learnig secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah menengah atas.

References

Andriani, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Gunung Malelo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 14–25. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.152. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.152

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.41

Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69. DOI: https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69

Defiyanti, & Sumarni, W. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Setelah Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 206–218. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4200. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4200

Fatma, A. N., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 5(Desember), 23–29. https://doi.org/10.30738/cjipf.v5i1.4141.

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Haryanti, S., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 077. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.6712. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.6712

Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87–97. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141. DOI: https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141

Herzamzam, D. A. (2018). Peningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Pada Siswa Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430. DOI: https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430

Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh problem-based learning (pbl) terhadap keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10446.

Husain, H., & Syaharuddin, S. (2020). Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Pendekatan Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 50–65. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.404. DOI: https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.404

Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Juliawan, G. A., Putu, L., Mahadewi, P., Rati, N. W., & Tp, J. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10881.

Larasati, A. (2020). Improving The Quality Of Learning Through Implementation Of The Problem Based Learning Model For Social Interaction. Jurnal Diklat Keagamaan, 18(1), 68–78. https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.202.

Mangelep, N. O. (2018). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431–440. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.331. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.331

Mustaffa, N., Ismail, Z., Tasir, Z., & Said, M. N. H. M. (2016). The Impacts of Implementing Problem-Based Learning (PBL) in Mathematics: A Review of Literature. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 6(12), 490–503. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v6-i12/2513. DOI: https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v6-i12/2513

Parnabhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11–14. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.154. DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.154

Putri, R. E., & Zuryanty. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Studi Pendidikan Dasar, 3(2), 2656–6702. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/36995.

Rahayu, Setyawan, Ageng, A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Kuliner Melayu Riau di Sekolah Dasar. Aksiomatik, 7(3), 18–24. https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2659.

Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon [The Effectiveness Of Mathematics Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Cilegon City]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811. DOI: https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811

Ramadhany, A., & Prihatnani, E. (2020). Pengembangan Modul Aritmerika Sosial Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 212–226. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.155. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.155

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. https://ojs.unm.ac.id/index/index.

Saputri, Y., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 935–948. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.577. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.577

Soekardjo, M., & Sugiyanta, L. (2018). Analisis Strategi Pembelajaran Matematika Kurkulum 2013 Dalam Rangka Meningkatkan Nilai Pisa Matematika. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 42–64. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.05. DOI: https://doi.org/10.21009/JKKP.051.05

Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997

Syafriana, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sdn 63 Surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7932. DOI: https://doi.org/10.24036/02017117932-0-00

Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796. DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530. DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Ahmad Setyawan. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 149–156. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48460

Issue

Section

Articles