Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48460Kata Kunci:
Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, MatematikaAbstrak
Rendahnya hasil belajar matematika siswa sekolah menengah atas disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru hanya berfokus pada penggunaan metode ceramah, sehingga siswa mudah bosan. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus penelitian terdapat 4 tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara. Adapun instrument yang digunakan yakni instrument tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif analitik dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 69,925 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 79. Dikarenakan nilai rata-rata ketuntasan siswa adalah 70, maka penelitian dilanjutkan pada siklus II. Hasil pada siklus II menunjukkan bahwa 80,4 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 90. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat pada terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajara problem based learnig secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah menengah atas.
Referensi
Andriani, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Gunung Malelo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 14–25. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.152. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.152
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.41
Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69. DOI: https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Defiyanti, & Sumarni, W. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Setelah Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 206–218. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4200. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4200
Fatma, A. N., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 5(Desember), 23–29. https://doi.org/10.30738/cjipf.v5i1.4141.
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
Haryanti, S., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 077. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.6712. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.6712
Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021
Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87–97. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141. DOI: https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141
Herzamzam, D. A. (2018). Peningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Pada Siswa Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430. DOI: https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430
Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh problem-based learning (pbl) terhadap keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10446.
Husain, H., & Syaharuddin, S. (2020). Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Pendekatan Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 50–65. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.404. DOI: https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.404
Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454
Juliawan, G. A., Putu, L., Mahadewi, P., Rati, N. W., & Tp, J. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10881.
Larasati, A. (2020). Improving The Quality Of Learning Through Implementation Of The Problem Based Learning Model For Social Interaction. Jurnal Diklat Keagamaan, 18(1), 68–78. https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.202.
Mangelep, N. O. (2018). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431–440. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.331. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.331
Mustaffa, N., Ismail, Z., Tasir, Z., & Said, M. N. H. M. (2016). The Impacts of Implementing Problem-Based Learning (PBL) in Mathematics: A Review of Literature. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 6(12), 490–503. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v6-i12/2513. DOI: https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v6-i12/2513
Parnabhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11–14. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.154. DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.154
Putri, R. E., & Zuryanty. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Studi Pendidikan Dasar, 3(2), 2656–6702. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/36995.
Rahayu, Setyawan, Ageng, A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Kuliner Melayu Riau di Sekolah Dasar. Aksiomatik, 7(3), 18–24. https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2659.
Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon [The Effectiveness Of Mathematics Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Cilegon City]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811. DOI: https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811
Ramadhany, A., & Prihatnani, E. (2020). Pengembangan Modul Aritmerika Sosial Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 212–226. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.155. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.155
Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. https://ojs.unm.ac.id/index/index.
Saputri, Y., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 935–948. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.577. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.577
Soekardjo, M., & Sugiyanta, L. (2018). Analisis Strategi Pembelajaran Matematika Kurkulum 2013 Dalam Rangka Meningkatkan Nilai Pisa Matematika. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 42–64. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.05. DOI: https://doi.org/10.21009/JKKP.051.05
Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997
Syafriana, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sdn 63 Surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7932. DOI: https://doi.org/10.24036/02017117932-0-00
Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796. DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530. DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ahmad Setyawan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)