Pengaruh Gadget pada Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 67 Pekanbaru

Authors

  • Nadia PGSD, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Febrina Dafit PGSD, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

Gadget, Minat dan Hasil Belajar

Abstract

Hampir semua siswa dikelas II sudah bisa menggunakan gadget seperti untuk bermain game, nonton video youtube dan tiktok. Hal ini membuat minat belajar siswa menjadi berkurang dan hasil belajarnya pun menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gadget pada minat belajar dan umtuk mengetahui pengaruh gadget pada hasil belajar siswa kelas II SDN 67 Pekanbaru. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendeketan metode deskripti, dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linier sederhana dan korelasi determinasi. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan bahwa gadget(X) memiliki pengaruh terhadap Minat belajar(Y1) sebesar 14,2 % Dan hasil gadget(X) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar(Y2)  sebesar 10.9 % pada Siswa kelas II  Sdn 67 Pekanbaru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah gadget berpengaruh terhadap minat belajar sebesar 14,2% dan gadget berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 10,9 % pada siswa kelas II Sdn 67 Pekanbaru

References

Abdulatif, S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1490–1493.

Achru P, Andi (2019)Pengembangan Minat Belajar dalam pembelajaran. Jurnal Idaraah. Vol. 3 No. 2

Bakar, I. P. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Tamalanrea II Makassar. Algazali International Journal Of EducationalResearch,3(1),39–46. https://journaluimmakassar.ac.id/index.php/AIJER/article/view/572

Budiningsih, Asri (2002) Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta

Chapple, C., & Cownie, F. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING, 1(2), 274–282.

Dalillah. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMA DARUSSALAM CIPUTAT. Skripsi

Dafit dkk. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Basicedu. Vol. 4 No. 1

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.

Eka Anggraini. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Serayu Publishing.

Fitriana, F., Ahmad, A., & Fitria, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5(2), 182. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i2.7898

Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2199–2205.

Karina, Rezky Meuthia (2017) Hubungan Antara Minat Belajat Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2 No.1

Khusna, Maidatul (2019). Pengaruh penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Dan Prilaku Peserta Ddidik Kelas VI MI ROUDLOTUT THOLIBIN BANJAREJO REJOTANGAN.Skripsi. Hlm (53)

Kurnianingtyas, L. Y., & Nugroho, M. A. (2012). Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akuntansi 3 Smk Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 66–77. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.922

Masturi, H., Hasanawi, A., & Hasanawi, A. (2021). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 1–208.

Nanda Ardios Pratama, Eka Agustina, Muhammad Syaiful Amri, A. B. U. (2018). Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 01(1), 4–6.

P., A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Program, D., Pendidikan, S., Sekolah, G., & Dharma, U. S. (n.d.). Buku teknik penyusunan instrumen penelitian.

Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554

Rahmawati, K. P., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh Minat Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 61. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6448

Rizky Meuthia Karina, Alfiati Syafrina, S. H. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77.

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 25. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36

Sasmito Indrian Handaru, Dkk. (2020) Pengaruh Gadget Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonimi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Plumpang. Jurnal Oportunitas Univor Tuban. Vol. 1 No. 1 Hlm 4

Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.

Siswa, P., & Dasar, S. (2017). Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 4, Desember 2017 |705. 3(4), 705–714.

Sughiarti, S. (2016). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Universitas Negeri Semarang. Skripsi

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Wulandari, J. I. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget dan Kebiasaan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Dabin VI Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Skripsi.

Zakiyah, A. F. (2016). Hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa di kelas iv sdn gugus muwardi kecamatan kaliwungu. Skripsi.

Published

2022-09-23

How to Cite

Nadia, & Febrina Dafit. (2022). Pengaruh Gadget pada Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 67 Pekanbaru. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/52531

Issue

Section

Articles