PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR DENGAN INSERSI BUDAYA LOKAL BALI TERHADAP MINAT BACA DAN SIKAP SISWA KELAS V SD KURIKULUM 2013

Authors

  • I Md. Aditya Dharma Program Studi Pendidikan Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jembrana Jembrana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan buku cerita anak berdasarkan muatan sikap dan muatan pembelajaran pada subtema Manusia dan Lingkungan kurikulum 2013, dengan menginsersi budaya lokal Bali yang relevan; serta 2) untuk mengetahui efektivitas buku cerita yang dihasilkan tersebut sebagai pendamping buku pelajaran K-13 dalam pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan prototipe tersebut melalui tiga tahapan yaitu Development, Implementatian, dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah 2 orang ahli, 2 orang guru kelas V dan 26 orang siswa kelas V Sekolah Dasar. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk minat baca dan sikap. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) buku cerita berjudul “Pesona Pantaiku Pantai Lovina” memuat sikap spiritual, sikap sosial, dan muatan pembelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP serta terdapat budaya lokal yang mendukung seperti kewajiban bersembahyang Mebanten Canang, mengucapkan salam Om Swastyastu, permainan tradisional Mecongklak dan bernyanyi Made Cenik. Berdasarkan hasil penilaian para ahli, diperoleh kualitas dan kesesuaian buku cerita “Pesona Pantaiku Pantai Lovina” tergolong sangat baik. (2) Melalui uji coba, diperoleh efektivitas penggunaan buku cerita “Pesona Pantaiku Pantai Lovina” terhadap sikap siswa sebesar 8,13 tergolong sangat efektif; terhadap minat baca siswa sebesar 5,33 tergolong sangat efektif; dan terhadap hasil belajar siswa sebesar 2,69 tergolong sangat efektif.

Kata kunci: budaya lokal Bali, buku cerita, sikap, minat baca

References

Astawa, dkk. 2015. “Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Berbasis Buku Cerita Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd Gugus III Kecamatan Abang”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha: Program Studi Pendidikan Dasar. Vol. 5 tahun 2015.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogayakarta: Penerbit Gava Media.

Ermadwicitawati, N. M. 2013. Pengembangan Materi Ajar Cerita Anak yang Mengandung Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Membaca Cerita Anak SMP Kelas VII di Singaraja. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Volume 2 Tahun 2013).

Davis, RS. 1997. Comics: a Multidimensional Teaching in Integrated-Skill Classes. Nagoyama University: Japan. (Online) diakses 16 Juni 2018, (http://www.esllab. com /research/ comics.htm)

Faizah, U. 2009. Keefektifan Cerita Bergambar untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3

Harsubenowati. 2006. Pendidikan Karakter dan Pola Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 12 (1): 30-45. Tersedia http://isjd.pdii.lipi.go.id/ [diakses 12-5-2018].

Hidi, 2001. Interest, Reading, and Learning: Theoritical and Practical Consideration. Educ. Psychol. Rev. 13.

Kemendikbud. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:Kementrian pendidikan dan Kebudayaan

Khoiruddin, A. Imam Taulabi, Ali Imron. 2016. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Di Taman Baca Masyarakat. Journal An-Nafs: Vol. 1 No. 2 Desember 2016.

Kumoro, I., 2015. Analisis urgensi metode pembelajaran bercerita bagi perkembangan empati anak di tk dharma wanita kendal tahun ajaran 2015/2016.

Lodo, N. S. A. 2017. Pengembangan Prototipe Buku Cerita Anak Berbasis Budaya Lokal Melalui Analisis Sikap dan Muatan Pembelajaran Tema Lingkungan Sehat Kita Kurikulum 2013 Kelas V Sekolah Dasar. Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Marhaeni, A. A. I. N. 2013. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Mitchell, D. 2003. Children’s Literature an Imitation to the Word. Michigan State University.

Muallifah, 2013. Storytelling sebagai metode parenting untuk pengembangan kecerdasan anak usia dini. J. Psikoislamika 10.

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Neina, Q. A. Hari Bakti Mardikantoro, Teguh Supriyanto. 2015. Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Cerita Anak Bermuatan Nilai Karakter Berdasarkan Content And Languange Integrated Learning (Clil) Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Seloka 4 (2) (2015). Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sarumpaet, R. T., 2003. Struktur Bacaan Anak, dalam “Teknik Menulis Cerita Anak”. Yogyakarta: Pink Books, Pusbuk, dan Taman Melati

Santoso, H. (2008). Membangun Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Buku Bergambar. Jurnal Artikel Pustakawan Perpustakaan UM tahun 2011.

Tarigan, H.G. 1995. Menulis: Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widiyati, E. 2013. Peningkatan Minat Dan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Buku Cerita Binatang Dan Permainan Bahasa Siswa Kelas II SD Plus Al-Anwar Pacul Gowang Jombang. Jurnal Pendidikan Humaniora, Hal 405-413 Volume 1, Nomor 4, Desember 2013. Pendidikan Dasar Ips-Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2019-04-15

How to Cite

Aditya Dharma, I. M. (2019). PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR DENGAN INSERSI BUDAYA LOKAL BALI TERHADAP MINAT BACA DAN SIKAP SISWA KELAS V SD KURIKULUM 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321

Issue

Section

Articles