PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAMPU MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Authors

  • Nana Nuryatna MTs Negeri 9 Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24251

Abstract

Guru Sekolah merupakan ujung tombak keberhasilan claim membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas, nam paknya hams benar­benar memiliki kemampuan dan sikap profesional yang tinggi, sehingga dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dalam mendidik siswanya agar berkualitas. Penelitian ini berbentuk PTS atau penelitian Tindakan sekolah dengan jumlah siklus 2 dengan obyek penelitian Guru MTs Negeri 9 Kuningan sejumlah Yakni 48 Guru. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah 1) Pada komponen perumusan indikator apersepsi dan motivasi, terlihat peningkatan dari 63,57 %, menjadi 66,78% pada siklus l dan meningkat menjadi 74,33% pada akhir kegiatan.2) Pada komponen perumusan indikator Kompetensi dan Rencana Kegiatan, terlihat peningkatan dari 65,78 % menjadi 66,34% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 76,58% pada akhir kegiatan.3) Pada komponen perumusan indikator Penguasaan Materi Pelajaran, terlihat peningkatan dari 66,56 % pada kemampuan awal, menjadi 68,45% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 81,34% pada akhir kegiatan.4) Pada komponen penunusan indikator Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik, terlihat peningkatan dari 64,35 % pada kemampuan awal, menjadi 67,56% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 75,55% pada akhir kegiatan.5) Pada komponen perumusan indikator Penerapan Pendekatan scientific, terlihat peningkatan dari 67,39 % pada kemampuan awal, menjadi 69,66% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 82,33% pada akhir kegiatan.6) Pada komponen perumusan indikator Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu, terlihat peningkatan dari 63,44% pada kemampuan awal, menjadi 66,75% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 74,67% pada akhir kegiatan.7) Pada komponen pertunusan indikator Pemanfaatan Sumber Belajar, terlihat peningkatan dari 64,32% pada kemampuan awal, menjadi 66,56% pada siklus I dan meningkat menjadi 77,89% pada akhir kegiatan.8) Pada komponen penimusan indikator Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran, terlihat peningkatan dari 67,34 % pada kemampuan awal, menjadi 68,34% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 76,59% pada akhir kegiatan.9) Pada komponen perumusan indikator Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran, terlihat peningkatan dart 63,57 % pada kemampuan awal, menjadi 66,78% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 74,33% pada akhir kegiatan.10) Pada komponen perumusan indikator Penutup pembelajaran, terlihat peningkatan dart 65,56% pada kemampuan awal, menjadi 67,34% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 74,34% pada akhir kegiatan.

Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Kompetensi Profesional Guru

References

Anonim. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pustaka Jakarta

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hendiyat Soetopo dan Wasti Soemanto (1984)Kepemimnpinan dan Supervisi, Jakarta , Bina Aksara

Natawijaya. 2002. Analisis Kebijakan dalam Konteks Desentralisasi dan Otonomi, Biro Perencanaan DEpdiknas, Jakarta

Ngalim Purwanto (2002: 119) Ngalim Purwanto .2002. Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung : Remaja Rosda Karya

Pidarta, Made, Manajemen Pendidikan Indonesia, Cet. 1, Jakarta: Bina Aksara.

PP No 74 tahun 2008 tentang Guru , Sekertariat Negara jakarta

Sudarsono, F. X, 1999,Aplikasi Tindakan kelas, Dikti

Suryo Subroto 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. (Jakarta: PT.Rineka Cipta

Syaiful, Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

UU Sistem Pendidikan Nasional no. 20

Uzer Usman 2001,Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosda Karya, Bandung

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Pres

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Nuryatna, N. (2020). PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAMPU MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24251

Issue

Section

Articles