Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbasis Tri Hita Karana Berkontribusi Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Pada Tema 7

Authors

  • I Kadek Ratnada Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Arini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.28454

Keywords:

Team Games Tournament (TGT), tri hita karana, sikap sosial, tema 7

Abstract

Kurangnya moral dan sikap sosial pada siswa sekolah dasar menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasisi Tri Hita Karana pada Tema 7 terhadap sikap sosial siswa. Jenis penelitian ini tergolong quasi experiment atau penelitian semu dengan menggunakan desain non-equivalent post test only control group design. Populasi dari penelitian ini berjumlah 180 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD berjumlah 38 siswa dan kelas V SD berjumlah 37 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Data skor sikap sosial dikumpulkan menggunakan metode nontes berupa lembar kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan rumus  uji–t. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung = 12,715 dan ttabel = 1,993 (pada taraf signifikansi 5%). Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis uji-t tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasis Tri Hita Karana sesuai untuk diterapkan karena model ini dapat melatih siswa untuk aktif dalam menyelesaikan permasalahan serta siswa juga belajar mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Hita Karana dan mengimplementasikannya dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Author Biographies

I Kadek Ratnada, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Wayan Arini, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Luh Putu Putrini Mahadewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: ADITYA MEDIA.

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047

Aziz, R., Susanti, D., & Raihanati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperaatif Tipe Tgt (Team Games Tournament) Terhadap Penguasaan Konsep Hukum Hooke Kelas Xi Mipa Sma Negeri 51 Jakarta. VIII, SNF2019-PE-337–348. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.43

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran,Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113

Darmansyah, D. (2014). Teknik Penilaian Sikap Spritual dan Sosial dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar 08 Surau Gadang Nanggalo. Al-Ta Lim Journal, 21(1), 10–17. https://doi.org/10.15548/jt.v21i1.67

Diartha, P. M. P., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. W. (2019). Pengembangan Multimedia Berorientasi Pembelajaran Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Mutiara Singaraja. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 7, 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19969

Dwi, N. M. L., Suwatra, I. I. W., & Rasana, I. D. P. R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.746

Gunarta, I. G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338

Handayani, N. P. I., Putra, I. M., & Ardana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tps (Think Pair Share) Berbantuan Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10633

Indrawan, Manuaba, & Sujana. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10632

Irviana, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Journal of EST, 2(1), 56–70. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v2i1.2041

Kartowagiran, B. (2015). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4208

Kuntoro, B. T., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520

Kusumaningrum, Parmiti, & Wibawa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4532

Kusumayani, N. K. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 55. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament. 1(1), 98–107.

Mariana. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Teaching Game Team (Tgt) Dengan Course Review Horay (Crh) Terhadap Penguasaan Konsep Sirkulasi Darah Di Kelas VIII SMPN 19 Pekanbaru. Lectura: Jurnal Pendidikan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v7i2.249

Mega, C., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631

Megawati, M., & Riastini. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2013/2014 di Gugus VII Kecamatan Sawan. MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2450

Mirhan, J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1), 115487. https://doi.org/10.21831/jorpres.v12i1.9499

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35.

Novianti, Putra, & Abadi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10807

Paramita, D. K., Garminah, & Wibawa, I. M. C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6954

Pradnyawathi, N. N., Chintya, Ngr, G., & Agustika, S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementy Education, 3(1), 89–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660

Pratiwi, K. Y., Rasana, I. D. P. R., & Pudjawan, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas Iv Sd Gugus Iv Kecamatan Tabanan. JJPGSD, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.790

Purwandari, A., & Wahyuningtyas, D. T. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas Ii Sdn Saptorenggo 02. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 163. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11717

Resmawan, I. K., Pudjawan, K., & Suarjana, I. M. (2017). Pengaruh Model Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. Jurnal PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773

Rusmiati, R., & Nugroho, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT dengan Media Pop Up Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 241. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17914

Sanjiwana, P. P. C. M., Pudjawan, & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis Sikap Sosial Siswa Kelas V pada Pembelajaran dengan Kurikulum 2013. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1), 11–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631

Setyorini, S., Sulasmono, B. S., & Koeswanti, H. D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams- Gamestournament (Tgt) Dan Metode Ekspositori Terhadap HASIL BELAJAR PKn Siswa Kelas XI Man Temanggung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Satya Widya, 29(1). https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p58-64

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Sujarwo, Samsi, & Wibawa. (2018). The Implementation Of Study Tour Learning Model To Nurture Environmental Care Behavior. Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.18784

Sumardjoko, & Musyiam. (2018). Model Of Civic Education Learningbased On The Local Wisdom For Revitalizing Values Of Pancasila. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 201–211. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/18037/pdf

Surastika, R. (2020). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDOESIA MELALUI MODEL TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT). Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(4), 90. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Suryani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara dengan Teman Sebaya Melalui BImbingan Kelompok. E-Journal Mitra Pendidikan, 01(1), 112–124.

Sutarto, S. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792

Virani, Riastini, & Suarjana. (2016). Deskripsi Sikap Sosial Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1).

Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932

Weda, I. W., Putra, G., Parmiti, D. P., & Suwatra. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7166

Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995

Yulianti, Y. (2019). Model Pembelajaran Tgt Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. 9, 37–44.

Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), 96–107. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778

Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778

Downloads

Published

2020-10-19

How to Cite

Ratnada, I. K., Arini, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbasis Tri Hita Karana Berkontribusi Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Pada Tema 7. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 370–380. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.28454

Issue

Section

Articles