Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wayang Sukuraga Terhadap Keterapilan Menulis Narasi Siswa Kelas Rendah

Authors

  • Shopa’a Aulia Nurhidayah Universitas Muhamadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Dyah Lyesnaya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhamadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Iis Nurasiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhamadiyah Sukabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48711

Keywords:

Aplikasi, Narasi, Wayang

Abstract

Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, hal ini disebabkan karena melalui kegiatan menulis seseorang akan dapat berkomunikasi dengan orang lainnya dalam bentuk Bahasa tulis. Hanya saja kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa tidak semua siswa mampu menulis dengan baik, kususnya dalam aspek menulis teks narasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi wayang sukuraga terhadap keterampilan menulis siswa sekolah dasar kususnya pada siswa kelas rendah. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian eksperimen dengan desain penelitian berupa quasi ekperimental desain. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 30 orang siswa kelas II SD, dengan 15 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan 15 orang lainnya sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode tes, dengan instrument penelitian berupa tes kemampuan menulis narasi siswa sekolah dasar. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Untuk menguji hipotesis dan data hasil uji formatif (pre-test dan post-test) dari kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen akan dianalisis dengan uji statistik parametrik yakni uji t (independent sample T- test). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pada post tes pada kelas ekperimen sebesar 83.9333, dan untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 75.1333, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dalam keterampilan menulis narasi siswa kelas rendah setelah diberikan media digital wayang sukuraga.

Author Biography

Shopa’a Aulia Nurhidayah, Universitas Muhamadiyah Sukabumi, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agung, R. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 9(1), 27–34. https://core.ac.uk/download/pdf/327227393.pdf. DOI: https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838. DOI: https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838

Alwi, A., Rozak, A., & Wiradinata, R. (2021). Penguatan Aspek Kreativitas Melalui Pembelajaran Menulis Teks Narasi Dengan Model Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Bahasa Sekolah Pascasarjana, 10(2). https://doi.org/10.33603/jt.v10i1.5227. DOI: https://doi.org/10.33603/jt.v10i1.5227

Amat, H. (2022). Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini. Journal On Teacher Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3916.

Arifin, A. Z., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Think Talk Write Berbantu Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(3), 301. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19415. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19415

Dewi, L. L., & Simbolon, M. E. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Pada Muatan Bahasa Indonesia. Kamboti of Journal Education Research and Development, 2(1), 1–23. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/kamboti/article/view/4464/3359.

Erina, E., Triani, S. N., & Oktavia, W. (2018). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Parafrasa Puisi pada Siswa SMK Negeri 3 Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(1), 6. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i1.448. DOI: https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i1.448

Hartinah, H., & Abdullah, S. I. (2019). Pengaruh Minat Baca dan Persepsi Atas Perpustakaan Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 127. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289. DOI: https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289

Hayati, F., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809–1815. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1181.

Hidayanti, Z. A., Purnamasari, H., & Sarmi, N. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kertas Animasi Hewan Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas Vii Mts Husnul Khotimah Kampek. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(2), 108–119. https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1943. DOI: https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1943

Joyo, A. (2018). Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 1(2), 159–170. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.193. DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.193

Lestariningsih, M. D., & Parmiti, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 71. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35944. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35944

Mustika, B., Uswatun, D. A., Khaleda, I., Hendrik, A., & Nurnaningsih, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Sukuraga Terhadap Keaktifan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4784–4793. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2938. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2938

Muthohharoh, I., Ghufron, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kardus terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3196–3202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1267. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1267

Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1853. DOI: https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1853

Ngadino. (2018). Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Dengan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Stilistika, 4(2), 21–36. https://doi.org/10.32585/stilistika.v4i2.167.

Nurasiah, I., Arita, M.S, Z., & Edwita. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wayang Sukuraga Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 229–237. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1933.

Nurcahyo, R. J., & Yulianto, Y. (2021). Menelusuri Nilai Budaya Yang Terkandung Dalam Pertunjukan Tradisional Wayang. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 159–165. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.11440. DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.11440

Nurlindasari, S., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., Jumhadi, J., & Suryaman, D. (2022). Penerapan LKS Berbasis Wayang Sukuraga Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas 3. Jurnal Basicedu, 6(3), 5370–5377. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2908. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2908

Oktapiani, N. P. G., Asril, N. M., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Dengan Media Wayang Melalui Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 285. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37466. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37466

Panggabean, M., & Kurniaman, O. (2022). Pengembangan Media Wayang Kartun untuk Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 197–209. https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1466.

Putra, A. T., Handarini, D. M., & Ramli, M. (2019). Media Wayang Golek untuk Menumbuhkan Kesadaran Menyelesaikan Konflik secara Konstruktif bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1478. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13006. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13006

Putri, R. D., & Syahrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (Ttw) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 66. https://doi.org/10.24036/104513-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/104513-019883

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985–2992. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052

Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698

Satriawan, R., Basri, I., & Abdurrahman, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen Dengan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 160. https://doi.org/10.24036/108277-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/108277-019883

Sholichah, D. N. dkk. (2020). Pengembangan Media Popscrap Book Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Di Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 8(4), 714–726. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35862.

Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4. DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4

Yuliana, Y. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(03), 288. https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6708. DOI: https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6708

Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.5. DOI: https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.5

Zuhaina, Hente, A., & Idris, M. (2020). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Indonesia Di Tk Aisyiyah Busthanul Atfhal III Lumbudolo. Early Childhood Education Indonesian Journal, 3(3). https://doi.org/10.31934/eceij.v3i3.2082.

Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846–1851. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1187.

Downloads

Published

2022-06-23

How to Cite

Nurhidayah, S. A., Dyah Lyesnaya, & Iis Nurasiah. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wayang Sukuraga Terhadap Keterapilan Menulis Narasi Siswa Kelas Rendah. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 157–163. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48711

Issue

Section

Articles