Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wayang Sukuraga Terhadap Keterapilan Menulis Narasi Siswa Kelas Rendah
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48711Keywords:
Aplikasi, Narasi, WayangAbstract
Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, hal ini disebabkan karena melalui kegiatan menulis seseorang akan dapat berkomunikasi dengan orang lainnya dalam bentuk Bahasa tulis. Hanya saja kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa tidak semua siswa mampu menulis dengan baik, kususnya dalam aspek menulis teks narasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi wayang sukuraga terhadap keterampilan menulis siswa sekolah dasar kususnya pada siswa kelas rendah. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian eksperimen dengan desain penelitian berupa quasi ekperimental desain. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 30 orang siswa kelas II SD, dengan 15 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan 15 orang lainnya sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode tes, dengan instrument penelitian berupa tes kemampuan menulis narasi siswa sekolah dasar. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Untuk menguji hipotesis dan data hasil uji formatif (pre-test dan post-test) dari kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen akan dianalisis dengan uji statistik parametrik yakni uji t (independent sample T- test). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pada post tes pada kelas ekperimen sebesar 83.9333, dan untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 75.1333, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dalam keterampilan menulis narasi siswa kelas rendah setelah diberikan media digital wayang sukuraga.
References
Agung, R. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 9(1), 27–34. https://core.ac.uk/download/pdf/327227393.pdf. DOI: https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838. DOI: https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Alwi, A., Rozak, A., & Wiradinata, R. (2021). Penguatan Aspek Kreativitas Melalui Pembelajaran Menulis Teks Narasi Dengan Model Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Bahasa Sekolah Pascasarjana, 10(2). https://doi.org/10.33603/jt.v10i1.5227. DOI: https://doi.org/10.33603/jt.v10i1.5227
Amat, H. (2022). Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini. Journal On Teacher Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3916.
Arifin, A. Z., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Think Talk Write Berbantu Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(3), 301. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19415. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19415
Dewi, L. L., & Simbolon, M. E. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Pada Muatan Bahasa Indonesia. Kamboti of Journal Education Research and Development, 2(1), 1–23. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/kamboti/article/view/4464/3359.
Erina, E., Triani, S. N., & Oktavia, W. (2018). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Parafrasa Puisi pada Siswa SMK Negeri 3 Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(1), 6. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i1.448. DOI: https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i1.448
Hartinah, H., & Abdullah, S. I. (2019). Pengaruh Minat Baca dan Persepsi Atas Perpustakaan Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 127. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289. DOI: https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289
Hayati, F., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809–1815. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1181.
Hidayanti, Z. A., Purnamasari, H., & Sarmi, N. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kertas Animasi Hewan Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas Vii Mts Husnul Khotimah Kampek. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(2), 108–119. https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1943. DOI: https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1943
Joyo, A. (2018). Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 1(2), 159–170. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.193. DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.193
Lestariningsih, M. D., & Parmiti, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 71. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35944. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35944
Mustika, B., Uswatun, D. A., Khaleda, I., Hendrik, A., & Nurnaningsih, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Sukuraga Terhadap Keaktifan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4784–4793. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2938. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2938
Muthohharoh, I., Ghufron, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kardus terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3196–3202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1267. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1267
Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1853. DOI: https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1853
Ngadino. (2018). Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Dengan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Stilistika, 4(2), 21–36. https://doi.org/10.32585/stilistika.v4i2.167.
Nurasiah, I., Arita, M.S, Z., & Edwita. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wayang Sukuraga Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 229–237. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1933.
Nurcahyo, R. J., & Yulianto, Y. (2021). Menelusuri Nilai Budaya Yang Terkandung Dalam Pertunjukan Tradisional Wayang. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 159–165. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.11440. DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.11440
Nurlindasari, S., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., Jumhadi, J., & Suryaman, D. (2022). Penerapan LKS Berbasis Wayang Sukuraga Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas 3. Jurnal Basicedu, 6(3), 5370–5377. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2908. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2908
Oktapiani, N. P. G., Asril, N. M., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Dengan Media Wayang Melalui Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 285. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37466. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37466
Panggabean, M., & Kurniaman, O. (2022). Pengembangan Media Wayang Kartun untuk Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 197–209. https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1466.
Putra, A. T., Handarini, D. M., & Ramli, M. (2019). Media Wayang Golek untuk Menumbuhkan Kesadaran Menyelesaikan Konflik secara Konstruktif bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1478. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13006. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13006
Putri, R. D., & Syahrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (Ttw) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 66. https://doi.org/10.24036/104513-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/104513-019883
Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985–2992. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052
Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698
Satriawan, R., Basri, I., & Abdurrahman, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen Dengan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 160. https://doi.org/10.24036/108277-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/108277-019883
Sholichah, D. N. dkk. (2020). Pengembangan Media Popscrap Book Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Di Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 8(4), 714–726. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35862.
Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4. DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Yuliana, Y. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(03), 288. https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6708. DOI: https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6708
Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.5. DOI: https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.5
Zuhaina, Hente, A., & Idris, M. (2020). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Indonesia Di Tk Aisyiyah Busthanul Atfhal III Lumbudolo. Early Childhood Education Indonesian Journal, 3(3). https://doi.org/10.31934/eceij.v3i3.2082.
Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846–1851. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1187.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Shopa’a Aulia Nurhidayah, Dyah Lyesnaya, Iis Nurasiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)