Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Pada Materi Pecahan

Authors

  • Daffa Tasya Pratiwi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Fitri Alyani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.49100

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Pecahan

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah ialah sebuah pilar yang siswa harus miliki untuk memecahkan permasalahan matematika dengan berbagai cara yakni memahami masalah, Menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah dan memeriksa Kembali pada materi pecahan. Tujuan penelitian ini dilakukan agar melihat sampai dimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian yakni siswa kelas V SD dengan kemampuan yang berbeda-beda. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode tes, observasi dan wawancara dengan instrument penelitian berupa tes uraian dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif melalui tahapan mereduksi data, penyampaian data, dan menyimpulkan. Validitas data memakai Teknik triangulasi, yakni hasil tes uraian siswa dan wawancara ditriangulasikan dan dapat dideskripsikan tentang kemampuan penyelesaian masalah siswa dalam mengerjakan soal matematika pada materi pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 kategori kemampuan pemecahan masalah siswa, yakni kategori tinggi dengan persentase 16,67%, kategori sedang dengan persentase 26.67%, dan siswa dengan kategori rendah dengan persentase 56,67%. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam proses pemecahan masalah tergolong berbeda-beda, dan cenderung berada dalam kategori rendah.

References

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Aminah, A., & Kurniawati, K. R. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713. DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713

Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78

Anugraheni, I. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menumbuhkan Berpikir Kritis Melalui Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 261–267. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.197. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.197

Arianti, N. N. S., Astawan, I. G., & Krisnaningsih, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran ICARE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVB SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2). https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35571. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.14286

Barus, M. D. B., & Hakim, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika melalui metode practice rehearsal pairs pada siswa SMA Al-Hidayah Medan. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 74–78. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.687.

Dewi, N. P. R., Ardana, I. M., & Sariyasa, S. (2019). Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1762. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1762

Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385–395. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.314. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.314

Fia, N., Fitria, N., Hidayani, N., Hendriana, H., & Risma, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4728. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p157-170

Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Komarudin, K., & Permana, P. T. (2019). LKPD Berbasis Scientific Approach Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 79–91. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4385. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4385

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 92–102. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.508. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.508

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826

Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B Min Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329. DOI: https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329

Meilani, M., & Maspupah, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah SD Pada Materi KPK dan FPB. Journal on Education, 2(1), 25–35. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.264. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.264

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102. DOI: https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553–564. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1445. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1445

Nengsih, L. W., Susiswo, S., & Sa’dijah, C. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 143. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11927. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11927

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497

Ravina, Maimunah, & Yenita, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15320. DOI: https://doi.org/10.36709/japend.v1i1.11684

Rismawati, R., & Komala, E. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 129. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2770. DOI: https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2770

Siswantoro, E. (2018). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VI SD Negeri Sanawetan 2 Kota Blitar. Jurnal Edukasi, 5(1), 15. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8009. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8009

Suraji, S., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057. DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Suratmi, S., & Purnami, A. S. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.30738/.v5i2.1241. DOI: https://doi.org/10.30738/.v5i2.1241

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Syarif, M. (2018). Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.23969/pjme.v6i1.2723. DOI: https://doi.org/10.23969/pjme.v6i1.2723

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103

Yumiati, Y., & Wahyuningrum, E. (2015). Pembelajaran Icare (Inroduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) Dalam Tutorial Online Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Ut. Infinity Journal, 4(2), 182. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.81. DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.81

Downloads

Published

2022-07-10

How to Cite

Daffa Tasya Pratiwi, & Fitri Alyani. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Pada Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 136–142. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.49100

Issue

Section

Articles