Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Tema 8 Subtema 1 Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15028Abstrak
Irwan Bayu Prasetyo1, Nyoto Harjono2, Gamaliel Septian Airlanda3
292014227@student.uksw.edu1, har.john59@gmail.com2, gama.airlanda@staff.uksw.edu3
PGSD - FKIP - UKSW
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar pada muatan IPA Tema 8 Sub Tema 1 pada siswa kelas 4 SD. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 maret sampai dengan 5 april 2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri Payungan 01 Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang dan sampel penelitian adalah siswa kelas 4 SD Negeri Payungan 01. Persentase hasil observasi aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 73,8% menjadi 88% pada siklus 1 dan 93% pada siklus 2. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari prasiklus dengan persentase 66,6% menjadi 85% pada siklus 1 dan 93% pada siklus 2. Hasil belajar siswa pada pra siklus siswa tuntas berjumlah 11 siswa dengan persentase 55% dan tidak tuntas 9 siswa dengan persentase 45%. Setelah melakukan perbaikan siklus I terjadi peningkatan ketuntasan yaitu 15 siswa tuntas dengan persentase 75% dan siswa tidak tuntas dengan persentase 25%, hasil dari perbaikan siklus 1 belum mencapai indikator yakni 90% ketuntasan, maka dilaksanakan perbaikan siklus 2. Setelah pelaksanaan siklus 2 terjadi peningkatan ketuntasan yakni 19 siswa tuntas dengan persentase 95% sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah 1 dengan persentase 5%. Dengan demikian pendekatan saintifik dengan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas 4 SD.
Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Proses dan Hasil Belajar
Referensi
Aly, Abdullah dan Eny Rahma. 2011. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: Diva Press.
Evans, James R. dan William M. Lindsay. 2007. An Introduction to Six Sigma and Process Improvement. Jakarta : Salemba Empat.
Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hosnan.2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ngalimun. 2014. Startegi dan Model Pembelajaran. Yogjakarta: Aswaja Pressindo.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013. Jakarta.
Rini, Rismaerista. 2015. Penerapan Keterampilan Proses Saintifik dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Slungkep 02 Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Menggunakan Model Problem Based Learning. Skripsi. Jurnal Scholaria Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. 168 hlm.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pemebelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Pernada Media Groub.
Sutirna, 2012. Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Bandung: CV. Andi Offset.
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wardani, Naniek dkk. 2012. Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widia Sari.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)