PEMANFAATAN LAGU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG SIMPLE PAST TENSE
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.17987Abstrak
Tujuan dari kegiatan Lesson study ini ialah: 1). Merefleksi dan mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh guru, 2). Dengan adanya feedback serta kritik-saran yang diperoleh dari para observer dapat memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menjadi lebih baik, 3). Membantu guru untuk menentukan strategi yang sesuai guna menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi selama pembelajaran berlangsung, 4). Menjadikan guru lebih aktif dan kreatif dalam menggunakan metode dan teknik pembelajaran serta memanfaatkan media kreatif yang dapat digunakan di kelas. Lesson study ini dilakukan di SMP Negeri 1 Singaraja pada kelas VIII-A7 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Langkah – langkah yang digunakan oleh guru model untuk mencapai tujuan Lesson study yang telah dipaparkan di atas ialah tahapan plan, do, dan see yang berlangsung dalam satu siklus. Hasil Lesson study menunjukkan empat temuan yang menjadi bahan evaluasi bersama yakni: 1). Volume suara guru model yang terkadang kecil, 2). Terdapat dua siswa yang terlihat sulit untuk memahami materi pembelajaran, 3). Terdapat tiga orang siswa yang berdiskusi atau berbicara saat lagu diputarkan sehingga mengganggu konsentrasi teman kelasnya yang lain, 4). Perlu adanya pemberian reward serta variasi dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran.
Kata kunci: lesson study, simple past tense
Referensi
Arif Sadiman, dkk. (2012) Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Brewster, J., Ellis, G., Girard, D. (2002). The Primary English Teacher’s Guide. England: Penguin English.
Celce-Murcia, M., Larsen-Freeman, D., & Williams, H. A. (1983). The grammar book: An ESL/EFL teacher's course (p. 299). Rowley, MA: Newbury House.
Coghill, J., & Magedanz, S. (2003). English Grammar. New York: Wiley Publishing, Inc.
Conrad, S., Biber, D., & Leech, G. (2002). A student grammar of spoken and written English: workbook. Longman.
Declerck, R. (2006). The grammar of the English tense system: a comprehensive analysis. Berlin.
Folse, K. (2009). Keys to Teaching Grammar to English Language Learners: Ann Arbor.
Francis, N. W. (1967). The English Language. London: The English Universities Press Limited.
Hartanto, J. S., Koentjoro, S., & Seputro, M. A. (1996). Accurate, Brief, and Clear English Grammar.
Hinkel, E. (2003). Teaching academic ESL writing: Practical techniques in vocabulary and grammar. Routledge.
Hughes, A. (2007). Testing for language teachers. Ernst Klett Sprachen.
Johan, A. G. (2003). Reading and translation. Universitas Yogyakarta.
Lyons, J. (1968). Introduction to theoretical linguistics. Cambridge university press.
Roberts, P. (1962). English sentences. Harcourt, Brace & World.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Thornbury, S. (1999). How to Teach Grammar, England.
Wahyu, W. (2001). Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Walija. (1996). Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Antara.
Werner, P. K., & Nelson, J. P. (1996). Mosaic Two.: A Content-Based Grammar. McGraw-Hill.
Wibowo, W. (2001). Manajemen bahasa: pengorganisasian karangan pragmatik dalam bahasa Indonesia untuk mahasiswa dan praktisi bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Yudhi Munadi. (2013) Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)