PENERAPAN SUPERVISI KLINIK DAN MANAJEMENT PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU – GURU SD NEGERI 1 BLAHBATUH DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN YANG BERKUALITAS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18621Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Blahbatuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah supervisi klinik dapat membantu meningkatkan kemampuan guru-guru SD Negeri 1 Blahbatuh melaksanakan proses pembelajaran. Langkah-langkah supervisi klinik yang dilakukan adalah memberi bimbingan, melakukan tanya jawab, memberi kesempatan diskusi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif data kuantitatif. Untuk pengecekan validitas internal data digunakan masukan dari para informan, untuk pengecekan validitas external data digunakan landasan-landasan hukum yang ada, sedangkan untuk pengecekan reliabilitas digunakan ketepatan informan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: guru-guru SD Negeri 1 Blahbatuh yang nilai awalnya baru mencapai rata-rata 48,12 pada siklus I meningkat menjadi 56,87 dan pada siklus II meningkat menjadi 61,25. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa Supervisi Klinik dengan langkah-langkah seperti bimbingan, tanya jawab, diskusi, unjuk kerja, studi dokumen dapat meningkatkan kemampuan guru-guru SD Negeri1 Blahbatuh dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di SD Negeri 1 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Supervisi Klinik, Kemampuan Proses PembelajaranReferensi
Anitah, Sri, Julaeha, Siti, dan Wardani, K.A. 2009. Strategi Pembelajaran di. SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.
Daryanto, H.M. 2005. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Flanders, N.A. 1976. ”Interaction Analysis and Clinical Supervision,” Journal of Research and Development in Education, Volume 9 (2), Athens, Georgia.
Himdani, Suwito Eko Pramono, Awalya, Himdani. 2017. Pengembangan Model Supervisi Klinis Teknik Konseling Kelompok pada Guru BK SMA Kabupaten Lombok Timur. Educational Management Vol. 6 No. 1 Hal. 1 – 8. Tersedia Pada : http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman.
Mantja, W. 2005. Etnografi Disain Penelitian Kualitatif dan Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.
Sujanto, 2007. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tamrin. 2017. Pengaruh Penerapan Supervisi Akademik Berbasis Modeling Inspiratif Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru SD Gugus IV Kecamatan Makassar Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol,1. No,2. Hal. 115-127. Tersedia Pada : http://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/5284.
Tanama, Yulia Jayanti, Achmad Supriyanto, Burhanuddin. 2016. Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 11, Hal. 2231—2235. Tersedia Pada : http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8127.
Tjokroamidjojo, Bintoro. 2001. Pengantar Administrasi Pembangunan. Jakarta: LP3ES.
Umaedi, Hadiyanto, Siswantari, 2009. Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Universitas Terbuka.
Yulia, dkk. 2016. Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 11 Bulan November Tahun 2016 Halaman: 2231—2235.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)