PENERAPAN SUPERVISI KLINIK DAN MANAJEMENT PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU – GURU SD NEGERI 1 BLAHBATUH DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN YANG BERKUALITAS

Penulis

  • Ketut Natakesuma SD Negeri 1 Blahbatuh

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18621

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Blahbatuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah supervisi klinik dapat membantu meningkatkan kemampuan guru-guru SD Negeri 1 Blahbatuh melaksanakan proses pembelajaran. Langkah-langkah supervisi klinik yang dilakukan adalah memberi bimbingan, melakukan tanya jawab, memberi kesempatan diskusi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif data kuantitatif. Untuk pengecekan validitas internal data digunakan masukan dari para informan, untuk pengecekan validitas external data digunakan landasan-landasan hukum yang ada, sedangkan untuk pengecekan reliabilitas digunakan ketepatan informan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: guru-guru SD Negeri 1 Blahbatuh yang nilai awalnya baru mencapai rata-rata 48,12 pada siklus I meningkat menjadi 56,87 dan pada siklus II meningkat menjadi 61,25. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa Supervisi Klinik dengan langkah-langkah seperti bimbingan, tanya jawab, diskusi, unjuk kerja, studi dokumen dapat meningkatkan kemampuan guru-guru SD Negeri1 Blahbatuh dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di SD Negeri 1 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: Supervisi Klinik, Kemampuan Proses Pembelajaran

Referensi

Anitah, Sri, Julaeha, Siti, dan Wardani, K.A. 2009. Strategi Pembelajaran di. SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Daryanto, H.M. 2005. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Flanders, N.A. 1976. ”Interaction Analysis and Clinical Supervision,” Journal of Research and Development in Education, Volume 9 (2), Athens, Georgia.

Himdani, Suwito Eko Pramono, Awalya, Himdani. 2017. Pengembangan Model Supervisi Klinis Teknik Konseling Kelompok pada Guru BK SMA Kabupaten Lombok Timur. Educational Management Vol. 6 No. 1 Hal. 1 – 8. Tersedia Pada : http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman.

Mantja, W. 2005. Etnografi Disain Penelitian Kualitatif dan Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.

Sujanto, 2007. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tamrin. 2017. Pengaruh Penerapan Supervisi Akademik Berbasis Modeling Inspiratif Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru SD Gugus IV Kecamatan Makassar Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol,1. No,2. Hal. 115-127. Tersedia Pada : http://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/5284.

Tanama, Yulia Jayanti, Achmad Supriyanto, Burhanuddin. 2016. Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 11, Hal. 2231—2235. Tersedia Pada : http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8127.

Tjokroamidjojo, Bintoro. 2001. Pengantar Administrasi Pembangunan. Jakarta: LP3ES.

Umaedi, Hadiyanto, Siswantari, 2009. Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Universitas Terbuka.

Yulia, dkk. 2016. Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 11 Bulan November Tahun 2016 Halaman: 2231—2235.

Diterbitkan

2019-07-18

Cara Mengutip

Natakesuma, K. (2019). PENERAPAN SUPERVISI KLINIK DAN MANAJEMENT PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU – GURU SD NEGERI 1 BLAHBATUH DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN YANG BERKUALITAS. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 160–167. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18621

Terbitan

Bagian

Articles