PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Penulis

  • Kt. Novi Ariawati Jurusan PGSD, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • A. A. Gede Agung Jurusan TP, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Km. Sudarma Jurusan TP, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18622

Abstrak

Permasalahan rendahnya hasil belajar IPS yang ditemukan pada siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Kubutambahan menjadi masalah utama dilakukannya penelitian ini. Rendahnya hasil belajar IPS diduga karena guru cenderung menggunakan metode ceramah yang berpusat pada guru dan pembelajaran jarang menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Kubutambahan tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Kubutambahan yang menggunakan KTSP yang terdiri atas 6 sekolah dengan jumlah siswa keseluruhan, yaitu 187 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Kubutambahan dengan jumlah 26 siswa dan SD Negeri 7 Kubutambahan dengan jumlah 25 siswa. Data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan metode tes, dengan instrumen tes objektif bentuk pilihan ganda. Data hasil penelitian tersebut dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 22,64 berada pada kategori sangat tinggi, (2) rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol sebesar 18,92 berada pada kategori tinggi, (3) hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel (3,683 > 1,667). Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Kubutambahan tahun pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: Gambar, Hasil Belajar IPS, Word Square

Referensi

Agung, Anak Agung Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Anggarini, I. G. A. Mas Dewi. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbasis Aneka Sumber terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 5 Dalung”. Mimbar PGSD, Vol. 1 No. 1. Tersedia pada http://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1440 (diakses hari Selasa, 15 Mei 2018).

Aningsih, Ni Ngh. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Pupuan”. Mimbar PGSD, Vol. 1, No. 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1260/1123 (diakses hari Rabu, 20 Desember 2017).

Aqib, Zainal. 2016. Model-Model, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Lestari, Kd. Tia. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar IPS Kelas III SD. Mimbar PGSD, Vol 1, No. 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JJPGSD/article/view/752/625 (diakses hari Rabu, 20 Desember 2017).

Muriana, Dwa Gd Alit. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Desa Tista Tahun Pelajaran 2013/2014”. Mimbar PGSD, Vol. 2, No. 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2485/2145 (diakses hari Rabu, 20 Desember 2017).

Mursini, Tri. 2017. “Pengaruh Model Word Square terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri 36 Pontianak Kota”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 7, No. 1. Tersedia pada http://jurnal.untan.ac.id/index. php/jpdpb/article/view/23649/18560 (diakses hari Jumat, 19 Januari 2018).

Ningsih, I Made rWahyu Sasmita. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia”. Mimbar PGSD, Vol. 5, No, 2. Tersedia pada https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10993/7044 (diakses hari Selasa, 15 Mei 2018).

Perdani, I Gusti Ayu Mirah. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Bermotivasi Belajar Berbeda di Kelas IV SD”. Mimbar PGSD, Vol.4, No, 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7695 (diakses hari Selasa, 15 Mei 2018).

Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Rusman, 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sadiman, dkk. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Suwatra, dkk. 2015. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

Diterbitkan

2019-07-18

Cara Mengutip

Ariawati, K. N., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 168–177. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18622

Terbitan

Bagian

Articles