PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MELALUI SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN YANG INOVATIF

Penulis

  • Ni Wayan Nuriati Pengawas UPT Sukawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19145

Abstrak

Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif di SD Negeri 6 Batubulan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran tipe team assissted individualization (TAI)melalui supervisi klinis. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara melakukan supevisi dengan instrumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kemampuan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif, hanya mencapai nilai 75,14 dan ketuntasan  baru mencapai 35,71%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat ketuntasan pelaksanaan proses pembelajaran minimal 80,00. Rata-rata nilai  siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-ratanya  mencapai 78,85 dan prosentase ketuntasannya mencapai 42,85 %. Pada siklus II perolehan rata-ratanya sudah mencapai 88,71 dan persentase ketuntasan  sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan, yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif di SD Negeri 6 Batubulan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 mengalami peningkatan dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI)melalui supervisi klinis.

Kata kunci: Pembelajara Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI), Supervisi Klinis,  Kemampuan Guru

Referensi

Achdiyat, Maman, Fitriya Andriyani. 2016. Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI). Jurnal Formatif Vol. 6 No. 3 Hal. 246-255 Tersedia Pada : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/996.

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi.2006. Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Kompetensi Supervisi klinis. Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Laporan Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Depdinas.

Lalu Muhammad. 1996. Supervisi Klinis. Surabaya: Usaha Nasional.

Lukman, dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Guru Sd Melalui Supervisi Klinis. E-Jurnal UM Volume 1 Nomor 12 Desember 2016.

Lutvaidah, Ukti. 2015. Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Formatif Vol. 5 No. 3 Hal. 279-285. Tersedia ada : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/653.

Megawati, Yolanda Dian Nur, Annisa Ratna Sari. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Hal. 162-180. Tersedia Pada : https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/927.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Tama, Bayu Jaya. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Team Assisted Individualization dan Metode Drill. Jurnal SAP Vol. 1 No. 3 Hal. 322-323. Tersedia Pada : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1303

Cara Mengutip

Nuriati, N. W. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MELALUI SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN YANG INOVATIF. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 219–227. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19145

Terbitan

Bagian

Articles