PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MELALUI SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN YANG INOVATIF
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19145Abstrak
Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif di SD Negeri 6 Batubulan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran tipe team assissted individualization (TAI)melalui supervisi klinis. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara melakukan supevisi dengan instrumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kemampuan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif, hanya mencapai nilai 75,14 dan ketuntasan baru mencapai 35,71%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat ketuntasan pelaksanaan proses pembelajaran minimal 80,00. Rata-rata nilai siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-ratanya mencapai 78,85 dan prosentase ketuntasannya mencapai 42,85 %. Pada siklus II perolehan rata-ratanya sudah mencapai 88,71 dan persentase ketuntasan sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan, yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif di SD Negeri 6 Batubulan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 mengalami peningkatan dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI)melalui supervisi klinis.
Kata kunci: Pembelajara Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI), Supervisi Klinis, Kemampuan GuruReferensi
Achdiyat, Maman, Fitriya Andriyani. 2016. Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI). Jurnal Formatif Vol. 6 No. 3 Hal. 246-255 Tersedia Pada : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/996.
Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi.2006. Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Kompetensi Supervisi klinis. Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Laporan Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Depdinas.
Lalu Muhammad. 1996. Supervisi Klinis. Surabaya: Usaha Nasional.
Lukman, dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Guru Sd Melalui Supervisi Klinis. E-Jurnal UM Volume 1 Nomor 12 Desember 2016.
Lutvaidah, Ukti. 2015. Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Formatif Vol. 5 No. 3 Hal. 279-285. Tersedia ada : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/653.
Megawati, Yolanda Dian Nur, Annisa Ratna Sari. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Hal. 162-180. Tersedia Pada : https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/927.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Tama, Bayu Jaya. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Team Assisted Individualization dan Metode Drill. Jurnal SAP Vol. 1 No. 3 Hal. 322-323. Tersedia Pada : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1303
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)