PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY-BASED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Penulis

  • Ni Ketut Merta SMK Negeri 1 Seririt

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19146

Abstrak

Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa inggris pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMKN 2 Seririt pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran inquiry based teaching dengan melalui dua tahapan siklus pelaksanaan yang dimana pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 2 yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan memberikan tes kepada siswa tentang teks deskripsi dan ungkapan. Data yang telah dikumpul kemudian di olah dengan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar yang dicapai siswa dari pra siklus yaitu sebesar 56% ke siklus I sebesar 66% yang mengalami peningkatan sebesar 15,50% serta dari siklus I sebesar 66% ke siklus II sebesar 80%. Jadi dari siklus I ke siklus II terjadi rata-rata peningkatan skor sebesar 17,50% yang membuktikan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: inquiry based teaching, peningkatan hasil belajar, bahasa inggris

Referensi

Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Dep. Pend. Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1990, h. 601.

Munirah. 2015 . Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Nurrohma, W. 2012. Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Ibl (Inquiry Based Learning) Pada Siswa Kelas IV SDN Tangkil 03 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013

Giri Mas, Maskatno. 2015. Metode Pembelajaran Beserta Prosedurnya. Wonogiri. Tersedia pada : https://www.kompasiana.com/sukatno/5519f045a33311c71cb659a6/metode- pembelajaran-beserta-prosedurnya-terutama-pemb-bahasa-ditulis-ulang-oleh-maskatno-giri-mas-guru-sman-1-girimarto-wonogiri (diakses tanggal 15 Juni 2019)

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi mengajar belajar BAHASA INGGRIS, Malang : IKIP Malang.

Littlewood, W. 1984. Foreign and Second Language Learning. London: Cambridge University Press.

Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non tes. Yogyakarta : Mitra Cendikia

Mc. Taggart, R dan Kemmis, S. 1990. The Action Research Planner. Melbourne. Deakin University.

Nunan, D. 2005. Task-Based Language Teaching. London: Cambridge University Press

Quirk, R. 1972. A Grammar of Contemporary English. London: Longman.

Richards, Jack C. & Schmidt, Richard. 2010. Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. Great Britain : Pearson Education Limited.

Saminanto. 2010. PTK. Semarang: RaSAIL Media Group: hlm. 48

Shafique Ali Khan. 2005. Filsafat Pendidikan Al-Ghazali. Bandung: Pustaka Setia

Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016

Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Cara Mengutip

Merta, N. K. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY-BASED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 228–238. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19146

Terbitan

Bagian

Articles