PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY-BASED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19146Abstrak
Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa inggris pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMKN 2 Seririt pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran inquiry based teaching dengan melalui dua tahapan siklus pelaksanaan yang dimana pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 2 yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan memberikan tes kepada siswa tentang teks deskripsi dan ungkapan. Data yang telah dikumpul kemudian di olah dengan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar yang dicapai siswa dari pra siklus yaitu sebesar 56% ke siklus I sebesar 66% yang mengalami peningkatan sebesar 15,50% serta dari siklus I sebesar 66% ke siklus II sebesar 80%. Jadi dari siklus I ke siklus II terjadi rata-rata peningkatan skor sebesar 17,50% yang membuktikan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: inquiry based teaching, peningkatan hasil belajar, bahasa inggris
Referensi
Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Dep. Pend. Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1990, h. 601.
Munirah. 2015 . Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Nurrohma, W. 2012. Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Ibl (Inquiry Based Learning) Pada Siswa Kelas IV SDN Tangkil 03 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Giri Mas, Maskatno. 2015. Metode Pembelajaran Beserta Prosedurnya. Wonogiri. Tersedia pada : https://www.kompasiana.com/sukatno/5519f045a33311c71cb659a6/metode- pembelajaran-beserta-prosedurnya-terutama-pemb-bahasa-ditulis-ulang-oleh-maskatno-giri-mas-guru-sman-1-girimarto-wonogiri (diakses tanggal 15 Juni 2019)
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi mengajar belajar BAHASA INGGRIS, Malang : IKIP Malang.
Littlewood, W. 1984. Foreign and Second Language Learning. London: Cambridge University Press.
Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non tes. Yogyakarta : Mitra Cendikia
Mc. Taggart, R dan Kemmis, S. 1990. The Action Research Planner. Melbourne. Deakin University.
Nunan, D. 2005. Task-Based Language Teaching. London: Cambridge University Press
Quirk, R. 1972. A Grammar of Contemporary English. London: Longman.
Richards, Jack C. & Schmidt, Richard. 2010. Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. Great Britain : Pearson Education Limited.
Saminanto. 2010. PTK. Semarang: RaSAIL Media Group: hlm. 48
Shafique Ali Khan. 2005. Filsafat Pendidikan Al-Ghazali. Bandung: Pustaka Setia
Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)