ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PPK MELALUI KEGIATAN TADARUS DALAM MENGEMBANGKAN NILAI RELIGIUS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19150Abstrak
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui hasil analisis pelaksanaan program PPK melalui kegiatan tadarus di SD Negeri Pamongan 02 Guntur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang diambil adalah 40 siswa kelas III dan IV SD Negeri Pamongan 02 Guntur diolah dengan secara trianggulasi data. Data dalam penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan berdoa sebelum pembelajaran di mulai, membaca Al-Qur’an, sholat dhuhur berjamaah bersama, sholat dhuha ketika pembelajaran Agama, dan pesantren kilat yang diadakan setiap satu tahun sekali pada bulan ramadhan. Nilai religius siswa kelas III dan kelas IV SD Negeri Pamongan 02 Guntur sudah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya hasil observasi, wawancara, dan angket. Hasil angket karakter religius menunjukkan hasil yang sangat tinggi dengan rata-rata kriteria sangat religius.
Kata kunci: PPK, Tadarus, Nilai Religius
Referensi
Aliwar. 2016. Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Quran Dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (Tpa) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 9 No. 1, Januari-Juni 2016
Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Hasbullah. 2017. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Kemendikbud.Kesuma, Dharma dkk. 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ling, Misbahuddin. 2014. Dimensi Keilmuan Dalam Al-Qur’an . Jurnal at-Taqaddum, Volume 6, Nomor 2, Nopember 2014
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Mustari, Mohammad. 2013. Budaya Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama di Indonesia . Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 1, Nomor 2, Juli 2013; 185-193 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615
Nurkholis . 2013 . Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Soegeng, A.Y. 2018. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Syarbini dan Jamhari. 2012. Kedahsyatan Membaca Al-Qur`an. Bandung: Ruang Kata Imprint Kawan Pustaka.
Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016
Wati, Dian Chrisna dan Dikdik Arif. 2017. Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. Jurnal. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta: 11 November 2017
Yaumi, muhammad. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)