ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PPK MELALUI KEGIATAN TADARUS DALAM MENGEMBANGKAN NILAI RELIGIUS

Penulis

  • Fitri Damayanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas PGRI Semarang
  • Eka Sari Setianingsih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas PGRI Semarang
  • Husni Wakhyudin Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19150

Abstrak

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui hasil analisis pelaksanaan program PPK melalui kegiatan tadarus di SD Negeri Pamongan 02 Guntur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang diambil adalah 40 siswa kelas III dan IV SD Negeri Pamongan 02 Guntur diolah dengan secara trianggulasi data. Data dalam penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan berdoa sebelum pembelajaran di mulai, membaca Al-Qur’an, sholat dhuhur berjamaah bersama, sholat dhuha ketika pembelajaran Agama, dan pesantren kilat yang diadakan setiap satu tahun sekali pada bulan ramadhan. Nilai religius siswa kelas III dan kelas IV SD Negeri Pamongan 02 Guntur sudah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya hasil  observasi, wawancara, dan angket. Hasil angket karakter religius menunjukkan hasil yang  sangat tinggi dengan  rata-rata kriteria sangat religius. 

Kata kunci: PPK, Tadarus, Nilai Religius

Referensi

Aliwar. 2016. Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Quran Dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (Tpa) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 9 No. 1, Januari-Juni 2016

Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Hasbullah. 2017. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Kemendikbud.Kesuma, Dharma dkk. 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ling, Misbahuddin. 2014. Dimensi Keilmuan Dalam Al-Qur’an . Jurnal at-Taqaddum, Volume 6, Nomor 2, Nopember 2014

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Mustari, Mohammad. 2013. Budaya Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama di Indonesia . Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 1, Nomor 2, Juli 2013; 185-193 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615

Nurkholis . 2013 . Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013

Soegeng, A.Y. 2018. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Syarbini dan Jamhari. 2012. Kedahsyatan Membaca Al-Qur`an. Bandung: Ruang Kata Imprint Kawan Pustaka.

Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016

Wati, Dian Chrisna dan Dikdik Arif. 2017. Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. Jurnal. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta: 11 November 2017

Yaumi, muhammad. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Cara Mengutip

Damayanti, F., Setianingsih, E. S., & Wakhyudin, H. (2019). ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PPK MELALUI KEGIATAN TADARUS DALAM MENGEMBANGKAN NILAI RELIGIUS. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 250–257. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19150

Terbitan

Bagian

Articles