PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAPAT MENINGKATKAN ANTUSIASME DAN HAFALAN KOSA KATA (البيانات الشخصية) SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24247Abstrak
Dalam literatur bahasa Arab, terdapat beberapa istilah keterampilan, Rajiman membagi keterampilan tersebut kedalam empat keterampilan, yaitu: keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca (Tarigan 1986:1). keempat keterampilan tersebut sangat berkaitan dan dapat meningkatkan keterampilan yang satu dengan lainnya. Tujuan penelitia tindakan kelas ini adalah Tujuan khusus dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Penerapan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan antusiasme dan hafalan kosa kata ( البيانات الشخصية) siswa X IPA 2 MA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2019/2020. Setelah Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan maka dapat disimpulkan sebagai berikut : Keberhasilan proses belajar mengajar terjadi karena berbagai aspek yang terbentuk, aspek-aspek tersebut diantaranya adalah profesionalisme guru, keadaan siswa, dan lingkungan pendidikan yang memadai. dari ketiga hal tersebut, permasalahan penelitian yang muncul pada saat ini adalah kurangnya antusias siswa (keadaan siswa) dalam menghafal ( البيانات الشخصية)bahasa Arab. maka, sebagai salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan sebuah tindakan kelas, Tujuan penelitian yang kami laksanakan di X IPA 2 MA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2019/2020, adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media gambar, masalah dapat teratasi, mengetahui sejauh mana keefektifan penggunaan media gambar dalam meningkatkan antusiasme dan hafalan kosa kata ( البيانات الشخصية) siswa, mengetahui tingkat antusiasme siswa dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran bahasa Arab.
Kata Kunci: Media Gambar, Pembelajaran Bahasa Arab, Kosa Kata
Referensi
Ansawir, 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.
David Gamon, Allen Bragdon, 1999. Building Mental Muscle, The American edition Publisher: Brain Waves Books. Hak terjemah kedalam bahasa Indonesia pada Penerbit Kaifa All rights reserved, Bandung. 2007
Heri Gunawan, 2009. Strategi dan Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Azfie Media.
Nana Sudjana, 1989. penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2005. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wiri Atmaja, Rochiati,. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)