PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATERI BANGUN RUANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24254Abstrak
Mengajar harus menggunakan metode yang variasi, selain itu guru harus kreatif menerapkan model-model pembelajaran. Model –model pembelajaran antara lain: model pembelajaran kooperatif, inkuiri, dan model pembelajaran konstektual. Dengan cara itu maka pembelajaran akan baik. Penelitian ini berbentuk PTK yang terdiri dari dua siklus Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cikeusal II Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cikeusal II Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka dengan subyek penelitian 20 siswa Dari Penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 Siklus maka disimpulkan sebagai berikut: 1)Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI Semester II Sekolah Dasar Negeri Cikeusal II Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka Tahun Pelajaran 2018/2019.2)Motivasi belajar anak akan bertambah
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Bangun Ruang
Referensi
Abdulsrrahman,M.1997. Peranan Suasana Belajar Kooperatif dan Kompetatif dalam Peneingkatan hasil belajar.Jakarta: Lembaga Penelitian IKIP.
Anita Lie, 2003.Cooperatif Learning.” Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang kelas”. Jakarta: Grasindo.
Depdikbud.1998. Garis-garis Besar Program Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
.2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud
Johnson dan jonhson, 1996. Cooperative Learning, Two Heads Learn Better than One. Http/www.contexs.org./elib/c.18/Johnson.htm.
Mohamad Nur. 2005.pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah di UNESA.
Puji Astuti dan Supriyadi.2004. Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning. Surakarta: APK.
Suharsini Arikunto.2002.Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)