HUBUNGAN LITERASI BACA TULIS DAN MINAT MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan literasi baca tulis dengan hasil belajar bahasa Indonesia, (2) hubungan minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia dan (3) hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost-facto. Populasi penelitian ini sebanyak 228 siswa dan jumlah sampelnya sebanyak 168 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan pencatatan dokumen. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan teknik setatistik yaitu, product moment, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil analisis hubungan literasi baca tulis dengan hasil belajar bahasa Indonesia menunjukan rhitung=0,087> rtabel = 0,05, artinya terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara literasi baca tulis dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Hasil analisis hubungan minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia menunjukkan rhitung = 0,079 > rtabel = 0,05, artinya terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Hasil analisis secara bersama-sama antara literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia menunjukkan rhitung= 0,095 > rtabel= 0,05, artinya terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Literasi Baca Tulis, Minat Membaca, Hasil Belajar
Referensi
Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan.Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Agung, A. A. G. 2015. Statiska Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Anugra, dkk. 2016. “Minat Baca Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta”. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. V Nomor 6 Tahun 2016 (hlm. 9-13).
Arisma, Oynda Ade. 2016. “Peningkatan Minat Dan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Program Jam Baca Sekolah di Kelas VII Smp Negeri 1 Puri”. Diunduh pada http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikelE43071515F93A9AC37E1DEEDB096D065. Diakses pada tanggal 02 Januari 2019.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: BNSP
Candiasa, I. M, 2010. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Faizah, Dewi Utama, dkk. 2016. Panduan Gerakan Liteasi Sekolah. Cet. I. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diunduh darihttps://drive.google.com/file/d/0B2cBo9WmnjsY0EwVVVwWTB3NWM/edit. Diakses pada tanggal 02 Januari 2019.
Fajar, A. 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005.
Kamus Oxford Advanced Leaner’s. 2010.
Kasiyun, Suharmono. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya Volume 1, Nomor 1, Hal. 79-95. Tersedia Pada: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/140.
Koyan, I. W. 2011. Statistik Pendidikan “Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Mudjiono, D. dan Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. 2015. Pembelajaran Teknik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, Ni Made Ayu Yulina, 2017. “Hubungan Antara Kemampuan Literasi Dengan Kompetensi Inti Pengetahuan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 1. Nomor 2. Tahun 2016. (hlm 94-103).
Septiyantono. 2014. Literasi Informasi. Banten: Universitas Terbuka.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suadnyani, Made. 2018. Hubungan Antara Budaya Literasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di Gugus IV Kecamatan Banjanegara Kabupaten Klungkung Tahun Pelajaran 2017/2018. Tugas Akhir (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudarsana, Undang. 2014. Pembinaan Minat Baca. Banten: Universitas Terbuka.
Sudiana, I Nyoman, dkk. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Depok: Rajawali Pers.
Sudijono. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwatra, Ign. I Wayan, dkk. 2007. Modul Belajar dan Pembelajaran. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha.
Pratiwi Anggun, Tristya. 2016. “Hubungan Minat Baca Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD”. Diunduh pada https://lib.unnes.ac.id/28875/1/1401412026. Diakses pada tanggal 5 Januari 2019.
Zulhilyah. 2013. “Pengaruh Metode Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikasi dalam Pembelajaran IPS”. Tugas Akhir. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. Diunduh pada https://repository.upi.edu. Diakses pada tanggal 19 Januari 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)