Pengembangan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Usia Dini

Penulis

  • Ida Ayu Putu Ratna Novian Dewi universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29391

Kata Kunci:

Pengembangan, Media Flashcard, Warna

Abstrak

Kemampuan mengenal warna pada anak usia dini sangat rendah, sehingga diperlukan sebuah media pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian pengembangan. Subyek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan guru TK, dan objek penelitian ini adalah kelayakan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa angket kelayakan media. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media flashcard untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna memperoleh hasil persentase sebesar 78,33% dari ahli materi, persentase sebesar 92% dari ahli media, dan persentase sebesar 97,55% dari enam orang guru. Simpulan penelitian ini adalah media flashcard untuk pengenalan warna bagi anak usia dini yang sudah dikembangkan dapat digunakan di Taman Kanak-Kanak sebagai media pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah dapat mempermudah guru dalam mengajar pengenalan warna untuk anak.

Biografi Penulis

Ida Ayu Putu Ratna Novian Dewi, universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

Referensi

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33.

Citrasmi, N. W., Wirya, N., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA di SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.8425.

Dwicahyani, N. M., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran NHT Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Ips. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 102–110. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17326.

Hartanto, F., Selina, H., H, Z., & Fitra, S. (2011). Pengaruh Perkembangan Bahasa Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 1-3 Tahun. Sari Pediatri, 12(6), 386–390. https://doi.org/10.14238/sp12.6.2011.386-90.

Hidayah, N., Prabowo, T., & Najmuna, A. (2016). Pola Asuh Ibu Berhubungan dengan Tingkat Perkembangan Bahasa pada Anak Prasekolah di TK Al Farabi Yogyakarta. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 1(2), 48–54. https://doi.org/10.21927/jnki.2013.1(2).48-54.

Ikhwati, H. (2015). Pengembangan Media Flashcard Ipa Terpadu Dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (Stad) Tema Polusi Udara. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2), 481–486. https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3344.

Juliyanto, E., Nugroho, S. E., & Marwoto, P. (2013). Perkembangan Pola Pemecahan Masalah Anak Usia Sekolah Dalam Memecahkan Permasalahan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9, 151–162. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i2.3035.

Karom, D., Ruhimat, T., & Darmawan, D. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. Edutech, 13(2), 274–308. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3113.

Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18–25. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305.

Maharwati, N. K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Paud Berbantuan Media Gambar Melalui Metode Bercerita. Journal of Education Technology, 2(1), 6. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13800.

Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah ABC Manado. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3). https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.12073.

Maufur, S., & Lisnawati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 189. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1888.

Pantiwati, Y. (2012). Pengaruh Asesmen Biologi Dalam Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 236–243. https://doi.org/10.17977/jip.v18i2.3626.

Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi. https://doi.org/10.33373/Dms.V7i1.1631.

Pratiwi, D. E. (2016). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Macromedia Flash Pada Pembelajaranbahasa Indonesia Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(1). https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p105-111.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650.

Rohaeni, E. (2014). Penerapan Metode Bermain Balok dalam Mengembagkan Nilai Kognitif Anak Usia Dini pada PAUD Nuansa Kota Bandung. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 181–197. https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i2p181-197.584.

Sribawana, I. P. S. S., Kusmariyatni, N., & Suwatra, I. I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10934.

Sundari, N. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Susantini, E., & Qomariyah, N. (2013). Implementasi Metode Penugasan Analisis Video Pada Materi Perkembangan Kognitif, Sosial, Dan Moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2715.

Tirtayani, L. A., Magta, M., & Lestari, N. G. A. M. Y. (2017). Teacher Friendly E-Flashcard: A Development Of Bilingual Learning Media For Young Learners. JET: Journal of Education Technology, 1(1). https://doi.org/10.23887/jet.v1i1.10080.

Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693.

Wicaksono, A. G., Jumanto, & Oka, I. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215–226. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384.

Diterbitkan

2020-10-20

Cara Mengutip

Novian Dewi, I. A. P. R. (2020). Pengembangan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Usia Dini. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 491–497. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29391

Terbitan

Bagian

Articles